Mengenal Tentang Network Adapter dan Perangkatnya

By | January 9, 2023

Network Adapter merupakan salah satu hardware suatu komputer atau laptop dimana fungsi utamanya sebagai media penghubung antara perangkat dengan jaringan. Dalam suatu sistem komputer diperlukan perangkat penghubung data seperti contohntya router. Fungsi utama perangkat jaringan tentu saja ialah pengirim data kepada perangkat lain dengan demikian jaringan akan dapat terhubung. Pengertian jaringan itu sendiri adalah terhubungnya satu sama lain antara dua perangkat komputer atau lebih dengan bantuan adanya kabel atau non kabel untuk pembentukan suatu jaringan tersebut, sehingga memungkinkan suatu perangkat komputer bertukar informasi. 

Sudah dijelaskan diatas, peran suatu perangkat keras yang membuat suatu jaringan sangat penting untuk diperhatikan. Kesalahan pasang, kekurangan perangkat atau kesalahan lainnya dapat memicu tidak bisanya membentuk jaringan yang diinginkan. Beberapa hardware yang digunakan untuk jaringan komputer. 

  1. Komputer Server. Server merupakan pusat dari suatu jaringan komputer, dalam artian lain bahwa semua data penting disimpan didalam server yang nantinya akan dapat diakses oleh komputer client yang berhubungan. Sehingga komputer ini dapat disebut sebagai database informasi yang disebarkan dan dikirimkan oleh jaringan tersebut kepada komputer client. Secara spesifikasi komputer server harus memiliki ketahanan yang bagus dan sistem yang kecang pula agar komputer ini tidak mengalami hang. 

2. Komputer User/Client 

Komputer client atau user ini sering disebut juga sebagai terminal atau workstation, perangkat ini merupakan hardware wajib kedua setelah komputer server. Jadi dengan begitu akan ada kesinambungan antara dua perangkat sehingga membentuk jaringan, komputer ini bersifat umum, yaitu sebagai pengakses data dari komputer server. 

  1. HUB 

HUB merupakan hardware yang berfungsi membagi satu jaringan kepada beberapa komputer client. Cara kerjanya adalah dengan menerima sinyal dari komputer server kemudian akan ditransmisikan kepada sejumlah client sehingga membentu suatu jaringan.  

  1. Switch 

Perangkat ini kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan HUB, yaitu dapat membagi transmisi data ke beberapa komputer client dari satu host yang sama. Namun tetap saja ada perbedaan yang mendalam antara keduanya, switch dapat memberikan batasan pada transmisi data ataupun jumlah user/client yang menggunakan host atau server. Sehingga pada setiap user akan berbeda kapasitas aksesnya antara satu dan yang lain. 

  1. Bridge 

Seperti dengan namanya bridge ini berperan sebagai jembatan penghubung LAN atau server lokal kepada server lokal yang lebih besar lagi. Dan juga dapat menjadi penghubung antar jaringan lokal dengan topologi jaringan yang berbeda. Keuntungan menggunakan bridge akan terlihat jika digunakan untuk instansi berskala besar, karena brigde dapat menguhubungkan komputer antar devisi dan antar ruangan dengan satu jaringan induk yang besar.  

  1. Router 

Prinsip kerja router ialah memberikan jalan atau rute dari koneksi internet menuju komputer client/user. Sehingga proses transmisi data melalui jaringan ini tidak harus menggunakan kabel namun bisa juga wireless dengan bantuan router. 

  1. Ethernet Card 

Perangkat ini juga sering dikenal dengan NIC (Network Interface Card) yang biasanya sudah terpasang dalam setiap komputer. Dengan Ethernet Card ini maka komputer dapat terhubung dengan jaringan LAN. Perangkat ini erat hubungannya dengan perkabelan jaringan, namun masa kini sudah jarang digunakan karena ada teknologi wireless untuk terhubung ke jaringan. 

  1. Konektor  

Pasti sudah tidak asing dengan tipe dan jenis seperti kabel RJ-45, BNC/T itu yang disebut dengan konektor. Ujung kabel jaringan harus dipasang pada konektor sebagai penghubung adapter network dengan client.  

Diatas merupakan delapan perangkat keras yang paling umum dan yang paling dibutuhkan dalam membentu suatu jaringan. Jangan lewatkan artikel lain yang membantu tentang network adaptor agar diulas lebih lanjut lagi, semoga membantu pembaca dalam menambah ilmu dan pengetahuan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *