Tips Dalam Membuat Power Supply Hp Sendiri di Rumah

By | October 28, 2021

Ketika kamu tidak memiliki power supply HP kamu dapat membuatnya sendiri. Power supply merupakan perangkat komputer yang berguna untuk mengalirkan arus pada komponen-komponen lain.

Barang satu menjadi komponen wajib bagi seorang teknisi ponsel. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan power supply, seperti misalnya mengubah arus AC menjadi arus DC, menurunkan tegangan, menstabilkan tegangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebenarnya saat ini sudah banyak sekali brand power supply di pasaran. Harganya juga cukup variatif, tergantung dari spesifikasi dan juga mereknya.

Akan tetapi untuk dapatkan power supply berkualitas dari merk terkenal mungkin harganya cukup mahal. Barang satu ini sangat berguna bagi seorang teknisi ponsel.

Keberadaannya dapat membuat pekerjaan seorang teknisi menjadi lebih mudah. Tanpa keberadaan alat ini seorang teknisi akan kesulitan untuk mengetahui penyebab dari kerusakan ponsel.

Salah satu kegunaan power supply HP yaitu untuk mendeteksi penyebab terjadinya kerusakan. Penyebab terjadinya kerusakan tentu sangat bermacam-macam, oleh karena itu membutuhkan sebuah alat untuk melakukannya agar menjadi lebih mudah.

Jika kamu tidak memiliki uang untuk membeli power supply, tenang saja kamu dapat membuatnya sendiri. Membuat power supply sendiri bisa menjadi cara alternatif bagi kamu untuk memperbaiki ponsel yang rusak.

Apabila terdapat saudara atau teman dekat yang memiliki kemampuan untuk membuat power supply sendiri, sebaiknya kamu minta untuk diajari. Hal tersebut akan membuat keamanan lebih terjamin, daripada kamu mencoba-coba membuat tanpa bimbingan dari orang yang sudah mengerti.

Tips Dalam Membuat Power Supply HP

Membuat power supply jelas tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Untuk mendapatkan hasil yang baik kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik juga.

Bahan-bahan yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa tips dalam membuat power supply sendiri.

  1. Menyiapkan charger laptop yang sudah tidak terpakai

Charger laptop memiliki tegangan dan arus yang cukup mumpuni untuk dijadikan sebagai power supply, tegangan charger laptop biasanya 19 volt dan arusnya 3,4 ampere. Jumlah tersebut cukup mumpuni untuk menghidupkan perangkat-perangkat elektronik.

  • Menggunakan dua kabel dengan warna berbeda

Kamu perlu menyiapkan kabel dengan warna hitam dan juga merah. Hal tersebut sangat berguna agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam melakukan rangkaian.

Warna merah digunakan untuk menandakan kabel positif. Sedangkan warna hitam digunakan untuk menandakan kabel negatif.

  • Menyiapkan modul step down DC to DC

Untuk mendapatkan hasil yang baik kamu dapat menggunakan modul step down LM2596 yang sudah menggunakan voltmeter. Kegunaan voltmeter ini sangat penting, yaitu digunakan untuk menampilkan tegangan pada power supply HP yang akan dibuat.

  • Menyiapkan dua kabel capit buaya

Kabel ini akan digunakan sebagai output dari power supply. Kabel capit buaya Ini harus dihubungkan dengan modul LM2596 agar bisa digunakan untuk menghidupkan komponen-komponen elektronik lainnya.

  • Melakukan perakitan semua komponen dengan baik dan benar

Ketika sedang melakukan perakitan kamu harus fokus. Kamu tidak boleh melakukan kesalahan ketika melakukan perakitan, karena hal ini cukup berbahaya. Lakukan langkah demi langkah dengan teliti, jika sudah selesai periksa lagi rangkaiannya sudah benar atau belum.

Ketika akan membuat power supply sendiri, alangkah baiknya kamu mengikuti tutorial dari internet. Saat ini sudah banyak sekali tutorial yang membahas mengenai pembuatan power supply sendiri, baik itu berupa video atau juga teks. Kamu dapat memilih tutorial sesuai dengan keinginan. Hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kesalahan ketika sedang membuat power supply HP sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.