Terapkan Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Baterai iPhone Stabil

By | January 28, 2023

Sudah menjadi rahasia umum saat iPhone merupakan perangkat yang boros baterainya, berbeda dengan pesaingnya yaitu android yang memiliki ketahanan daya lebih lama. Namun tetap saja kedua jenis smartphone ini tidak bisa dibandingkan satu sama lain, karena masing-masing telah memiliki market share-nya yang sudah sesuai selera penggunannya. Dalam iPhone terdapat fitur Battery Health, dimana pengguna bisa mengetahui status kesehatan baterai dalam perangkat yang ia gunakan. Fitur ini tidak dapat kamu temukan pada android karena merupakan besutan milik Apple. Dari baterai iPhone maupun Android sama-sama memiliki ketahanan kesehatan yang rentan karena seiring jangka waktu pemakaian akan mengurangi perfoma baterai itu sendiri. Mungkin kamu merasakan sebagai pengguna smartphone yang sama selama bertahun-tahun, yang awalnya smatphone bertahan selama 6 jam dari daya penuh sekarang berkurang menjadi hanya 4 jam saja.

Sebagai pengguna iPhone, kamu diuntungkan dengan adanya Battery Health ini, awalnya presentasenya adalah 100% namun secara tidak sadar ketika kamu cek dalam penggunaan mungkin 1 tahun menjadi 80%. Artinya kesehatan baterai iPhone kamu sudah menurun dan jika sudah mencapai 80% pengguna wajib berhati-hati karena secara langsung akan mempengaruhi perfoma perangkatmu pula, sudah pasti efek yang paling terasa ialah penggunaan daya yang semakin cepat habis. Persentase 80% sebenarnya status normal baterai suatu perangkat iPhone namun jika diulas kembali yang tadinya 100% dan berkurang sebanyak 20% dengan jangka waktu penggunaanmu, tidak akan menutup kemungkinan persentase dari 80% bisa berkurang seiring berjalannya waktu. Nah dari sini kamu harus waspada karena status baterai dibawah 80% maka perangkatmu mengalami penurunan signifikan dan persentase ekstrem kesehatan baterai ialah 60%, jika menyentuh angka ini maka iPhone milikmu akan mengalami banyak efek buruk seperti kecerahan layar berkurang, mengalami lag, dan iPhone dapat mati secara tiba-tiba. Jika tidak ingin baterai menjadi masalah yang dapat merusak perangkat lain baiknya kamu segera menggantinya.

Apa saja sih yang dapat menyebabkan pengurangan drastis pada kesehatan baterai? Sebenarnya faktornya bisa dari banyak hal, kami akan mengulas beberapa diantaranya.

  • Penggunaan iPhone pada tempat bersuhu tinggi, suhu berkisaran 16°C – 22°C merupakan suhu ideal penggunaan alat elektronik tentunya smartphone termasuk. Sehingga ini tidak hanya berlaku pada iPhone namun Gadget yang lain pula. Karena jika suhu panas atau katakan saja digunakan dibawah terik matahari langsung selama beberapa lama membuat perangkat menjadi panas pula dimana tentu saja akan berpengaruh langsung pada suhu baterai dan mempengaruhi tingkat kesehatannya pula.
  • Perangkat digunakan saat mengisi daya, hal ini juga tidak hanya berlaku pada iPhone. Namun juga pada Android dan smartphone lain. Tidak hanya mengurangi kesehatan baterai dengan menggunakan perangkat saat diisi daya, berdampak pada komponen lain sehingga perfomanya dapat menurun terus-menerus.

Untuk mengurangi resiko penurunan kesehatan baterai pada iPhone, kamu bisa melakukan upaya dibawah ini yang berhubungan langsung dengan kebiasaan penggunaan smartphone itu sendiri. Jadi lebih baik kamu menerapkan hal ini sejak penggunaan awalnya.

  1. Selalu melakukan pembaruan sistem dari iPhone, karena dapat meningkatkan perfoma dan keamanan serta memperbaiki perangkat jika ada kesalahan. iOS biasanya memberikan upgrade sistem kurang lebih selama 6 bulan sekali.
  2. Menurunkan kecerahan layar dapat membantu perpanjang kesehatan baterai.
  3. Selalu gunakan charger Asli sehingga tidak merusak komponen dalam iPhone.
  4. Kamu hanya perlu mengisi daya hingga 80% saja dan segera isi daya jika baterai menunjukan persentase 20% jangan sampai drop.
  5. Gunakan dark mode agar hemat, mematikan animasi tidak perlu dan upaya lain yang digunakan untuk penghematan.
  6. Usahakan melepas case saat iPhone sedang mengisi daya agar temperatur perangkat bisa berjalan dengan baik.
  7. Jangan gunakan iPhone jika mengisi daya agar tidak memperberat kinerja perangkat.

Nah semoga dengan adanya solusi ini kamu dapat menjaga selalu kesehatan baterai iPhone milikmu sehingga tidak mengalami penurunan yang drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *