Begini Cara Smartphone Error Tidak Bisa Memutar Media

By | November 9, 2022

Smartphone yang kita ketahui sekarang tidak hanya digunakan untuk komunikasi saja, banyak hal baik yang bisa kita manfaatkan dari menggunakan smartphone. Misalnya saja bekerja, sekolah dan sebagainya, karena smartphone sangat diandalkan multitaskingnya, selain digunakan dua hal yang sebelumnya sudah disebutkan. Kita biasanya sekaligus menyalakan fitur lain seperti mendengarkan musik dan menonton video baik streaming ataupun play video saja. Namun ada beberapa keluhan dari pengguna, diantara dari mereka tidak bisa memutar musik ataupun video, padahal mungkin saja mereka lagi suntuk dan need something fresh, healing dengan cara  mendengarkan musik dan menonton video jadi semakin badmood karena error ?

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tidak bisa memutar media di smartphone, kamu bisa menyimak beberapa dibawah ini dan cara mengatasinya.

  • Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa kamu punya sambungan internet yang memadai saat kamu streaming musik atau video online. Ini hanya untuk memastikan kemungkinan pengguna lupa.
  • Periksa kecepatan internet setelah memastikan cara pertama. Kasus ini masih tentang streaming yaa.. Jadi ketika kita menonton video online biasanya tersedia dalam beberapa kualitas, nah ini ada hubungannya dengan kecepatan internet. Semakin besar kualitas video yang kamu putar maka membutuhkan jaringan internet yang bagus pula, dari sini kamu harus bijak ya.
  • Hapus cache sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone, cache sering menjadi biang masalahnya. Pada dasarnya cache adalah file sampah yang sebaiknya rutin kamu hapus, karena jika dibiarkan menumpuk dapat memenuhi memory yang berdampak langsung pada kecepatan smartphone itu sendiri. Sehinga cepat panas, bisa membuat lemot dan memicu error pada saat memutar musik atau video.
  • Aplikasi musik/video yang bermasalah, beberapa aplikasi yang masih beta akan segera dihapus legalnya oleh playstore, ada juga beberapa aplikasi yang tadinya tersedia di playstore lalu ada masalah dan dihapus kembali oleh playstore. Kamu harus mengecek ini ya, jika terbukti bermasalah. Uninstall lalu restart smartphone kamu dan pasanglah aplikasi yang legal dari store.
  • Aplikasi streaming yang belum di update juga dapat menyebabkan tidak bisa digunakan, jadi jangan lupa update. Hal ini dapat ditandai dengan aplikasi yang tiba-tiba berhenti dan erorr.
  • Media yang rusak tentu tidak dapat di putar, kamu perlu memeriksanya di file manager. File ini tetap ada disana tetapi dalam bentuk corrupt dengan ukuran 0 KB. Menjadi pengingat bahwa harus mendownload di web resmi, biasanya web ilegal selain file-nya dapat rusak biasanya membawa virus juga untuk smartphone dan kemudian bisa menjalar jadi permasalahan lainnya.
  • Perbarui sistem smartphone kamu yang mungkin usang, sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal seperti yang kamu harapkan. Memperbarui sistem sangat penting untuk pengguna selain demi kenyamanan ini juga mempanjang umur smartphone kamu karena sering diperbarui dapat menghapus malware yang sebelumnya bersembunyi.
  • Memasang aplikasi tambahan, jika memang ada faktor lain yang tetap tidak bisa memperbaiki masalah tidak bisa memutar video. Ini bisa disebabkan oleh format video yang akan kamu putar, mungkin smartphone kamu tidak memadai untuk memainkan video dengan fromat tersebut. Kamu bisa memasang aplikasi seperti VLC Player, MX Player dan sejenisnya. Kamu mungkin tidak asing dengan aplikasi tersebut karena sebelumnya sudah banyak digunakan untuk perangkat Komputer/PC.

Beberapa cara diatas bisa dicoba saat kamu mengalami kesulitan, semoga bisa memantu kamu agat menurangi frustasi karena smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *