Wajib Tahu Istilah Tentang Android Supaya Tidak Gaptek

By | November 9, 2022

Dulu sebelum adanya smartphone, kita hanya mengenal SMS, MMS, Java dan sejenisnya. Perkembangan jaman yang begitu cepat dan tiba-tiba ada smartphone yang seratus persen lebih canggih daripada HP jadul. Bahkan sekarang fungsinya juga bukan cuma untuk komunikasi saja, sekarang semua bisa diakses dengan smartphone.

Android adalah salah satu operasi sistem yang paling populer untuk smartphone, walaupun masih ada OS lain seperti Apple’s iOS, Windows Phone, Symbian dan lain-lain.

Karena itu kamu wajib tahu apa saja istilah penting dari Android, bukan hanya untuk sekedar pengetahuan tapi juga supaya kedepannya tidak tertipu saat membeli smartphone baru. Karena beberapa spesifikasi menggunakan istilah rumit dan biasanya merupakan singkatan dari bahasa inggris, sebelum mengetahui lebih lanjut tentang istilah yang ada di android, baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa android itu sendiri.

Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh google yang berbasis Linux. Sistem operasi android dirancang dengan kode sumber terbuka, yang artinya pengguna dapat mengembangkan sistem operasi ini. Android secara khusus diracang untuk perangkat seluler yang menggunakan touchscreen. Dalam hal ini maka kita bahas istilah android yang paling umum terlebih dahulu.

1. Fast Charging : Teknologi android yang dirancang pada pengisian daya dapat lebih cepat, sehingga pengguna tidak memerlukan waktu yang lama.

2. Quad Camera : Teknologi android yang berfokus pada kamera bersusun, diantaranya ada kamera utama, kamera ultrawide dan sebagainya.

3. Dual Band : Teknologi android yang berfitur pada 2 gelombang radio, berfungsi untuk mengurangi drop call dan gangguan network busy.

4. Wireless Charging : Teknologi pengisian daya tanpa kabel

4. Reverse Charging : Teknologi android yang memungkinkan dapat mengisi daya pada perangkat lain yang lebih kecil, contohnya smartwatch bahkan ponsel lain.

5. Dual Mode : Teknologi android meyediakan 2 slot sim card dengan sistem berbeda seperti CDMA dan GSM, namun sekarang sudah jarang atau bahkan ada sistem CDMA

6. Dual On : Teknologi android menyediakan 2 slot sim card yang bisa digunakan GSM – CDMA, atau GSM – GSM, dan sistem bisa digunakan dua-duanya tanpa ada tempat kusus.

7. Flight Mode : Teknologi mode android yang menutup akses komunikasi tapi masih bisa dibiarkan menyala

8. GPS : Teknologi sistem navigasi yang digunakan untuk mengetahui suatu lokasi.

9. Low Batt : Istilah yang digunakan pada saat baterai akan segera habis bahkan akan mati

10. Mega-Pixel : Satuan dalam ukuran gambar

11. Qwerty : Peletakan huruf sama dengan keyboard komputer

12. Roaming : Penggunaan diluar area seperti menerima/melakukan panggilan akan dikenakan tarif tertentu

13. Bootloop : Kondisi HP hanya muncul logo

14. G (Generation) : Teknologi digital seluler, yang biasa kamu ketahui sebagai 2G/3G/4G

14. LTE (Long Term Evolution) : Merupakan satuan standar jaringan akses data melalui jaringan nirkabel tingkat tinggi.

15. Captcha : Proteksi keamanan dengan autentifikasi tanggapan berupa huruf dan angka untuk membuktikan bahwa pengguna bukanlah robot.

16. Water Resistant : Teknologi smartphone yang memungkinkan dapat bertahan dalam air sedalam 1,5 meter selama kurun waktu kurang lebih 30 menit.

17. EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution)  : Kecepatan transfer data sisterm wireless GSM yang mencapai 384 Kbps

18. Gateway : Istilahnya adalah pintu dimana diatur tempat keluar-masuknya informasi data dan memfilter pengakses informasi tersebut

19. Processor : Sistem yang mengontrol data, kerap ditemui di komputer. Namun HP juga menggunakan processor

20. Finger Print : Teknologi keamanan yang berupa sensor sidik jari.

Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu kamu dalam segala hal tentang android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *