Penyebab Dan Cara Mengatasi Force Close

By | October 29, 2022

Force Close atau yang sering disebut sebagai Crash adalah keadaan dimana tiba-tiba aplikasi yang sedang dijalankan HP menutup dengan sendirinya. Munculnya pesan dengan kalimat “Sayangnya (nama aplikasi) Telah Berhenti.” kita sebagai penggunanya mau tidak-mau harus menekan “Ok” karena memang aplikasinya tidak bisa diakses, otomatis aplikasi tersebut langsung menutup.  Hal ini umumnya terjadi pada aplikasi yang memiliki ukuran besar seperti Media Sosial dan Game, kita sebagai pengguna pasti dibuat kesal kan? Kalau-kalau ada saat kita sedang Push Rank lalu  terjadi crash bisa bikin stress banget kan? Atau lebih parahnya waktu digunakan untuk kerja dan belum menyimpan file terbarunya, bisa gawat ini.

Banyak dari pengguna yang bingung kenapa hal ini bisa terjadi, merasa tidak ada yang salah dengan HP-nya karena mungkin dicoba pada aplikasi lain masih baik-baik saja. Ada beberapa faktor yang dapat meyebabkan force close, mari kita ulas beberapa dibawah ini.

  • Aplikasi Bermasalah, dalam hal ini mungkin terdapat bug pada aplikasi. Bug sendiri adalah kerusakan atau kecacatan teknis yang ada dalam sebuah aplikasi yang menyebabkan terjadinya malfungsi. Bug ini menyebabkan terjadinya kekacauan informasi pada fitur aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu bisa terjadi force close pada HP.
  • Masalah pada RAM yang terlalu penuh, setiap aplikasi memiliki memori yang digunakan untuk bergerak memproses informasi yang kamu perlukan. Jika terlalu penuh, maka dia tidak akan bisa melakukan tugasnya dengan baik dan dapat menyebabkan aplikasi berhenti tiba-tiba
  • Cache menumpuk dapat memperlambat kerja suatu aplikasi. Karena cache pada dasarnya adalah file sementara dari permintaan yang sebelumnya telah dilakukan, cache memakan memori hp dan penyimpanan yang dapat mengurangi gerak aplikasi di HP.

Dari penjabaran diatas kamu dapat mengetahui apa sebab-sebab yang menyebabkan HP terjadi crash atau force close, yaitu bisa dari aplikasinya sendiri atau faktor kecil dari terlalu penuhnya RAM dan File Sampah. Tapi kamu jangan risau selain ulasan penyebab adanya force close, kami juga akan memberitahu cara agar kamu bisa memperbaiki masalah ini tanpa adanya pihak ke-3, jadi lebih hemat kamu gak perlu mengeluarkan uang lebih buat servis deh, coba simak dibawah ini…

1. Hentikan Aplikasi Yang Bermasalah

Ini merupakan cara paling mudah untuk kamu mengatasi masalah force close dengan mengentikan paksa aplikasinya. Kamu bisa buka menu setting/pengaturan > Aplikasi, lalu cari nama aplikasi yang dimaksud > buka > tekan Paksa Berhenti.

2. Menghapus dan Install Ulang Aplikasi

Poin ini berkesinambungan dengan yang pertama, jika belum berhasil. Kamu uninstall terlebih dahulu aplikasi yang dimaksudkan lalu kemudian pisa pasang/install kembali. Ini akan mengembalikan aplikasi itu seperti semula.

3. Update Aplikasi

Memperbarui aplikasi dapat kamu lakukan sebelum uninstall yaa, kasus ini adalah cara menangani aplikasi yang sebelumnya ada bug. Dengan memperbarui aplikasi, fitur yang sebelumnya rusak dapat diperbaiki oleh sistem aplikasi yang terlah diperbarui. Ini juga membantu agar aplikasi berjalan lebih ringan.

4. Membersikan Data dan Membersihkan Cache

Pada aplikasi yang mengalami force close, kamu bisa menghapus datanya. Ini jadi inisiatif lain daripada kamu hapus uninstall aplikasinya. Perlu diingat membersihkan data aplikasi akan menghapus data sebelumnya jadi lebih baik kamu backup terlebih dahulu. Lalu pada cache disarankan untuk membersihkannya secara rutin, maka masalah-masalah yang terjadi akibat cache terlalu menumpuk dapat teratasi.

5. Reboot HP

Cara sederhana lain yang dapat kamu lakukan ialah me-reboot/ me-restart HP, karena HP diperkirakan bisa kembali “ringan” sehingga bisa mengatasi masalah eksternal force close selain dari kesalahan aplikasinya.

6. Factory Riset

Jika lima cari diatas belum bisa mengatasi masalah force close, maka kamu bisa melakukan factory riset. Kamu bisa menemukan opsi ini pada menu Pengaturan yang ada di HP kamu. Namun perlu diingat, factory riset beresiko karena menghapus semua data yang sebelumnya pada HP. Kamu harus mengeluarkan Memory Card dan Sim Card, lalu mem-backup data agar file-file penting tidak hilang.

Jadi itu adalah cara kamu bisa mengatasi solusi masalah force close, semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *