Tips Untuk Pengguna Android TV Menjadi Lemot

By | November 25, 2022

Sudah beberapa tahun lalu sejak TV Tabung tidak lagi menarik pasar, digantikan dengan TV Layar Datar yang secara fisik banyak sekali kelebihannya. Tenologi yang dipakai oleh TV Tabung adalah Tabung Sinar Katode / Cathode Ray Tube (CRT) dan sudah ada yang berlayar datar, yang dimaksud dalam konteks ini adalah TV dengan perangkat fisik yang tipis. TV ini biasa disebut TV LCD/ TV LED, secara output gambar TV Tabung tidak kalah dengan TV LED karena TV Tabung juga ada yang berteknologi LED. Lantas mengapa TV Tabung sekarang minatnya berkurang? Mari berbicara dari hal yang paling kasar yang dapat ditangkap oleh mata indra kita yaitu pada tampilam TV LED yang lebih elegan. Lalu pada segi penempatan TV LED yang lebih efisien karena bisa digantung di tembok, tidak menganggu pemandangan, jika diletakkan pada meja pun tetap terlihat bagus, sedangkan pada TV Tabung memerlukan banyak ruang pada penempatannya. Lalu pada TV Tabung juga ada keterbatasan berupa keterbatasan ukuran layar, dan TV Tabung memakan banyak listrik. Mungkin faktor-faktor itulah yang menyebabkan TV Tabung berkurang peminatnya dan beralih pada TV LED / LCD. Dengan adanya TV LED / LCD ini dilengkapi banyak input port, bisa menggunakan port HDMI, port Kabel RCA, port USB, dan lain-lain sehingga TV ini disebut mendukung menjadi Smart TV. Setelah munculnya Smart TV, ada teknologi turunan bernama Android TV dimana kedua TV ini sama-sama bisa dihubungkan ke jaringan internet. 

Melalui ini maka TV bisa disambungkan dengan TV BOX Android, dimana dapat menambah banyak fitur di dalamnya. Android TV ini memungkinkan TV bisa digunakan pengguna seperti layaknya HP Android, karena di dalamnya ada playstore yang dapat memasang aplikasi yang di program kusus untuk HP, menonton Youtube, Streaming Film, dan sebagainya. Layaknya HP Smartphone, terkadang Android TV ini juga dapat mengalami beberapa kendala simpel yang sering terjadi pada pengguna, jadi inilah beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan Android TV di Rumah kamu. 

Masalah pada Android TV yang lemot memang menjadi hal yang lumrah karena mungkin TV perlu di istirahatkan, biasanya karena TV bisa mengakses Youtube membuat kita lupa waktu apalagi untuk tontonan anak-anak di rumah biar mereka bisa di awasi. Jadi hal pertama yang kamu perlu lakukan saat Android TV lemot adalah mematikan TV selama beberapa waktu agar bisa kembali pada performa yang normal. Namun jika masih belum bisa, kamu coba langkah-langkah dibawah ini karen mungkin ada yang menyebabkan Android TV Lemot tapi di luar dari penggunaan yang berlebihan : 

  • Pada Home Android TV klik menu “Setting / Setelan” yang terletak di sudut kanan atas 
  • Lalu pilih “Preferensi Perangkat” dan kemudian klik “Tentang” 
  • Pilih “Build” dan tekan sebanyak dua kali secara cepat menggunakan Remot TV agar pengguna dapat berperan sebagai Pengembang atau Pengatur pada Android TV tersebut. 
  • Kembali pada pilihan “Opsi Developer”, dengan begitu kamu bisa mengatur beberapa fitur Android TV, misalnya saja pada skala tampilan yang terlalu besar atau pada kualitas gambar yang sangat besar sehingga menyebabkan lemot saat penggunaan Android TV. Dan juga mematikan fitur yang memberatkan, misalnya menggunakan screen saver atau ada koneksi langsung dari HP Android pada TV yang belum diputuskan bisa membuat Android TV menjadi lemot. 

Nah itulah tips yang dapat kami berikan agar Android TV kamu bisa disesuaikan dengan penggunannya. Semoga membantu… 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *