Cara Menggunakan Power Supply Hp untuk Deteksi Kerusakan

By | June 17, 2021

Jika kamu berniat untuk membuka jasa service ponsel, maka harus mengetahui cara menggunakan power supply HP untuk mendeteksi kerusakan pada ponsel. Ponsel saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok banyak orang.

Bahkan biasanya selalu dibawa kemana-mana. Sebagai alat elektronik tentu ponsel harus dirawat dan digunakan dengan benar, akan tetapi banyak orang menggunakan dengan asal-asalan.

Selain itu juga biasanya tidak melakukan perawatan. Hal tersebut membuat komponen elektronik pada ponsel tidak bertahan lama.

Ketika terjadi kerusakan biasanya orang-orang akan membawa ke tempat service. Masih sedikit sekali orang yang mengetahui cara memperbaiki ponsel sendiri.

Sebagai seorang teknisi sebelum memperbaiki ponsel tentunya harus mendeteksi terlebih dahulu dimana kerusakannya. Ketika terjadi kerusakan,tidak selalu dapat terlihat dengan mudah oleh mata.

Biasanya seorang teknisi membutuhkan alat untuk melakukan pengecekan. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada ponsel adalah power supply HP.

Agar dapat bertahan lama tentu kamu harus membeli power supply dengan kualitas bagus. Karena ada banyak sekali brand maka kemungkinan kamu akan kebingungan untuk memilih.

Terdapat beberapa indikator yang bisa menunjukkan kualitas dari power supply. Salah satu cara sederhana untuk mendeteksi apakah kualitasnya bagus atau tidak yaitu dengan melihat nomor seri.

Biasanya produk power supply asli memiliki nomor seri pada kemasan atau berada pada tubuh power supply. Perhatikan juga keemasannya, apakah masih tersegel atau tidak.

Jika kemasan sudah rusak sebaiknya jangan diterima. Selain itu biasanya kamu akan mendapatkan kartu garansi jika membeli power supply yang asli.

Perusahaan dengan kualitas baik tentunya tidak ingin mengecewakan pelanggan. Setiap produk biasanya akan diberikan kartu garansi untuk menjamin kualitas mutu yang baik.

Cara Deteksi Kerusakan Ponsel dengan Power Supply Hp

Untuk bisa mengetahui kerusakan pada ponsel tentu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah mengetahui penyebabnya baru dapat dilakukan langkah perbaikan.

Jadi bisa dikatakan bahwa deteksi kerusakan merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh teknisi sebelum melakukan perbaikan. Kerusakan pada ponsel tentu bisa bermacam-macam.

Komponen penyusun ponsel juga sangat kompleks dan banyak sekali komponen dengan ukuran kecil. Untuk mengetahui penyebab kerusakan secara pasti tentu harus dilakukan pengecekan secara menyeluruh, berikut cara deteksi kerusakan ponsel dengan menggunakan power supply:

  1.  Melakukan Pengecekan

Apabila ditemukan kesalahan pada tombol power ketika ponsel dinyalakan atau dimatikan. Kamu dapat melakukan pengecekan dengan cara tekan short ampere dan voltage pada posisi 0.

Setelah itu analisa komponen bisa langsung diarahkan ke V battery. Seperti misalnya ICPA, IC Charging, dan lain-lain.

  • Menelusuri Kerusakannya

Jika ditemukan kejadian tombol switch ditekan tetapi tidak ada pergerakan pada ampere power supply HP. Hal ini terjadi biasanya karena terjadi kerusakan pada tombol On atau Off.

Untuk cara memperbaikinya dapat dilakukan dengan menelusuri jalur on dan off. Jika semuanya normal kerusakan bisa terjadi pada ada Ccont.

  • Menganalisis Kerusakan

Cara ketiga yaitu apabila tombol switch ditekan tetapi ampere memiliki tren bergerak naik dari angka 0 sampai 20-50 MA dan gerakannya tetap berada di situ. Hal tersebut juga menunjukkan kemungkinan adanya kerusakan pada ponsel.

Analisis dari kejadian ini mungkin Ccont sudah mengirim tegangan tetapi tetap tidak tersambung. Ketika sedang melakukan pengecekan penyebab kerusakan, harus benar-benar teliti. Melakukan pengecekan kerusakan bisa dikatakan lebih sulit daripada proses perbaikan. Oleh karena itu gunakan power supply HP terbaik untuk mendukung proses servis ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.