Cara Cek Daya Laptop Dan PC

By | December 21, 2022

Kini gadget sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, salah satunya adalah laptop/pc. Mungkin banyak diantara kita disini yang awet memiliki laptop/pc hingga sudah tiga tahun lebih, pengguna mungkin sudah lupa spek dan bahkan tipe-nya. Ada beberapa kemungkinan lain yang mengharuskan pengguna melihat kembali hal-hal tersebut, terutama berapa penggunaan daya laptop yang selama ini kita gunakan. Selain untuk keperluan instalasi kelistrikan dirumah, melihat daya juga saat pengguna ingin memperbarui komponen dalam laptop yang akan menggunakan power supply agar tahu dayanya.

 

Untuk melihat ini tidak perlu melibatkan seorang ahli, kamu bisa secara mandiri menggunakan beberapa cara dibawah ini. 

  1. LocalCooling 

Cara pertama adalah menggunakan bantuan software LocalCooling, secara umum software ini membantu melihat estimasi otomatis dari komponen dalam laptop/pc dan kemudian memberikan gambaran sederhana tentang daya dari setiap komponen. Langakah-langkahnya sebagai berikut ; 

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah download software LocalCooling secara gratis di website dan kemudian install. 
  • Kemudian jalankan programnya. 
  • Klik “Settings”. 
  • Lalu klik pada tab “My Power” dan tunggu prosesnya selesai. 
  • Pada bagian “Estimated Power DC” akan tertampil informasi daya watt yang digunakan untuk masing-masing komponen. 

Perlu diingat kembali bahwa tingkat akurasi aplikasi ini rendah dan hanya menampilkan berdasarkan estimasi tanpa memperhitungkan kebiasaan pengguna. 

  1. Power Supply Calculator 

Jika pada cara pertama kamu perlu menginstall aplikasi, berbeda dengan memanfaatkan Power Supply Calkulator ini tidak perlu melakukan pasang / install software karena merupakan tool yang berbasis web. Untuk menggunakan Power Supply Calculator kamu wajib tahu setiap detail tentang komponen apa saja yang terpasang pada laptop/pc, berikut adalah langkah-langkahnya. 

  • Silahkan akses webiste outervision power supply calculator. 
  • Kamu akan diberi pilihan mode yaitu Expert untuk pengguna yang memahami komponen komputer sampai skala terkecil. Sedangkan pada Mode Basic diperuntukkan pengguna yang mengetahui sebatas nama dan jenis beberapa komponen saja. 
  • Kemudian kamu akan menginput beberapa informasi tentang laptop/pc seperti video cars, tipe motherboard, CPU sampai informasi lain seperti skenario penggunaan. 
  • Klik “Calculate” dan tunggu web memuat informasi yang kamu butuhkan. 
  • Hasilnya berada pada kolom “Load Wattage”. 

Dibandingan dengan LocalCooling, Power Supply Calculator ini menghasilkan akutasi menengan dan dapat diperhitungkan cukup akurat karena mempertimbangkan kebiasaan penggunaan sehari-hari. 

  1. Wattmeter 

Wattmeter adalah alat kelistrikan yang berfungsi mengukur daya dan voltasi listrik saat dihubungkan langsung dengan perangkat elektronik. Kamu bisa menemukan wattmeter pada toko listrik terdekat, harganya dibandrol mulai dari Rp. 150.000 – Rp. 300.000. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara penggunaanya cukup mudah hanya dengan mengubungkan wattmeter dengan stop kontak lalu sambungkan dengan laptop/pc yang kamu gunakan. Kelebihan lain dari alat ini adalah kemampuan mengukur daya pada perangkat elektronik secara real time atau terus menerus. Alat ini juga memberikan peringatan jika penggunaan daya overload. Pada tahap ini menggunakan wattmeter sangat akurat berbeda dengan dua teratas. 

Diatas merupakan tiga cara yang dapat kamu coba ketika ingin melihat daya penggunaan laptop/pc. Untuk sekedar informasi, pada PC atau Komputer umumnya memerlukan aliran listrik langsung untuk menghidupkannya. Secara umum pemakaian daya berbeda-beda pada setiap pc, namun bisa digolongkan pemakian dari 65W – 250W namun akan lebih besar jika pc gaming yang bisa mencapai 600W atau bahkan lebih dan belum termasuk daya penggunaan monitor gaming sebesar 40W. 

Sedangkan pada penggunaan daya laptop akan lebih kecil daripada pc karena tidak harus terus menerus dihubungkan ke listrik. Biasanya adaptor power laptop hanya berdaya tidak lebih dari 130W, belum lagi pengembangan teknologi yang memodifikasi perangkat laptop jadi semakin hemat listrik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *