Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Internet Terputus di Windows

By | January 6, 2023

Perangkat gadget yang paling banyak dipakai salah satunya adalah Laptop. Karena banyaknya kegiatan atau aktivitas yang memerlukan laptop, misalnya saja untuk bekerja dan kepentingan pendidikan para siswa saat ini. Dan ada satu lagi yang sudah tidak bisa lepas dari kehidupan ini ialah internet yang bisa diakses oleh perangkat apa saja misalnya smartphone dan tentu saja perangkat komputer atau laptop. Dengan bantuan internet ini, pengguna dapat mengakses berbagai informasi seperti edukasi, ilmu pengetahuan, web, bisnis dan bahkan hiburan. Sehingga saat ini internet sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat.

Laptop merupakan media akses internet yang cepat dan mudah sama seperti smartphone, karena portable dan bisa dibawa kemana-mana. Namun ada saat kondisi laptop tidak bisa dihubungkan dengan wifi yang membuat tidak dapat terkoneksi dengan internet. Terdapat pesan semacam “Can’t connect to this network” pada saat mengubungkan ke salah satu jaringan WiFi, bahkan sampai dicoba beberapa kali namun masih belum bisa terhubung, bisa saja itu bermasalah dari jaringannya atau pengguna sudah mencoba menghubungkan pada jaringan yang lain tetapi masih sama. Bisa disimpulkan kesalahan mungkin ada pada perangkat laptopnya. 

Namun sebelum menyumpulkan sedemikian rupa, pengguna harus tahu bahwa tidak dapat terhubungnya jaringan WiFi ke perangkat bukan hanya karena dua penyebab diatas, bisa jadi mungkin penyebabnya karena hal lain mengingat laptop/pc terdiri dari banyaknya perangkat dan rumitnya software. Berikut ini ada beberapa penyebab yang menjadi perkara tidak bisa menghubungkan pada internet : 

  • Koneksi Dibatasi. Pada jaringan WiFi atau Hotspot dapat diatur pengguna sebagai batasannya, hal ini sangat wajar dan memungkinkan karena dalam beberapa keadaan penyedia berhak melakukan agar kecepatan internet stabil. 
  • Adaptor WiFi. Jika kamu merupakan penyedia WiFi dan tidak merasa melakukan pembatasan pengguna maka kamu bisa memeriksa Adaptor WiFi yang kemungkinan dalam keadaan disable, kamu bisa memeriksanya pada fitur Network Connections. 
  • Driver Network Bermasalah. Jika hal ini terjadi tentu saja kamu tidak akan pernah bisa menggunakan internet karena masalah utamanya adalah driver yang tidak terinstall, hilang atau bahkan mengalami error. Pengguna dapat memeriksa melalui Device Manager. 
  • ISP Bermasalah. Bukan hanya karena WiFi atau hotspot, kemungkinan ISP sedang gangguan atau mengalami masalah juga bisa menjadi penyebab perangkat tidak bisa menghubungkan ke internet. Biasanya masalah ini akan segera selesai jika kita tunggu beberapa lama karena profider pasti sedang memperbaiki masalahnya. 
  • Pengaturan Jaringan Salah. Sebagai pengguna kita tentu pernah mengutak-atik laptop hanya karena sebatas ingin tahu, lalu mungkin tidak sengaja mengubah setingan default yang akhirnya menyebabkan tidak bisa tehubungnya internet ke perangkat. Ini tidak salah namun kamu wajib berhati-hati. 

Beberapa yang diulas diatas bisa jadi menjadi salah satu penyebab kenapa kamu tidak bisa terkoneksi di WiFi, namun jangan panik karena kami memberikan beberapa tips yang bisa dicoba untuk memperbaiki kondisi ini.  

  1. Restart Laptop 

Cara paling sederhana untuk upaya perbaikan adalah mencoba untuk merestart laptop, karena belum tentu masalah terjadi karena adanya sistem yang error atau perangkat yang rusak. Kemunginan karena sibuknya sistem sehingga bertabrakan sehingga kamu tidak bisa mengakses internet. Dengan merestart kamu dinilai memperbarui jaringan sehingga bisa memutuskan beberapa proses yang sedang berjalan kemudian akan hidup dalam keadaan lebih fresh. 

  1. Reconnet Jaringan 

Cara ini terhitung mudah juga, ada beberapa cara untuk melakukannya. Yang pertama adalah dengan mengaktifkan mode pesawat, dimana akan memutuskan semua jaringan dan ketika sudah di nonaktifkan akan memasukan sinyal terbaik daripada sebelumnya. Cara kedua adalah melupakan jaringan tersebut dengan konsep yang sama, jika sudah masuk kembali akan mendapatkan jaringan terbaik daripada sebelumnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *