Tips Mengoptimalkan Kinerja HP Android

By | November 25, 2022

Kelebihan android sebagai penunjang kebutuhan masa kini menjadi andalan setiap aspek kehidupan, selain untuk alat komunikasi terkadang HP Android juga dapat digunakan untuk bekerja dan bahkan kebutuhan sekolah. Dengan ini maka Andorid sangat di butuhkan untuk berjalan dengan optimal agar aktivitas tersebut tidak terganggu, maka kami akan memberikan sejumlah tips mengoptimalkan Android kamu. 

Mengoptimalkan HP Android guna WFH (Work From Home) 

WFH sering diterapkan sejak terjadinya Pandemi Covid-19 untuk upaya menekan penularan virus yang sangat cepat. WFH merupakan pemindahan sistem bekerja di kantor menjadi akses ruang pribadi dimana itu adalah di rumah masing-masing, sehingga akan memutus rantai penularan covid-19. Menerapkan WFH pasti awalnya sangar sulit karena tidak terbiasa, ada satu atau dua hal yang pastinya menjadi masalah, misalnya mungkin beberapa berkas masih ada yang dikantor. Tapi manusia secara alami dapat beradaptasi dengan baik dan bekerja merupakan kewajiban kita sebagai karyawan. Untuk WFH tidak hanya memerlukan PC terkadang beberapa kali juga menggunakan HP, oleh karena itu kami memberikan beberapa tips agar HP kinerjanya menjadi optimal sebagai alat penunjang pekerjaan. 

  • Mengatur Jadwal/ Pengingat 

Dengan HP Android kamu bisa membuat reminder di catatan harian yang ada, bisa berisi jadwal catatan kecil pengingat dan lain-lain, bahkan kamu bisa membuatnya di alarm jika ada batas waktu pada hari-hari tertentu. Di play store juga tersedia aplikasi jurnal harian yang bisa kamu unduh dan dipastikan akan lebih terjadwal dari pada menggunakan mandiri pada sistem HP. 

  • Download aplikasi yang diperlukan 

Fungsi utama pada HP merupakan alat komunikasi, dengan ini maka dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berkomunikasi antar tim atau devisi perusaat. Kamu dapat mengunduh aplikasi penunjang pekerjaan di play store sepeti Zoom dan Google Meet agar komunikasi tentang pekerjaan tidak terputus, Aplikasi berbasis teks seperti Microsoft, berkirim berkas atau data melakui E-mail dan Penyimpanan Awan seperti Google Drive. Perlu diperhatikan saat WFH, sebagai karyawan kamu wajib menjaga kerahasiaan semua cyber yang berhubungan langsung dengan perusahaan untuk bukti kredibilitas sebagai karyawan yang profesional. 

  • Membatasi aplikasi 

Untuk menjaga pekerjaan tetap optimal saat jam kerja, membatasi aplikasi yang tidak ada hubungannya dengan aktivitas ini tentu perlu. Kamu bisa mengatur batas guna aplikasi agar tidak memakan banyak RAM karena Aplikasi bekerja di belakang kamu bisa mengaturnya pada setelah aplikasi. Misalnya saja membuka media sosial sesekali tidak jadi masalah namun jika terlalu lama akan menganggu aktivitas bekerja, jadi akan lebih baik di batasi saja selama jam kerja. 

  • Gunakan perangkat tambahan 

Ini dilakukan agar tidak menganggu aktivitas, perangkat tambahan yang dimaksud disini seperti headset atau headphone. Lebih baiknya menggunakan yang nirkabel karena kita jadi tidak ribet dengan gulungan kabelnya, untuk rapat daring juga jadi lebih praktis apalagi untuk telepon. Untuk mengisi daya akan lebih praktis menggunakan wireless charger juga.  

  • Atur kecerahan layar  

Karena durasi waktu yang cukup lama saat kita bekerja menggunakan perangkat elektronik, baik HP maupun PC/Laptop perlu menjaga kecerahan layar demi kepentingan kesehatan mata. Tingkat kecerahan layar tidak boleh terlalu cerah dan tidak boleh terlalu gelap agar mata kita tidak bekerja terlalu keras. Oleh karena itu pada siang hari, saat bekerja dianjurkan mengaktifkan mode gelap dan membuat kecerahan otomatis pada layar, ini berlaku juga pada PC. 

Itulah sedikit informasi yang dapat kami berikan soal tips mengoptimalkan kinerja HP saat WFH bersumber dari djkn.kemenkeu, Semoga membantu kamu dan tetap sehat selalu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *