Blower Uap

By | January 6, 2022

Blower uap merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi seorang teknisi elektronik. Alat ini banyak digunakan untuk melepas dan memasangkan komponen Surface Mount Device. Tanpa adanya alat ini biasanya seorang teknisi akan sangat kesulitan untuk melakukan perbaikan perangkat elektronik.

Oleh karena itu, biasanya ketika terjadi kerusakan, seorang teknisi harus segera mungkin untuk memperbaikinya. Apalagi solder blower bisa dikatakan memiliki harga sangat mahal. Hingga ketika akan membeli kembali tentunya harus mengeluarkan uang yang banyak.

Oleh karena itu, cara alternatif bisa dilakukan adalah mencoba memperbaikinya sendiri. Walaupun untuk memperbaiki solder blower tentunya tidak semudah memperbaiki solder konvensional.

Ini dikarenakan, solder blower memiliki beberapa komponen seperti pengatur suhu dan juga mengatur tekanan udara. Walaupun begitu bukan tidak mungkin Anda untuk bisa memperbaiki sendiri jika terjadi kerusakan.

Cara Memperbaiki Blower Uap yang Mati Total

Tentunya akan menjadi salah satu pengalaman buruk ketika sedang memperbaiki alat elektronik tetapi justru solder blower yang digunakan tidak bisa digunakan. Penyebab solder blower mati total sendiri bisa sangat beragam.

Salah satu kemungkinan yang bisa terjadi adalah kerusakan pada tombol on atau off. Ketika terlalu sering digunakan sangat mungkin tombol on atau off harus dan membuat saklar tidak bisa berfungsi dengan baik.

Langkah perbaikan ini bisa dilakukannya itu adalah dengan memeriksa Apakah tombol on off mesin bekerja dengan baik atau tidak. Biasanya hal yang terjadi yaitu adalah soket kabel sudah tidak terhubung lagi dengan saklar on atau off.

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah sekring putus. Sekring merupakan salah satu komponen berfungsi sebagai pemutus tegangan atau hambatan. Jika arus listrik yang masuk terlalu tinggi bisa menyebabkan sekring putus.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memastikan jika tekanan yang masuk sesuai dengan kapasitas dari solder yang Anda gunakan. Karena jika tegangan yang masuk terlalu tinggi bukan tidak mungkin bisa merusak beberapa komponen sel darah.

Cara Memperbaiki Blower Uap yang Tidak Mau Keluar Panas

Salah satu masalah yang umum terjadi ketika menggunakan solder blower adalah suhu tidak mau panas. Hal seperti ini tentunya akan sangat mengganggu pekerjaan atau bahkan membuat solder tidak bisa digunakan.

Langkah yang bisa dilakukan adalah mencoba melepas 3 sekrup yang terdapat pada kepala solder. Setelah itu silahkan amati dengan teliti Apakah ada soket kabel yang lepas atau terputus.

Jika ternyata ditemukan ada lepas atau terputus mungkin itu menjadi salah satu penyebab solder tidak mau mengeluarkan panas. Untuk memperbaikinya tentunya dengan cara menyambungkan kembali soket yang putus.

Akan tetapi jika tidak ditemukan adanya soket atau kabel yang putus maka bisa mengganti elemen blower. Elemen blower tidak terlalu mahal dan relatif sangat terjangkau dibandingkan harus membeli solder yang baru.

Harga elemen blower di pasaran berada di Kisaran Rp15.000. Harga yang bisa dikatakan Relatif sangat terjangkau untuk semua kalangan di Indonesia. Anda bisa menemukan dengan mudah elemen blower pada marketplace atau toko online jika tidak ada toko yang menjual di dekat rumah Anda.

Agar sebuah alat bisa bertahan lama ketika digunakan maka harus melakukan perawatan yang baik. Selain itu harus menggunakan alat sesuai dengan spesifikasi atau aturan yang telah dibuat oleh pabrik.

Tentunya akan sangat merugikan diri sendiri ketika alat yang biasa digunakan untuk bekerja rusak. Blower uap merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk seorang teknisi dan memiliki harga yang cukup mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.