Tips dan Trik Mengoptimalkan Laptop Gaming

By | December 21, 2022

Saat ini bermain game merupakan salah satu aktivitas hiburan yang paling banyak dilakukan kalangan anak muda. Sarana bermain game semakin banyak dan perangkat pendukungnya juga semakin canggih. Yuk, kita ulas singkat perkembangan game dab perangkatnya dari waktu ke waktu.

Pada sekitar tahun 1972 sampai 1980-an mulai muncul Mesin Game Arcade dimana perlu koin untuk memainkannya. Mesin ini diproduksi awal di Jepang oleh Saga dan Taito yang dinamai Atari, kemudian disusul oleh Amerika dengan nama produknya Pong. Hingga saat ini industri game arcade masih populer. Kemudian pada tahun 1977 game diluncurkannya game konsol pertama dengan nama Atari 2600 atau Atari VCS, namun bermain game dirumah saat itu tidak diminati, dan pada saat itu era kurang diminati apalagi mesih game arcade masih menjadi primadona. Sampai pada tahun 1991 game konsol tanding pertama diberi nama Sega Genesis dengan hardware lebih baik hingga 16 bit. Pada saat itu sekitar tahun 1989 mulai dikembangkan Gameboy oleh Nintendo dengan teknologi 8 bit yang menjadi awal populernya Game Handler hingga PSP, NDS, dan Nintendo Switch. Mulai tahun 1994 berkembang PlayStation dan Era Game 3D hingga Game PC yang kita tahu masa kini. 

Hingga saat ini game pc sangat diminati, sebagai hiburan dan healing untuk banyak orang dengan grafis yang semakin memukau membuat pengalaman bermain semakin menyenangkan. Bermain pada PC memang memiliki kapasitas yang lebih besar, namun tidak portable. Dengan menggunakan laptop dapat dibawa kemana-mana. Seperti yang kita tahu, harga laptop gaming tidak mudah, tapi para gamers juga tidak ragu-ragu merogoh kocek lebih dalam demi pengalaman bermain yang memuaskan. Oleh karena itu kami disini memberikan beberapa tips dan trik mengoptimalkan laptop gaming  

  1. Update Kartu Grafis 

Jika kamu diawal sudah membeli laptop gaming, kartu grafisnya akan mengikuti spesifikasi laptop tersebut. Dalam artian juga akan besar dan berbeda dengan laptop umum bukan gaming laptop. Namun tidak menutup kemungkinan kamu akan menggunakan laptop itu untuk jangka waktu yang lama sedangkan game akan selalu dikembangkan dan mungkin kartu grafis sebelumnya belum mencukupi, nah dengan ini kamu bisa upgrade. 

  1. Tingkatkan Power Mode 

Khusus pengguna windows, terdapat custom power mode dimana pengguna dapat meningkatkan performa. Jika pengguna biasa akan di setting otomatis saat penggunaan daya akan berhemat, namun saat power modenya diubah pada tingkat “Best Performance” dapat meningkatkan performanya sehingga pengalaman bermain sangat menyenangkan. 

  1. Rutin membersihkan Registry Laptop 

Sama seperti cache yang menumpuk pada smartphone, semakin banyak game yang dimainkan maka semakin banyak pula Registry Item yang menumpuk. Kamu bisa rutin membersihkannya dengan bantuan aplikasi lain seperti CCleaner dan sebagainya, dengan melakukan ini membantu mengurangi hang pada saat bermain game. 

  1. Mengaktifkan Game Mode 

Game Mode ini sudah ada di Windows 10, dengan mengaktifkan mode ini maka windows dapat menahan memberikan notifikasi. Selain itu juga dapat meningkatkan rate frame untuk beberapa game piliham. 

  1. Tutup Aplikasi yang masih berjalan 

Pengalaman bermain game anti hang dan lag bisa dihindari dengan memastikan tidak adanya aplikasi lain yang sedang berjalan. Karena dapat memakan ruang RAM, dan seperti yang kita tahu game membutuhkan banyak ruang kapasitas RAM agar lancar. 

  1. Jaringan Internet yang kuat 

Para gamers bermain game online sudah tidak mengagetkan lagi, saat ini bahkan ada yang streaming saat bermain game. Tentu hal ini akan mengandalkan kecepatan internet, pastikan WiFi tidak terhubung ke banyak perangkat agar jaringan tetap cepat dan tidak membuat game kamu lemot. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *