Blower HP

By | January 21, 2022

Blower HP adalah salah satu alat umum digunakan oleh para teknisi ketika memperbaiki HP yang rusak. Untuk harganya sendiri bisa dikatakan cukup mahal yaitu sekitar Rp 500.000 Jika ingin membeli harga murah maka pertimbangkan untuk membeli second atau tangan kedua.

Alat satu ini memiliki berbagai macam manfaat ketika memperbaiki HP rusak. Jika Anda berkeinginan untuk memperbaiki HP sendiri mungkin alat satu ini merupakan salah satu alat yang harus dibeli.

Akan tetapi jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengutak-atik alat elektronik sebaiknya membawa ke tempat service saja. Cara memperbaiki HP yang rusak bukan merupakan hal mudah. Dibutuhkan pengetahuan yang baik mengenai alat-alat elektronik dan kelistrikan.

Blower HP memiliki fungsi untuk mengangkat atau memasang kembali bagian-bagian Surface Mount Device Seperti misalnya yaitu IC dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu keunggulan alat satu ini yaitu adalah memiliki fitur untuk pengaturan suhu. Tentunya ini akan sangat berguna untuk menyesuaikan suhu sesuai dengan keinginan atau kondisi barang yang akan diperbaiki.

Tekanan udara yang dihasilkan Juga bisa diatur sesuai dengan keinginan. Dengan begitu tentunya akan membuat hasil menjadi lebih maksimal. Cara menggunakan alat satu ini juga bisa dikatakan sangat mudah dibandingkan dengan solder konvensional.

Suhu panas yang dihasilkan oleh alat satu ini berasal dari listrik. Untuk menggunakannya Anda hanya cukup menyalakan kabel ke stop kontak. Setelah itu menekan tombol on kemudian Mengatur tekanan udara dan suhu.

Jika tekanan udara dan suhu sudah sesuai dengan keinginan maka alat ini sudah siap untuk digunakan. Penggunaannya sendiri tidak jauh berbeda ketika menggunakan solder konvensional.

Kekurangan Menggunakan Blower HP untuk Service

Kapan memiliki banyak sekali keunggulan akan tetapi alat satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh solder blower.

  1. Sulit untuk Diperbaiki

Kekurangan yang pertama yaitu adalah sulit diperbaiki ketika ada komponen yang rusak. Hal ini tentunya akan sangat merugikan karena harga dari alat satu ini bisa dikatakan sangat tidak murah.

Oleh karena itu Anda harus selalu berhati-hati ketika menggunakannya. Pastikan untuk menggunakan dengan cara yang benar agar nantinya tidak cepat rusak. Lakukan juga perawatan secara rutin agar menjadi lebih awet.

  1. Membutuhkan Daya Listrik yang Besar

Kekurangan menggunakan blower HP untuk service selanjutnya yaitu membutuhkan daya listrik yang besar. Tentunya untuk menghasilkan uap yang panas maka harus seandainya listrik yang besar.

Hal Seperti ini Tentunya bisa mengakibatkan tagihan listrik menjadi meningkat. Ketika menggunakan solder konvensional tentunya akan lebih menghemat listrik. Untuk itu Anda harus memastikan bahwa daya listrik cukup ketika menggunakan solder blower.

  1. Harga

Kekurangan lainnya yaitu adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan beberapa variasi solder lainnya. Untuk itu Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendengarkan alat satu ini.

Tentunya Jika tidak digunakan untuk keperluan yang penting Anda harus berpikir dua kali ketika akan membeli alat satu ini. Jika Anda merupakan seorang teknisi yang sering berbagai alat elektronik mungkin tidak akan menjadi masalah.

HP sendiri merupakan salah satu alat elektronik yang bisa dikatakan cukup rentan mengalami kerusakan. Jika Anda memperbaiki ke tempat servis mungkin harus mengeluarkan uang yang banyak. Oleh karena itu melakukan perbaikan sendiri bisa menjadi pilihan untuk menghemat. Salah satu alat yang mungkin sangat penting untuk dimiliki ketika akan memperbaiki HP yaitu adalah blower HP untuk memasang atau mencabut beberapa komponen elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.