Penyebab iPhone Panas Saat Pengisian Daya Dan Solusinya

By | January 26, 2023

Seiring berkembangnya teknologi, gadget menjadi salah satu perangkat yang paling dibutuhkan seperti laptop/pc dan smartphone. Pengguna smartphone yang sekarang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya menjadikan bukti kalau semua lapisan masyarakat membutuhkannya, didalam smartphone ada sistem operasi yang menjalankan perangkat tersebut hingga melebihi fungsi semula yaitu fungsi komunikasi dan menjadikannya hingga disebut sebagai ponsel pintar. Nah sistem operasi mobile terbanyak hingga kini adalah Android yang dibesut oleh Google dan iOS dari Apple.

Jika dijelaskan secara singkat, Android merupakan sistem operasi yang bersifat terbuka dengan artian lain bahwa pengguna dapat memodifikasi dan menyesuaikannya sesuai keinginan. Sedangkan iOS memiliki sistem keamanan yang lebih rumit sedikit karena telah menyediakan sinkronasi dan sistem yang dikontrol oleh perusahaan yaitu Apple. Tanpa menyebutkan kekurangan dan kelebihan masing-masing sistem operasi, semuanya telah memiliki Market Share sediri baik Android maupun iOS.

Perlu diingat dari Android maupun iPhone juga memiliki keluhan dari pengguna yang dapat menjadi bahan evaluasi untuk perkembangan sistem itu sendiri. Dalam kasus ini kamu sebagai pengguna iPhone memiliki keluhan berupa suhu panas dari ponsel yang keluar saat melakukan pengisian daya. Namun tidak perlu panik dan takut perangkat ada rusak, kamu perli mempertimbangkan hal yang dapat menyebabakan masalah ini terjadi. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor entah dari pengguna atau sistem dalam ponsel tersebut. Suhu normal pada suatu perangkat iPhone berada diantara 0°C sampai 35°C, tentu saja secara alami suhu ruangan akan berpengaruh langsung pada suhu perangkat kamu jadi kamu perhatikan secara hati-hati. Adapun hal yang yang menjadi penyebab iPhone milikmu panas saat pengisian daya.

  1. Menggunakan iPhone saat diisi daya
    Hal simpel pertama yang perlu kamu perhatikan untuk menghindari suhu ponsel menjadi tinggi saat pengisian daya ialah jangan digunakan. Pada dasarnya alat elektronik juga memerlukan waktu untuk dapat beristirahat, oleh karena itu dalam waktu pengisian daya dianggap dapat menjadi waktu istirahat sebelum kamu akan menggunakannya kembali dari full baterai sampai akan diisi daya kembali. Lebih parahnya lagi jika kamu menggunakannya untuk bermain game dengan resolusi grafik tinggi, menggunakannya untuk telepon atau penggilan video, semuanya berpotensi membuat iPhone manjadi panas. Dan kamu juga harus tahu, jika iPhone mengalami panas seperti ini secara terus menerus tentu saja akan mempengaruhi perfoma dan kualitas penggunaannya, jadi harus diperhatikan.
  2. Terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan
    Aplikasi yang berat seperti game, aplikasi editor video dan foto yang masih berjalan sedikit banyak mengambil peran membuat iPhone yang sedang diisi daya menjadi panas, kamu perlu memastikan agar aplikasi tersebut sudah tertutup.
  3. Perangkat Fast Charging
    Tidak hanya rawan pada iPhone, sebenarnya fitur fast charging merusak kualitas baterai karena secara kerja memaksa perangkat menerima daya yang lebih banyak dari jumlah yang harusnya. Dengan ini akan berdampak langsung pada perangkatnya menjadi panas saat diisi daya, namun kamu jangan terlalu khawatir karena sudah menjadi evaluasi oleh vendori-vendor, kini fitur fast charging jika sudah memasuki daya sebanyak 80 persen makan akan diisi dengan kecepatan normal dan secara bertahap akan membuat perangkat mendingin. Dan ada tips tersendiri untuk kamu sebagai pengguna, baiknya melepas case iPhone agar sirkulasi suhu dalam ponsel menjadi stabil tanpa halangan dari casing tersebut.

Nah diatas telah diulas faktor yang memungkinkan sebagai penyebab iPhone panas saat diisi daya. Tidak lupa kami memberikan beberapa tips lain untuk upaya sirkulasi suhu perangkat sehingga tidak naik. Kamu dapat mengurangi tingkat kecerahan layar karena ini sangat membantu menurunkan suhu iPhone, mengaktifkan mode daya rendah juga dapat menjadi solusi bagi pengguna dimana tujuannya adalah guna mengungi aplikasi yang berjalan di latar belakang, untuk menghalangi sinyal dan gangguan lain dari luar kamu juga dapat mengaktifkan mode pesawat.
Dan jangan lupa selalu update iOS karena hal ini selain membantu meningkatkan perfoma iPhone namun juga membantu memperbaiki perangkat jika ada error atau bug.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *