Alat Service Penunjang Untuk Tuser

By | February 8, 2023

Profesi sebagai tuser belum menurun popularitasnya, jika dipertimbangkan lagi para siswa lulusan teknik dapat memiliki dua pekerjaan. Misalnya saja pada saat pagi hari anak teknik ini bekerja pada perusahaan, dan malamnya ia dapat menjadikan membuka jasa sendiri di rumah. Terlebih pada tukang servis hp yang biasanya tidak hanya mahir memperbaiki smartphone namun juga mahir memperbaiki gadget lain seperti laptop atau pc dan lain-lain. Jika dipikirkan keahlian ini termasuk sulit karena tidak mudah selama masa pembelajarannya. Nah kita sebagai orang awam tentu tidak tahu menahu segala hal tentang para pekerja jasa yang ada disekitar kita sendiri, namun dengan adanya rasa pengetahuan yang tinggi. Kamu membaca artikel ini atau kamu merupakan tukang servis pemula yang ingin mempelajari apa saja kelengkapan yang harus ada di meja kamu nih.

Mulai dari yang kecil dulu, yaitu obeng. Obeng merupakan perkakas yang paling umum dan selalu ada di setiap rumah tangga. Guna obeng ini adalah untuk memutar skrup untuk membuka dan mengencangkannya mengingat dalam perangkat gadget pasti terdapat komponen yang menggunakan skrup. Bedanya lagi karena perangkat gadget ini terhitung perangkat yang kecil tentu saja obengnya juga khusus dimana berukuran kecil dimana biasanya diperlukan obeng plus dengan ukuran 1,2mm /1,5mm /2,0mm karena rata-rata ukuran ini adalah ukuran skrup umum untuk Android. Sedangkan iPhone biasanya menggunakan obeng bintang atau obeng pentalobe dengan ukuran 0,8mm namun ada beberapa tipe Android yang memerlukan obeng bintang juga. Jika obeng bintang digunakan untuk bagian luar iPhone sedangkan obeng Y atau obeng Tri-Point dengan ukuran 0,6mm – 0,8mm digunakan untuk skrup bagian dalam iPhone.

Kemudian jangan melupakan Opening Tools atau yang biasanya dikenal dengan Alat Pembuka, biasanya alat ini dijual dalam bentuk set sehingga sudah tersedia berbagai macam tools guna membuka lcd, casing, konektor dan lain-lain pada HP. Setelah kamu berhasil membuka bagian dalam suatu HP sudah pasti akan menemukan komponen-komponen kecil yang membantuk sistem HP itu sendiri. Sehingga tidak mungkin kamu akan mengambil komponen itu dengan tangan kosong, tuser membutuhkan pinset untuk mengambil komponen kecil setelah dilepaskan menggunakan bantuan pasta. Pinset juga tersedia dalam bentuk satuan maupun set dan cukup mudah kamu temukan di toko listrik terdekat maupun toko online.

Alat bantu lain yang kamu perlukan saat bekerja sebagai tuser adalah alat penjepit PCB, dimana akan membantu kamu menahan papan sirkuit pada saat kamu mensolder ic agar tidak bergerak dan membuat tuser susah fokus. Lalu ada bahan pendukung lain seperti timah solder, dimana berfungsi untuk menempelkan ic atau komponen kecil lainnya pada mainboard. Timah juga ada beberapa macam seperti Timah kawat atau gulung, Timah cair atau pasta, dan timah serbuk. Dan ada flux yang berguna untuk melindungi komponen dari paparan panas solder agat tidak pecah dan mencegah oksidasi saat pensolderan terjadi. Setelah selesai melakukan reparasi timah akan berceceran pada mainboard, disini diperlukan solder wick atau kamu bisa menggunakan disoldering pump. Secara umum kedua alat ini punya fungsi yang sama namun hanya cara gunannya saja yang berbeda.

Untuk keperluan pembersihkan komponen biasanya tuser menggunakan timah. Tidak lupa juga kami merekomendasikan penggunaan lup atau kaca pembesar tuser dapat melihat komponen kecil dengan jelas. Kini sudah banyak lampu servis yang disetai dengan lup sehingga sangat mempermudah para pemberi jasa ini.

Demikian adalah alat servis penunjang yang bukan alat utama namun tetap diperlukan oleh seorang tuser. Alat-alat ini terhitung sebagai keperluan kecil dimana harga untuk membelinya tidak perlu merogoh kocek yang dalam dan cukup mudah untuk dicari pada toko-toko sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *