Cek Syarat Terbaru Daftar AdSense Youtube

By | June 22, 2023

Melanjutkan pembahasan tentang youtube beberapa waktu yang lalu, disebutkan bahwa untuk menghasilkan uang dari platform ini pemilik channel setidaknya harus terdaftar ke AdSense terlebih dahulu agar kanal youtubenya dapat di monetisasi sehingga dapat menayangkan iklan. Nah sebelum itu pemilik kanal harus sudah bergabung menjadi peserta pada program partner youtube. Karena dengan begitu maka pemilik akun youtube akan diberikan akses lebih kepada fitur youtube yang lain dimana salah satunya ialah monetasi konten. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua akun bisa bergabung ke program partner youtube. Karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi serta perlu adanya tinjauan dari pihak youtube, apakah akun channel tersebut layak dan bisa bergabung sebagai partner.

Simak beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar AdSense :

  1. Minimal 1000 subscriber

Subscriber adalah penonton yang telah berlangganan ke kanal youtube milikmu, jadi mereka adalah orang-orang yang senang melihat konten yang kamu bagikan serta secara suka rela mengikuti kanal agar tidak ketinggalan jika kamu mengunggah konten baru. Tercatat pada Kuartal III tahun 2022 pengguna youtube mencapai 2.67 miliar, jika dibandingkan dengan 1000 subscriber tentu angka yang kecil, namun tetap tidak boleh diremehkan. Karena mendapatkan subscriber tidaklah mudah, kamu haru memutar otak untuk terus konsisten membuat konten unik dan berkualitas sehingga penonton tertarik untuk melihat.

  1. Mencapai 4000 jam tayang

Syarat ini dibuat sebagai penanda bahwa kanal youtube milikmu aktif, 4000 jam ini dihitung selama 12 bulan atau satu tahun terakhir. Jadi kamu harus rajin mengunggah konten youtube dan secara konsisten tetap mempetahankan apa yang sudah menjadi ciri khasmu. Awal mula akan terasa berat karena merasa tidak ada yang melihat konten milikmu, namun jangan menyerah karena waktu 1 tahun merupakan waktu yang lama. Kuncinya adalah bahwa harus rajin dan konsisten, durasi tidak penting yang terpenting adalah mengisi kanal dengan konten yang berkualitas.

  1. Mengikuti kebijakan dan ketentuan dari Youtube

Karena ingin bergabung pada suatu program tentunya harus mematuhi segala kebijakan dan ketentuan yang ada, agar kanal youtube milikmu dapat tidak merugikan pihak lain baik sesama pemilik kanal maupun dari pihak youtube. Adapun beberapa kebijakannya ialah :

  • Pedoman Komunitas, berisi kebijakan tentang larangan dan syarat layaknya konten diunggah di youtube. Kebijakan ini berlaku untuk semua yang ada di dalam platform yaitu dari video, komentar, thumbnail, link dan lain-lain. Adapun konten yang tidak diizinkan merupakan konten yang berisi penipuan, konten sensitif, spam, kekerasan serta yang menampilkan senjata api dan hal-hal berbahaya lainnya.
  • Persyaratan Layanan, merupakan ketentuan yang berisi term of service serta penjelasan layanan dari dua pihak yaitu pihak Youtube dengan pengguna layanannya.
  • Hak Cipta
    Konten kreator Youtube tidak diperbolehkan mengunggah konten yang bukan miliknya sendiri atau curian orang lain, hal ini termasuk cuplikan singkat berupa video, music track dan sebagainya. Jadi konten harus bersifat original dan jika memang harus memasukan beberapa konten berhak cipta, maka pemilik kanal harus memiliki izin penggunaan setidaknya mencantumkan hak ciptanya.
  • Kebijakan Program AdSense
    Setelah berhasil bergabung dengan program partner youtube, pemilik kanal diwajibkan untuk mengikuti sederet kebijakan dan peraturan yang ada. Jika tidak mematuhi, pihak AdSense dapat menonaktifkan program iklan ini kapan saja karena sudah melanggar perjanjian yang ada. Untuk syarat dan ketentuan kebijakan ini akan tampil pada saat mendaftar program partner youtube.
  1. Tinggal di Wilayah Program Partner Youtube
    Hal ini berlaku karena ada beberapa negara yang wilayahnya tidak masuk dalam program partner youtube ini, namun jangan khawatir karena untuk Indonesia sendiri merupakan negara yang termasuk dalam daftar progam ini.

Setelah sekiranya kamu sudah bisa memenuhi keempat syarat tersebut dan siap menjadi konten kreator yang konsisten, maka kamu diperbolehkan mendaftarkan kanal youtube milikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *