Agar Fungsi Solder Uap Tetap Maksimal, Lakukan Cara Perawatan Ini

By | January 23, 2021

Siapa yang tidak tahu fungsi solder uap yang sangat banyak? Ya, alat ini adalah sebuah varian dari solder atau sering disebut blower hot air, yang biasanya dipakai lewat hawa. Solder uap bagian dari alat reparasi atau perbaikan komponen elektronik. Tekanan udara panas dalam pemakaian dapat diatur dengan cara mengubah tekanan angin dan temperatur.

Banyak Fungsi Solder Uap Menyebabkan Alat Ini Sangat Multifungsi

Solder uap dikenal multifungsi, seperti mengangkat, memasang, mencetak komponen adalah fungsi lain dari solder uap, kemudian fungsi lain dari solder uap, yaitu menyolder ulang komponen biasa dipasang, dicetak berupa bola-bola timah (BGA), kelabang (SMD). Begitu banyak fungsi solder uap  tidak heran jenis blower ini diburu sebagian masyarakat.

Tidak hanya solder uap multifungsi, cara menggunakannya mudah diawali dengan memasukan kabel blower ke listrik. Lalu, tekan power ON dan atur pengaturan panas atau tekanan udara. Langkah berikutnya putar pengaturan panas maupun tekanan udara.

Langkah terakhir atur tekanan udara yang diinginkan dan gunakan suhu udara 200 derajat baru kemudian dipakai pada mustinya. Meski banyak fungsi dan cara pemakaian mudah, penting  juga perawatan solder uap itu secara baik dan benar. Lantas, bagaimana merawat solder uap yang baik dan penting diketahui. Berikut ulasannya secara lengkap.

Cara Memaksimalkan Fungsi Solder Uap Dengan Masukan Steker Ke Dalam Stop Kontak

Ketika memakai solder uap penting mendapat perhatian tidak asal pakai. Pemakaiannya alat ini ada prosedur atau aturannya agar awet jangka panjang. Cara perawatan pun cukup mudah, yaitu cukup tekan tombol power ON yang berarti hidup pada solder uap, selanjutnya tunggu sebentar sampai blowernya berjalan sesuai fungsinya. Baru kemudian ditekan lagi OFF untuk mematikan blower.

  1. Atur Suhu Dan Tekanan Udara

Perawatan lain agar fungsi solder uap tetap maksimal adalah memberikan perhatian terhadap suhu. Caranya ialah mengatur suhu dan tekanan udara. Hal ini penting supaya solder tetap bisa digunakan jangka lama. Cara perawatan pun mudah, cukup atur suhu dan tekanan udara yang diinginkan pada blower. Lewat cara ini diyakini solder uap bisa terawat dengan baik.

  1. Bersihkan Kotoran

Cara lain merawat solder uap yang penting, yaitu bersihkan kotoran sampai bersih. Caranya pun mudah cukup bersihkan PCB dari kotoran pada blower. Kotoran yang melekat pada jenis solder tersebut bermacam-macam, seperti minyak, debu, dan lainnya yang perlu dibersih secara berkala.

  1. Lindungi Komponen

Cara lain merawat solder dengan melindungi komponen yang biasanya komponen tersebut berbahan plastik terletak pada IC. Selanjutnya gunakan pinset saat memegang IC salah satu cara merawat solder.

  1. Tidak Memanasi Komponen Jangka Waktu Lama

Terkadang tidak memiliki pengetahuan yang cukup berkaitan dengan solder uap membuat cara perawatannya salah. Dampak dari kesemuanya itu sudah pasti solder menjadi tidak awet. Sebenarnya cara perawatannya cukup mudah, yakni tidak memanasi komponen jangka waktu lama. Terlalu lama memanasi komponen berakibat rusak atau berkurangnya intensitas komponen.

  1. Letakkan Gagang Solder Pada Tempatnya

Meletakkan gagang solder pada tempatnya menjadi cara sederhana merawat solder uap. Tidak hanya meletakkan gagang solder pada tempatnya, mengatur tekanan untuk air dan udara di posisi minimal atau terendah baru kemudian tekan power OFF.

  1. Biarkan Solder Dingin Sendiri

Ada cara lain yang bisa solder uap awet, yakni membiarkan solder dingin sendiri. Panas pada solder akibat sering pemakaian yang jangka lama dan berulang kali dalam sehari dalam seminggu. Membiarkan solder dingin sendiri selama beberapa menit tanpa bantuan alat lain dalam mendinginkannya menjadi salah satu cara perawatan solder uap yang penting diketahui.

Tidak mencabut kabel steker setelah selesai memakainya, karena disebut akan merusak solder uap itu sendiri. Itulah ulasan cara merawat yang tepat supaya awet dalam jangka waktu lama. Tujuannya adalah agar fungsi solder uap bisa tetap maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *