Kebiasaan Yang Buruk Merusak Baterai HP

By | February 7, 2023

Memiliki sebuah smartphone kini menjadi keharusan untuk setiap orang, bahkan sarana hiburan untuk bayi dibawah satu tahun juga ditontonkan video dari smartphone atau gadget yang lain. Apalagi pada orang dewasa? selain untuk komunikasi smartphone kini semakin berkembang dalam segi fungsi yaitu membantu beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan, edukasi dan sekolah serta hiburan dan senantiasa membuat kita tidak ketinggalan jaman dengan adanya sosial media dan portal berita di internet yang bisa diakses dengan sebuah smartphone.

Oleh karena itu, smartphone menjadi gadget yang paling banyak dicari selain pc/laptop, mempertimbagkan penggunaannya yang fleksibel dan bisa dibawa kemana-mana tentu saja kini smartphone atau handphone menjadi kebutuhan primer. Tidak perlu diragukan jika seseorang tidak memiliki smartphone akan sulit untuk beradaptasi dan menjalani aktivitasnya, misalnya seorang siswa yang tidak memiliki handphone akan sukar mendapatkan informasi tambahan yang hanya dibagikan pada grup chatting, para pekerja yang tidak bisa membuka file darurat karena tidak ada handphone ataupun orang yang sedang membutuhkan hiburan berupa game dan layanan streaming akan bosan jika tidak memiliki handphone. Sehingga secara tidak langsung membentuk pola ketergantungan pada setiap orang di dunia ini pada zaman yang sudah berkembang sekarang.

Perlu diingat bahwa hanphone/smartphone sejatinya ialah alat elektronik dimana smartphone selain dijalankan oleh sistem yang canggih dan tidak kasat mata alias perangkat lunak, smartphone dibetuk pula oleh sekumpulan komponen dari yang berukuran kecil sampai besar sehingga kita dapat menyentuhnya secara nyata atau kita kenal sebagai hardware. Jika ada salah satu kesalahan dalam kombinasi kedua hal tersebut tentunya tidak akan membuat smartphone bisa digunakan sebagaimana mestinya. Sebagian pengguna tidak sadar betapa pentingnya komponen baterai dalam suatu smartphone karena dengan adanya baterai akan memberi daya pada perangkatmu sehingga bisa menyala sehingga menjadi salah satu komponen yang beresiko rusak karena kesalahan dalam penggunaan yang kerap kali tidak disadari. Sebut saja baterai hp bocor, keadaan dimana baterai sudah tidak normal lagi. Waktu pengisian daya yang lama namun cepat habis, handphone menjadi panas, indikator baterai menghilang. Ada beberapa hal dari kesalahan pengguna yang dapat menyebabkan bocornya baterai hp.

Pertama sebagian orang akan menganggap bagus jika handphone selalu dalam keadaan baterai penuh, sehingga menjadi sering diisi daya bahka saat persentase baterai masih 90%, hal ini sangat tidak perlu dilakukan. Anjuran yang benar dimana kamu harus mengisi daya baterai saat presentasenya dibawah 40%. Kebisasaan kedua adalah pengguna sering menggunakan charger yang berbeda-beda dengan pertimbangan “yang penting port jenis sama” ini juga sama sekali tidak dibenarkan, oleh sebab itu selalu dianjurkan menggunakan charger ori demi kesehatan baterai hp itu sendiri. Kemudian ketiga, pengguna sering kali menggunakan hp saat sedang diisi daya entah untuk telepon, streaming video, apalagi bermain game yang sudah jelas akan memperberat kinerja hp kamu. Dimana seharusnya waktu pengisian daya adalah waktu dimana hp kamu istirahat setelah digunakan pada saat daya baterainya ada. Dan yang terakhir, pengguna sering kali tidak memperhatikan dimana mereka menggunakan chargernya, saat catu daya yang terlalu besar digunakan untuk mengisi baterai hp tentu saja arus listrik yang besar itu langsung mengalir pada perangkat hp dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan bahkan hp bisa meledak karena catu daya yang besar tersebut. Semua hal sepele diatas jarang diperhatikan pengguna, padahal jika dilakukan dalam jangka panjang akan mempengaruhi kesehatan baterai hp. Apalagi sekarang hp sudah menggunakan baterai tanam dimana memiliki resiko yang lebih tinggi dari pada baterai yang dapat di lepas pasang.

Nah inilah penyebab baterai rusak hingga bocor akibat dari kebiasaan buruk dalam penggunaannya, semoga artikel kali ini membatu kamu menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan baterai hp. Pada kesempatan lain akan kami bahas ciri-ciri baterai yang sudah tidak sehat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *