Mengenal Jenis Solder Uap dan Fungsi Menurut Kegunaan

By | March 27, 2021

Solder uap yang kita kenal merupakan salah satu jenis Blower hot. Alat bantu pertukangan ini memiliki fungsi untuk menyatukan komponen elektro di banyak perangkat seperti ponsel, TV, radio, laptop atau moterboad PC.

Cara kerjanya dengan melelehkan lempengan timah. Setelah timah mulai cair, kita jadi lebih mudah mencabut besi atau kabel yang terhubung ke lempengan IC.

Bisa juga menggunakan tekanan udara jika ingin memasang kembali komponen. Alat ini tidak dapat bekerja tanpa bantuan mesin box serta power supplai.

Cara kerja solder tidak jauh beda dengan alat pertukangan besar seperti las atau welding namun bentuknya lebih kecil. Komponen transistor bisa dilepas/disatukan kembali ke jalur PCB secara mudah dengan blower hot dan diperlukan juga keahlian menggunakan teknik penyolderan.

Mengenal Jenis Solder uap yang Sering Digunakan

Perkakas elektronika ini memiliki 3 macam sering digunakan dan alat untuk memudahkan ahli service ada yang berjenis uap, biasa, dan dilengkapi dengan pengatur suhu. Ketiganya sama-sama memiliki fungsi serupa namun dibedakan oleh langkah settingnya di mesin box.

  1. Solder biasa

Tipe ini dahulu paling banyak digunakan oleh para ahli service elektronik, harga belinya relatif murah serta mudah dicari. Kamu tidak perlu menggunakan kemampuan khusus jika ingin menggunakan, serta modelnya sangat sederhana terutama bagian pengaturan panas/tekanan.

  • Solder uap

Blower hot jenis kedua menggunakan mesin bertenaga udara untuk bisa menghasilkan uap panas. Proses pengaturannya dikendalikan oleh tombol UP/Down secara manual.

Selanjutnya panas akan keluar dari mata solder bisa diatur tingkatannya mulai dari 250 derajat celcius. Kelebihan solder jenis kedua ini ialah dapat melakukan tugas soldering berkat adanya teknologi surface mount.

Pengaturan suhu bisa diatur dari 100-500 derajat celcius. Jika di rumahmu listrik sedang tidak stabil, alat ini tidak akan mempengaruhi kerjanya ketika digunakan.

  • Solder dengan pengaturan suhu

Jenis terakhir adalah yang sudah dilengkapi oleh alat pengontrol Kelebihannya ialah bisa kamu atur tinggi rendahnya suhu sesuai keinginan atau jika dihidupkan dalam waktu lama maka sistem pengontrolnya akan mengatur kestabilan panasnya.

Kelebihan lainnya ialah ketika listrik dirumah sedang tidak stabil, solder jenis ini bisa mengatur suhunya secara otomatis tanpa perlu mengatur ulang. Karena itu, tipe ini tergolong memiliki tingkat keawetan cukup lama bahkan bisa bertahan sampai bertahun-tahun.

Mengenal Bagian Dalam Solder Uap

Dari ketiga jenis alat blower, salah satu solder yang menggunakan elemen uap adalah cukup laris dipasaran. Secara umum terdapat beberapa bagian yakni pengontrol resistant, body dan mata gagang. Untuk mengenal lebih lanjut berikut penjelasannya.

  1. Pengatur elemen panas

Karena alat ini dapat menghantarkan panas, maka diperlukan energi listrik. Elemen pemanas bisa diatur tinggi rendahnya suhu.

Tegangan besar akan membuat suhunya menjadi tinggi mulai 100-500 derajat Celsius dengan daya 30watt. Dapat normal atau sesuai kegunaan.

  • mata solder

Bagian ini penting untuk menyalirkan listrik ke panas sehingga memudahkan kamu meleburkan timah, jumlah energi yang dihasilkan tergantung dari elemen pengatur suhu. Ujung blower biasanya dibuat runcing dari bahan tembaga dan kecil agar mempermudah kita ketika memperbaiki papan IC.

  • Gagang

Pegangan ini akan memudahkan kamu memperbaiki benda elektronik tanpa menyentuh mata solder. Umumnya terbuat dari bahan plastic sangat baik untuk mencegah panas.

Penting memilih alat blower berkualitas sehingga mampu melindungi tangan dari temperature tinggi. Setelah mengetahui jenis dan beberapa komponen utama pada blower hot air, kita juga memerlukan persiapan sebelum menyolder. Teknik yang tepat dapat mencegah kondisi yang tidak diinginkan. Dan pastinya ketika menggunakan solder uap harus benar-benar mengutamakan keamanan serta keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *