Perbedaan Solder Blower dan Solder Konvensional

By | January 11, 2022

Bagi Anda yang sudah terbiasa memperbaiki alat elektronik mungkin sudah tidak asing dengan solder blower. Ini merupakan salah satu alat yang seringkali digunakan untuk melepas dan memasang berbagai macam komponen elektronik pada PCB.

Satu ini semakin populer digunakan karena memiliki pengaturan suhu dan tekanan udara. Karena pada solder konvensional Anda tidak bisa melakukan pengaturan suhu dan tidak ada pengaturan tekanan udara.

Walaupun begitu, Bukan serta merta jika solder uap atau blower lebih baik dari solder konvensional. Karena solder konvensional juga memiliki beberapa kelebihan

Ketika menggunakan solder konvensional Anda harus menempelkan mata solder pada timah. Akan tetapi jika menggunakan blower maka Anda tidak perlu menempelkan ujung solder pada timah.

Perbandingan Solder Blower dan Solder Konvensional

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika setiap tipe soldier memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut kami akan mencoba membandingkan mana yang lebih baik diantara keduanya.

  1. Daya Listrik

Jika berbicara mengenai daya listrik yang dibutuhkan jelas solder konvensional lebih unggul. Ketika menggunakan seluler konvensional Anda tidak perlu mengeluarkan daya listrik yang besar.

Akan tetapi jika menggunakan blower Anda harus siap mengeluarkan biaya mahal untuk membayar listrik. Hal ini dikarenakan konsumsi listrik yang dibutuhkan relatif jauh lebih besar dibandingkan dengan solder konvensional.

  1. Harga

Harga dalam harga solder konvensional juga jauh lebih. Harga solder konvensional bisa dikatakan jauh lebih murah. Oleh karena itu beberapa orang cenderung lebih memilih solder konvensional ketika ingin melakukan perbaikan.

Akan tetapi jika Anda merupakan seorang teknisi lebih disarankan untuk menggunakan solder dengan blower. Karena ketika menggunakan solder konvensional, tentu hasilnya tidak akan sampai ketika menggunakan blower.

  1. Cara Penggunaan

Bisa dikatakan jika solder dengan keluar jauh lebih mudah ketika digunakan. Apalagi ada pengaturan suhu dan tekanan udara sehingga bisa membuat Anda mengatur sesuai dengan kebutuhan.

Tekanan suhu yang bisa dihasilkan juga sangat tinggi sehingga memudahkan ketika harus mengelupas beberapa komponen yang tebal. Sedangkan ketika menggunakan solder konvensional cenderung akan kesulitan karena tidak ada pengatur suhu.

Lebih Bagus Menggunakan Solder Blower atau Solder Konvensional?

Jika ditanya mengenai mana yang lebih bagus antara solder konvensional atau blower maka jawabannya itu adalah relatif. Tentunya setiap orang memiliki jawabannya masing-masing mengenai pertanyaan tersebut.

Bagi sebagian orang mungkin akan lebih memilih menggunakan solder konvensional dan sebagian lagi mungkin akan lebih memilih solder dengan blower.

Jika Anda bukan merupakan seorang teknisi dan mungkin penggunaannya juga tidak sering lebih disarankan untuk membeli solder konvensional. Salah satu alasannya yaitu adalah harganya sangat murah.

Karena membeli solder dengan harga yang murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena memang penggunaannya tidak sering dibandingkan harus mengeluarkan uang banyak.

Akan tetapi Jika Anda berniat untuk menjadi seorang teknisi elektronik lebih disarankan untuk membeli solder dengan blower. Ini akan memudahkan Anda dalam menangani berbagai macam kondisi kerusakan dari para customer.

Selain Itu, Anda juga bisa bekerja dengan lebih cepat karena adanya pengaturan suhu dan tekanan udara. Dengan suhu dan tekanan udara yang tepat Anda bisa bekerja dengan lebih cepat sehingga pekerjaan bisa cepat selesai.

Karena biasanya ketika seorang customer sedang ingin barangnya cepat selesai apalagi jika merupakan alat elektronik yang penting seperti HP. Untuk itu sebagai seorang teknisi seharusnya mampu memberikan layanan terbaik.

Ketika membuka sebuah jasa perbaikan alat elektronik kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang utama. Walaupun mungkin Anda harus mengeluarkan uang yang jauh lebih banyak jika harus membeli solder blower.

Leave a Reply

Your email address will not be published.