Ini Rekomendasi Aplikasi Untuk Mahasiswa Agar Semakin Rajin

By | November 29, 2022

Sebagai mahasiswa pada masa kini pasti tidak bisa lepas dengan yang namanya smartphone, sebenarnya bukan cuma mahasiswa saja yang membutuhkan tapi hampir semua lapisan masyarakat. Bahkan smartphone bisa menjadi ladang usaha melalui jualan online, sesimpel memberikan jasa pembayaran listrik, air dan pulsa. Jadi pada pekerja atau mahasiswa, tentunya berperan sangat penting. Karena teknologi semakin maju, kita sebagai pengguna juga baiknya memiliki pemikiran yang bagus kedepannya dengan cara memanfaatkan perangkat teknologi yang tersedia sekarang, khusunya untuk mahasiswa agar dapat menunjang akademisnya secara maksimal. Oleh karena itu kami merekomendasikan beberapa aplikasi bermanfaat yang dapat digunakan oleh mahasiswa.

  1. Sistem Bahasa Asing 

Beberapa mata kuliah biasanya menggunakan bahasa asing pada istilah-istilah tertentu, khususnya bahasa inggris. Namun bahasa inggris yang digunakan biasanya dalam konteks dengan program studi yang diambil mahasiswa tersebut, sehingga kita tidak paham karena bukan bahasa inggris conversation. Untuk membantu hal ini, kamu bisa mengunduh aplikasi yang disediakan play store, diantaranya adalah : 

Duolingo, aplikasi ini menyediakan pembelajaran berdasarkan level sehingga kemampuan berbahasa asing kamu akan upgrade sesuai dengan tingkatan yang di buat oleh duolingo. Memiliki fitur yang menarik berupa audio dan visual yang memudahkan penggunanya sehingga belajar lebih menyenangkan. Selain bahasa inggris kamu juga bisa belajar bahasa lain seperti Prancis, Portugal, Belanda, Italia, Jerman sampai bahasa Korea.  

Oxford English Dictionary, karena ini adalah lingkup perkuliahan. Maka kamu akan berusan dengan bahasa inggris yang lebih dalam. Tidak hanya bisa menggunakan google translate, tapi memerlukan kamus profesional seperti kamus bahasa inggris oxford yang tersedia di playstore.  

  1. Referensi  

Saat di bangku perkuliahan kita tidak bisa sembarangan menggunakan sumber yang tidak jelas sebagai referensi materi yang kita pelajari. Bahkan beberapa dosen meminta daftar isi dari sumber legal yang bisa ditanggung jawabkan. Seiring dengan berkembangnya teknologi maka kita bisa mencari referensi bukan dari buku saja, karena terkadang masalah pada perpustakaan kampus yang tidak memiliki buku yang kita cari. Oleh karena itu, mahasiswa banyak membeli e-book yang resmi dimana biasanya harganya lebih murah daripada buku fisik, mengingat kebanyakan dari mahasiswa tentu menghemat karena belum bekerja dan masih menjadi tanggungan orang tua. Dengan ini maka akan kami rekomendasikan aplikasi guna mencari referensi yang tersedia di play store, diantaranya adalah : 

iPusnas merupakan perpustakaan digital yang bisa digunakan untuk mencari referensi dan bahan-bahan perkuliahan secara mudah hanya dengan sign up melalui e-mail atau akun facebook yang membawa kamu pada akses e-book yang tersedia di aplikasi ini. 

Scribd merupakan platform penyedia layanan berbagi karya tulisan bersifat ilmiah yang bisa kamu gunakan sebagai refensi bahan kuliah. Biasanya scribd diakses lewat website, namun sekarang ada aplikasinya di play store, loh. Segera pasang di smartphone kamu! 

Gramedia Digital sama lengkapnya dengan store online, tapi dengan bantuan aplikasi kamu tidak perlu repot-repot pergi kesana karena mungkin tidak punya banyak waktu kan? Kamu bisa membeli e-book di sini dengan harga yang rekatif lebih murah daripada buku fisiknya. 

  1. Sistem Penyimpanan 

Dulu kita masih sering menggunakan flash disk sebagai tempat penyimpanan data berformat apapun untuk aspek akademia seperti sekolah dan kuliah. Namun ada beberapa risiko yang bisa terjadi jika menggunakan flash disk, salah satunya jika terkena virus bisa menghilangkan data yang disimpannya. Sekarang sudah tersedia penyimpanan awan yang tidak perlu ada perangkat kerasnya, dan bisa berbagi hanya menggunakan link atau sesama pengguna aplikasinya. Dibawah akan kami sebutkan langsung karena kurang lebih akses dan fungsi penggunaanya sama. 

Google Drive bisa digunakan untuk setiap akun google yang kamu buat, setiap akun menyediakan sebanyak 15 GB penyimpanan. 

Dropbox merupakan aplikasi serupa dengan google drive, namun lebih serunya jika digunakan kepentingan kelompok. Dimana sesama pengguna dengan muda mengakses file pengguna lain 

OneDrive memiliki kesamaan dengan Dropbox dan Google Drive yaitu layanan penyimpanan awan yang di buat oleh microsoft. Kamu bisa mengaksesnya lewat outlook yang diakan windows. 

iCloud merupakan layanan storage yang dikhususkan untuk pengguna Mac dan iOS. Semua perangkat yang tersambung pada akun akan otomatis tersambung sebagai back up data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *