App Store Lemot? Ini Solusinya

By | January 28, 2023

Seperti yang kita tahu penggunaan smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok, karena seiring berkembangnya zaman maka akan berkembang pula segala aspek yang mengikuti seperti teknologi dan cara hidup manusia. Pada tahap ini cara manusia berkomunikasi dibantu dengan teknologi menjadi mudah dan semakin meluas penggunannya, dan kemudian sampai pada hadirnya smartphone. Kenapa bisa dijuluki ponsel pintar ? karena smartphone memiliki kemampuan komputerisasi dan multiguna dimana juga membawa fitur yang mempermudah penggunannya melakukan apapun tanpa harus membawa perangkat gadget yang lebih besar lagi. Sehingga smartphone mampu mendukung segala aktivitas penggunannya selain pada aspek komunikasi saja, contoh lainnya dalam aspek pekerjaan dan edukasi.

Sama halnya dengan perangkat komputer, smartphone juga harus memiliki sistem operasi yang membuatnya mampu melakukan komputerisasi. Sampai saat ini sebenarnya banyak sistem operasi berbasis mobile yang hadir namun ada dua sistem operasi terpopuler saat ini, yaitu iOS dari Apple dan Android dari Google. Sampai saat ini mereka masih terus megembangkan fitur agar selalu bisa memuaskan pengguna. Kedua sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kembali lagi semua jatuh kepada selera dan pilihan pengguna.

Terkhusus kamu pengguna iOS, sistem operasi ini digunakan untuk semua brand besutan dari Apple. Jadi iPad, iPhone, Mac dan lainnya menggunakan iOS. Pengguna iOS diuntungkan dengan sistem sikronasi iCloud yang sangat menjaga keamanan penggunanya sehingga tidak perlu takut adanya skamming data yang bersifat rahasia, dan juga store aplikasi Apple yang sangat dibatasi dan melalui scanning Apple yang ketat demi tujuan keamanan pengguna. Namun yang tentu saja sebuah perangkat tidak akan luput dari kekurangannya, tidak sedikit pengguna iPhone yang mengeluhkan bahwa App Store sering kali lemot saat proses install atau update aplikasi. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Sebelum mengasumsikan hal yang sangat jauh, kamu perlu mengetahui kemungkinan faktor apa saja yang dapat menyebabkan masalah ini bisa terjadi. Oleh karena itu di sini kami ingin membatu kamu para pengguna iPhone yang memiliki masalah tersebut.

Upaya pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa dan memastikan bahwa lemot ini hanya terjadi pada App Store, jika kamu mencoba membuka dan menggunakan aplikasi lain kecepatan normal, bahkan saat mengakses internet lewat browser juga terasa normal tentunya membuatnya menjadi semakin jelas. Jadi mari kita mulai dengan upaya sederhana untukmu, co

Upaya pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa dan memastikan bahwa lemot ini hanya terjadi pada App Store, jika kamu mencoba membuka dan menggunakan aplikasi lain kecepatan normal, bahkan saat mengakses internet lewat browser juga terasa normal tentunya membuat masalah ini semakin jelas. Mari kita mulai dengan upaya sederhana dan mudah dilakukan, cobalah restart iPhone milikmu. Dengan melakukan ini dapat menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan membuat iPhone menjadi fresh termasuk pada sinyal dan jaringan yang tadinya tersambung. Setelah itu cek aplikasi yang akan kamu install atau update di App Store apakah dia gagal atau jeda. Namun jika masih saat install atau update masih lemot saat sudah melakukan upaya ini, mungkin masalah ada pada jaringannya.

Jika kamu menggunakan WiFi pribadi, kamu tentunya memiliki akses pada routernya. Nah kamu bisa memperbaiki jaringannya dengan mematikan sebentar dan menghidupkannya beberapa saat kemudian. Cara ini dapat membersihkan cache dan refresh jaringan lebih baik dari sebelumnya.

Sayangnya setelah kamu melakukan upaya diatas namun masih terjadi masalah yang sama, kemungkinan besar bahwa layanan sistem Apple sedang down. Cobalah memeriksa sistem status, dan jika ini memang terjadi kamu hanya perlu bersabar dan menunggu hingga sistem kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *