Tips Jitu Untuk HP RAM Kecil, Wajib Kamu Coba !

By | November 1, 2022

RAM (Random Access Memor) berfungsi menyimpan data dari aplikasi yang sifatnya sementara, RAM menyimpan data acak dan berubah-ubah sesuai kebutuhan proses pengguna. Dan dari setiap aplikasi menggunakan ruang RAM yang berbeda-beda, oleh karena itu semakin banyak aplikasi yang dijalankan atau dipasang maka akan semakin banyak pula membutuhkan ruang memory tersebut. Pada penggunaan HP, RAM ini andil dalam aktivitas multitasking yang begitu cepat daripada laptop. Kita dapat streaming video sambil membalas chat, bermain game lalu pindah ke aplikasi lain, atau video call, dan sebagainya. Akivitas ini dapat memperlambat kinerja HP jika ruang memory hanya tersisa sedikit, karena secara langsung sistem akan secara bergantian menggunakan memory yang tersisa tersebut. Maka semakin besar kapasitas memory-nya akan semakin lancar pula kinerja HP kamu. Beberapa Tipe HP mungkin memiliki keterbatasan dalam segi RAM ini, biasanya dibatasi oleh harga yang tidak terjangkau dengan kantong kita. Sehingga kita lebih baik memilih yang sesuai dengan budget. Tapi seiring berjalannya penggunaan, kamu mengeluhkan memory yang cepat habis lalu berdampak pada penggunaan yang sering kali lemot dan panas.

Kami akan ulas beberapa penyebab RAM cepat penuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memaksakan HP tidak sesuai spesifikasi, seperti mengedit video yang sangat panjang sehingga sangat berat untuk HP, misalnya lagi bermain game yang grafiknya sangat bagus. Hal ini dapat mengurangi performa HP karena berimbas langsung pada RAM yang sedang digunakan. Akibatnya HP menjadi cepat panas dan merusak jika berkelanjutan terjadi.
  • Aplikasi yang sedang berjalan, yang dimaksud disini adalah yang berjalan di latar belakang. Walaupun seperti sedang tidak digunakan atau tertutup, tapi pada dasarnya aplikasi ini sedang berjalan guna mengirimkan informasi kepada pengguna. Baiknya kamu mematikan aplikasi ini lewat menu “Pengaturan”.
  • Aktivitas Pengguna Yang berlebihan, karena HP sangat bisa melakukan multitasking. Biasanya para pengguna menjadi tidak sabar dan memakai aplikasi secara cepat. Tanpa kamu sadari, hal ini meyebabkan RAM cepat penuh. Bahkan lebih daripada itu dapat menyebabkan HP Lag dan macet, atau keluar aplikasi secara tiba-tiba.
  • Aplikasi HP bawaan, jika kamu belo HP baru pasti banyak aplikasi yang sudah ada di dalam HP barumu. Kamu dapat menghapus beberapa yang tidak kamu pakai dan tidak begitu berguna di HP dan akan memperbanyak ruang RAM
  • File cache yang menumpuk juga mengurang ruang gerak RAM

Dengan ini kamu juga dapat menyimak bagaimana mengatasi RAM yang cepat penuh

  1. Mencopot Aplikasi yang tidak digunakan dapat membantu melegakan RAM, kamu harus selektif dan memilih aplikasi yang mana saja yang kamu butuhkan. Jika bisa, kamu hanya boleh pasang 1 aplikasi game saja.
  2. Pasang Aplikasi Cleaner/ Booster, untuk yang satu ini masih pro dan kontra. Ada yang ini dapat mempercepat HP kamu namun sebagian orang menganggap ini hanya menambah beban RAM saja karena tidak benar-benar “menghapus”/”mempercepat” HP. Tapi apa salahnya jika dicoba terlebih dahulu.
  3. Sering menutup recent apps, karena suatu aplikasi yang sudah digunakan masih menyimpan data sementara di RAM.
  4. Restart ulang, cukup efekif  mengatasi masalah lain seperti HP lag/macet, crash dan sebagainya.
  5. Menghapus data sementara secara rutin dan berkala, kamu bisa mengaksesnya lewat pengaturan, buka aplikasi yang memiliki banyak cache dan hapus satu per satu.

Kamu bisa coba 5 hal diatas agar tidak risau lagi dengan RAM yang semakin hari semakin tipis dan merimbas pada penggunaan HP yang tidak nyaman lagi. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *