Tips Jitu Menambah Viewers dan Subscriber

By | June 22, 2023

Menjadi youtuber bisa dikatakan hal yang susah susah gampang, sebagai pemula pasti sudah merasakan bagaimana susahnya mendapatkan 1000 subscriber padahal sudah konsisten mengunggah konten bahkan sampai rasanya mau menyerah. Memang benar kunci agar bisa naik di youtube adalah konsisten dengan konten original yang unik, menarik dan bagus kualitasnya. Namun kamu bisa melakukan sederet upaya ini untuk membantu mendapatkan viewers youtube dengan cepat. Simak selebihnya dibawah ini :

  1. Menggunakan kata kunci dan judul yang menarik

Ini merupakan hal pertama yang banyak dicoba untuk mendapatkan lebih banyak viewers, namun jangan coba-coba menggunakan judul yang clickbait ya karena semua orang benci itu. Jadi gunakanlah judul menarik yang masih releven dengan isi konten, akan lebih baik jika kamu mempertimbangkan penggunaan SEO, dengan begitu maka penonton akan lebih muda menemukan konten milikmu. Gunakan kata kunci yang mampu mengoptimalisasi SEO, kamu bisa memanfaatkan fitur youtube autocomplate untuk melihat apa saja kata kunci yang releven dan juga banyak dicari oleh audiens.

  1. Mengisi deskripsi video di Youtube

Jangan biarkan kolom deskripsi kosong, kamu bisa menulis hal seputar topik yang ada di konten tersebut. Cukup tulis dua sampai tiga baris saja sudah sangat membantu di mesin pencarian.

  1. Menyesuaikan nama file sebelum diunggah

Karena algoritma mesin pencari tidak akan bisa melihat isi konten yang diunggah, dengan memberikan nama file kata kunci isi konten dapat membantu algoritma youtube mengetahui konteks di dalam video tersebut sehingga video akan diletakan pada indeks yang lebih tinggi daripada file video dengan nama random.

  1. Manfaatkan Tag

Gunakan tag yang spesifik sehingga tidak melenceng dari topik konten. Banyak yang menggunakan formula MVC, yaitu Main Word dimana kata kunci utama jadikan tag yang pertama atau setidaknya kedua, kemudian Variation merupakan kata kunci sekunder, dan yang terakhir adalag Catagory dimana tulis tag dengan kategori sesuai isi konten video.

Intinya untuk menambah viewers jangan lupa selalu kreatif mencari kata kunci yang tepat serta ditunjang dengan thumbnail yang menarik, membuat playlist agar video dapat pindah ke kanal yang sama setelah habis. Selain penonton atau viewers, ada yang lebih penting lagi yaitu mendapatkan subscriber. Karena subsciber menjadi penentu penghasilan dari youtube juga, sebagai pemula pasti sangat sulit mendapatkannya oleh karena itu cobalah menerapkan beberapa tips dibawah ini :

  1. Memberikan Button Subscribe, walaupun sederhana namun ini sangat berpengaruh. Dengan mempermudah penonton mengakses tombol subscribe selagi konten sedang berjalan membuat mereka tidak ragu-ragu menekannya jika memang konten yang disuguhkan menarik untuk di ikuti.
  2. Menambahkan rekomendasi video lainnya agar penonton bisa menjelajah lebih jauh kanal youtube milikmu. Rekomendasi ini biasanya muncul di detik-detik akhir menjelan konten tersebut akan habis.
  3. Membangun komunikasi dengan viewers juga penting, penonton akan senang jika bisa berinteraksi lebih dekat dengan pemilik kanal. Jadi responlah komentar penonton sehingga mereka akan tertarik untuk subscribe. Menanyakan pendapat dan mendorong mereka untuk memberikan komentar juga termasuk interaksi yang bagus untuk diterapkan.
  4. Kualitas video yang maksimal, artinya pastikan bahwa video yang kamu unggah memiliki kualitas yang bagus tidak pecah dan jelas, karena hal itu mencerminkan profesionalitas kamu selain itu juga membuat pengalaman penonton jadi lebih baik.
  5. Manfaatkan kolom trending di Youtube, melalui kolom trending kamu bisa tahu topik apa yang sedang naik di masyarakat kemudian buatlah konten seputar topik tersebut.

Diatas merupakan tips dan trik yang patut untuk dicoba jika kamu ingin mengembangkan channel youtube milikmu, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *