Mengenal Bagian-bagian Power Supply Hp, Alat Pendeteksi Kerusakan Ponsel

By | June 7, 2021

Power supply HP atau pencatu daya untuk HP adalah perangkat yang digunakan untuk memberikan tegangan pada HP. Prinsip kerjanya adalah mengubah listrik menjadi daya yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat lain, seperti HP.

Arus listrik yang mengalir di dalam pencatu daya jenisnya adalah AC (bolak-balik), namun arus listrik ini dirubah menjadi DC (searah) saat ditransferkan kepada perangkat lain. Sebab prangkat keras elektronik dan gadget pada umumnya hanya dapat menerima arus DC.

Perangkat satu ini adalah alat wajib yang harus dimiliki oleh setiap service center HP dan alat elektronik lainnya. Sebab, power supply dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kerusakan pada komponen gadget cukup spesifik.

Kamu dapat memperhatikan respon yang diberikan HP dan alat elektronik lain terhadap parameter pada power supply. Parameter yang sering dijadikan acuan adalah pergerakan dari jarum A atau arus yang dideteksi oleh pencatu daya saat dihubungkan dengan perangkat elektronik.

Mempelajari mengenai power supply atau pencatu daya tentu sangat menyenangkan. Namun sebelum mempelajari lebih lanjut, kamu harus mengetahui bagian-bagian dari perangkat satu ini. Berikut ini adalah bagian komponen dari alat pencatu daya.

Transformator atau Trafo

Trafo merupakan komponen penting yang harus ada dalam power supply, sebab komponen ini berfungsi mengirimkan energi listrik ke setiap rangkaian. Prosesnya tersebut dinamakan dengan induksi elektromagnetik.

Trafo dapat ditemukan pada setiap perangkat yang memiliki arus AC. Komponen ini berfungsi untuk mengganti tegangan tinggi dengan arus rendah menjadi tengangan besar, atau bisa sebaliknya.

Komponen satu ini dalam power supply HP berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh ponsel, biasanya 3,7 hingga 4 volt. Jika kamu memasang tegangan yang lebih tinggi, maka pencatu daya akan secara otomatis memutus tegangan.

Bagian Kapasitor Penyimpan Arus

Secara umum kapasitor memiliki fungsi sebagai penyimpan arus sementara pada alat pencatu daya. Penggunaan kapasitor dalam perangkat elektronik begitu penting, sebab komponen ini dapat menjaga fungsi dari setiap rangkaian elektronik bekerja dengan baik.

Pada power supply komponen ini berguna untuk menyempurnakan transfer tegangan AC menuju ke tegangan DC. Kapasitor biasa digunakan untuk dijadikan filter pada pencatu daya, perdam noise, menghemat daya, serta fungsi lainnya.

Resistor atau Hambatan

Resistor adalah komponen paling utama yang sering ditemukan dalam peralatan elektronik, sebab komponen ini berfungsi untuk membatasi dan mengatur arus listrik. Prinsip kerjanya sesuai deng hukum Ohm.

Sama dengan fungsinya, dalam power supply HP juga hambatan ini berfungsi untuk mengurangi tegangan, membaginya, dan membatasi setiap arus yang masuk. Dengan begitu, perangkat keras dalam motherboard dapat terkontrol dan lebih terpelihara.

Induktor atau Kumparan

Induktor adalah komponen pasif yang terdiri dari lilitan kawat membentuk kumparan. Kumparan ini menghasilkan medan magnet saat dialiri oleh arus listrik dan dapat disimpan dalam waktu singkat.

Manfaat dari kumparan dalam power supply adalah untuk mengontrol frekuensi, sebagai filter, dan juga sebagai penyambung.

Dioda atau Diode

Dioda adalah komponen aktif dalam  power supply HP yang memiliki sifat semikonduktor. Konduktor ini memiliki satu  junction yang disebut juga sebagai komponen dua lapis. Jika trafo berfungsi untuk mengalirkan arus dua arah, maka dioda berfungsi hanya mengalirkan arus satu arah saja. Komponen ini juga berfungsi untuk menghambat arus listrik yang berlawanan arah, sehingga perangkat lain yang dihubungkan dengan pencatuan daya akan lebih aman karena arus terkontrol dengan baik. Komponen yang telah disebutkan tentu hanya sebagian kecil dari komponen power supply HP yang harus kamu tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.