Hal yang Dapat Dilakukan Solder Uap untuk Memperbaiki Ponsel

By | June 26, 2021

Solder uap sering disebut sebagai blower hot air. Solder merupakan alat pemanas untuk melelehkan timah dan juga sering digunakan sebagai bahan untuk menempelkan kaki-kaki alat elektronik pada papan.

Oleh karena penggunaan alat ini berkaitan erat dengan alat-alat elektronik. Biasanya solder digunakan untuk memperbaiki alat-alat elektronik.

Salah satunya yaitu ponsel. Di era modern seperti saat ini ponsel seperti menjadi kebutuhan wajib setiap orang, biasanya orang-orang membawa ponsel kemanapun pergi.

Karena penggunaan yang terlalu sering, kerusakan pada ponsel juga bisa dikatakan sangat sering. Komponen-komponen elektronik pada ponsel sangat kecil, oleh karena itu dibutuhkan pengerjaan yang penuh kehati-hatian ketika melakukan perbaikan.

Biasanya teknisi ponsel menggunakan solder jenis blower hot air untuk melakukan perbaikan pada elektronik ponsel. Penggunaan solder blower hot air memberikan beberapa keuntungan kepada teknisi.

Jenis solder satu ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan solder biasa. Oleh karena itu biasanya para teknisi lebih suka menggunakan solder uap, dibandingkan solder biasa ketika bekerja.

Teman yang pertama jelas temperatur suhu dapat diatur sesuai dengan keinginan. Hal ini sangat memudahkan ketika sedang bekerja.

Dengan temperatur yang sesuai tentunya hasil juga akan lebih maksimal. Pengerjaan juga menjadi dapat dilakukan kan dengan lebih cepat.

Selanjutnya yaitu dapat menghindari adanya kerusakan komponen akibat aliran listrik yang tidak stabil. Selain itu juga masih ada keunggulan lainnya yaitu dapat digunakan untuk proses solder-desoldering komponen Surface Mount Technology.

Karena kelebihannya itu solder blower hot air memiliki harga cenderung lebih mahal dari pada solder solder biasa. Akan tetapi tentunya sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Ketika kamu menggunakan solder blower hot air tentunya banyak kemudahan didapatkan. Kamu dapat menemukannya dengan mudah di pasaran ketika akan membelinya.

Fungsi Solder Uap untuk Memperbaiki Ponsel

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan jenis solder satu ini untuk melakukan perbaikan ponsel. Bahkan terdapat beberapa tindakan yang tidak dapat dilakukan dengan solder biasa dapat dilakukan dengan baik, berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan.

  1. Mengangkat komponen-komponen kecil

Komponen komponen-komponen penyusun terbuat terbuat dari dengan ukuran kecil, bahkan bisa dikatakan sangat kecil. Untuk mengangkatnya dengan tangan kosong jelas cukup susah untuk dilakukan.

Sehingga dibutuhkan sebuah untuk mengangkat. Salah satu alat yang dapat kamu gunakan adalah solder blower hot air.

  • Memasang komponen dengan ukuran kecil

Ketika melakukan perbaikan ponsel tentunya sering dihadapkan pada kondisi harus memasang komponen dalam ukuran kecil. Memasang dalam ukuran jelas membutuhkan ketelitian tinggi, dengan menggunakan solder uap kamu dapat melakukan pekerjaan ini dengan lebih mudah.

  • Membuat komponen pengganti

Tidak jarang ke ketika melakukan perbaikan terdapat komponen mengalami kerusakan dan harus diganti. Karena komponen pada ponsel biasanya berukuran sangat kecil maka harus menggunakan alat bantu.

Dengan menggunakan solder blower hot air dapat membantu pekerjaan kamu mengganti komponen dengan fungsi serupa. Pekerjaan akan jadi terasa lebih mudah.

  • Menyolder komponen ulang

Terkadang ditemui kejadian bahwa kaki-kaki perangkat elektronik tidak merekat dengan kuat sehingga menyebabkan masalah pada ponsel. Untuk itu harus dilakukan penyolderan ulang agar bisa kembali merekat dengan kuat.

Ketika kamu melakukan penyolderan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena kesalahan kecil dapat berakibat cukup fatal. Kamu harus fokus ketika sedang melakukan penyolderan. Apalagi jika perangkat elektronik yang kamu perbaiki cukup rumit. Gunakan solder uap dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *