Tanda Kesehatan Baterai HP Menurun

By | February 7, 2023

Penggunaan hp sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap orang, selain digunakan untuk berkomunikasi namun juga membantu banyak aktivitas lainnya. Sekarang kamu bahkan sudah tidak akan asing lagi bahwa dengan menggunakan hp seseorang juga bisa mendapatkan cuan, semakin kesini caranya semakin mudah. Misalnya saja untuk ibu rumah tangga yang ingin membantu pemasukan keluarga dapat menjadi penjual online shop hanya bermodalkan dengan hp saja dan tentu bantuan dari sosial media, market place yang semakin banyak penggunannya. Hp juga sangat membantu pelajar dan mahasiswa mengerjakan sesuatu yang bersifat edukasi karena hp dinilai lebih efisien dan fleksibel dibawa kemana-mana daripada laptop. Dan jangan lupakan juga tentang hp sebagai media hiburan banyak orang seperti bermain game dan penggemar drakor dengan aplikasi layanan streaming yang semakin banyak. Oleh karena itu hp bukan saja disebut ponsel genggam saja namun sekarang menjadi smartphone, karena secara fungsi kini hp menjadi multifungsi dan sangat canggih.

Adapun fakta diatas membuat pengguna hp semakin banyak dari berbagai lapisan masyarakat dan tanpa batasan usia. Oleh karena itu kita sebagai pengguna tentu saja baiknya menjaga agar hp tidak mengalami kerusakan supaya tidak mengganggu kelangsungan aktivitasnya. Karena pada dasarnya hp adalah suatu alat elektronik yang terdiri dari jaringan dan komponen yang rumit, perlu diketahui bahwa baterai suatu hp merupakan komponen yang berisiko cepat rusak. Terhitung selama enam bulan sejak pembelian hp baru masa kesehatan hp akan menurun, jika penggunaan hp tidak benar dan sering menyepelekan hal ini tidak menutup kemungkinan kurang dari waktu tersebut pengguna akan merasakan penurunan perfoma dari hp miliknya. Adapun beberapa tanda yang dapat menjadi indikator kesehatan baterai hp kamu mengalami kesehatan yang buruk.

Tanda yang paling dapat dirasakan saat baterai hp kamu tidak baik-baik saja ialah adanya lengkungan pada layar. Hal ini menandakan bahwa baterai mengalami penggelembungan akibat gas karena kesalahan penggunaan. Tanda ini merupakan batas bahwa kamu harus segera mengganti baterai daripada berpengaruh pada komponen lain apalagi sampai mengenai sistem hp. Ada satu kebiasaan buruk pengguna yang dilakukan jangka panjang sehingga baterai bisa sampai menggembung, kemungkinan besar karena pengguna sering mengisi daya hp semalaman penuh, padahal sebenarnya hanya memerlukan 90 menit daya akan penuh. Hal ini membuat kesehatan baterai menurun secara drastis.

Tanda kedua yang menjadi indikator kesehatan baterai memburuk ialah hp yang sering gagal booting, disaat kamu kehabisan baterai dan memaksa menggunakannya hingga 1% daya dan kemudian sampai mati. Kebiasaan ini sangat buruk untuk terus dilakukan, memang secara sistem 1% indikator daya sebenarnya masih memiliki daya sekitar 10% hingga benar-benar habis. Sesaat kemudian pengguna ingin menghidupkan hp yang muncul hanya logo saja, ini yang dinamakan kegagalan proses booting. Secara umum hp akan hidup kembali saat diisi daya hingga mencapai sedikit 20%, namun dalam beberapa kasus kesehatan baterai yang sudah sangat parah membuat kegagalan booting sampai hp menjadi panas. Oleh karena itu setidaknya kamu harus mengisi daya hp saat indikatornya menunjukan angka 20% tanpa harus menunggu baterai sangat lemah, dan juga kamu boleh mengisi daya tidak sampai 100% untuk mempertahankan kesehatannya agar baterai hp tidak mengalami kelebihan daya. Ya walaupun saat ini sudah banyak smartphone dengan sistem pemberhentian daya saat baterai sudah penuh, namun tidak ada salahnya untuk selalu menjaga pemakaian.

Ada beberapa kebiasaan baik lain dapat memperpanjang hidup baterai hp antara lain :

  1. Gunakan fast charger untuk keperluan mendesak saja, demi kesehatan baterai lebih baik menggunakan charger daya rendah agar baterai tidak diisi daya secara berlebihan.
  2. Gunakan Mode Hemat Daya kecuali saat bermain game, streaming video atau saat menggunakan fungsi multitasking.
  3. Matikan WiFi jika tidak sedang terhubung dengan jaringannya agar membantu umur baterai dalam penggunaan panjang.
  4. Selalu gunakan original charger dan jangan terlalu sering menggunakan power bank apalagi yang kualitasnya jelek.
  5. Hapus aplikasi yang tidak digunakan, mematikan fitur bergerak yang dapat menghabisakan daya baterai.

Nah sebelum adanya tanda saat baterai hp kesehatannya menurun, baiknya kamu sebagai pengguna menerapkan kebiasaan yang dapat membuat umur baterai menjadi lebih panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *