Simak Kelebihan OPPO Di Pasar Indonesia

By | January 20, 2023

Pada Market Brand Share 2022 di Indonesia, OPPO berhasil menduduki peringkat nomor satu mengalahkan Samsung, iPhone dan beberapa vendor pesaingnya. Kenapa bisa demikian? Kita ulas sebentar mengenai perusahaan ini. OPPO Electronic Corp, Ltd didirikan tahun 2004, sebelumnya memproduksi alat elektronik seperti LCD TV, DVD hingga media player yang pasarnya yang eksis hanya dalam kandang yaitu China. Namun terhitung sejak tahun 2008, perusahaan ini memberanikan diri mengembangkan smartphone dan masuk dalam persaingan pasar gloal yang dahsyat. Dan resmi merilis produk smartphone pertamanya pada tahun 2012 dengan nama brand OPPO Finder, dengan klaim desain yang lebih tipis daripada brand lain. Perkembangan pemasaran OPPO sangat lancar hingga pada tahun 2013 memasuki pasar smartphone Indonesia dengan produk OPPO Find 5 dan sampai saat ini OPPO tetap menjadi populer hingga kini.

Faktor utama mengapa OPPO bisa bersaing adalah dengan strategi pemasaran yang mulus tanpa cacat. Tidak seperti iPhone, OPPO dengan gagah memasuki semua entry-level pasar smartphone di Indonesia mulai segmen low-end, mid-end, hingga high-end. Dengan itu dalam segi pemasaran OPPO mampu memakan pangsa pasar di Indonesia. Selain itu apa saja ya yang membuat konsumen ini memilih OPPO daripada yang lain? Simak beberapa kelebihan yang dimiliki ponsel sejuta umat ini.  

  1. Menjagokan Fitur Kamera 
    Jika iPhone memiliki brand value sebagai “Ponselnya Orang Kaya”, maka OPPO memegang brand value pada “Smartphone Selfie”. OPPO merupakan smartphone pertama yang mempunyai kamera depan sebesar 5MP dan 16MP, Kamera yang berputar dan juga pendahulu smartphone yang dapat melakukan teknologi 5x dual zoom dengan hasil ultra HD hanya untuk foto. Sebelum fitur canggih ini ada, OPPO sudah mendapat predikat smartphone selfie karena adanya filter otomatis yang diberikan untuk penggunannya. Kamera OPPO disempurnakan lagi menggunakan teknologi AI yang mampu mempertajam fitur wajah, mengidentifikasi gelap terang suatu objek.  

Pertimbangan membeli smartphone tentu saja akan menyertakan fitur kamera, apalagi untuk yang mempunyai hobi fotografi atau hanya sekedar suka melakukan selfie. Inilah hal pertama yang membuat mengapa OPPO sangat populer di Indonesia. 

  1. Strategi Pasar dan Marketing yang agresif 
    Alasan ini telah disebutkan diatas, kenapa ini sangat berpengaruh? Pada dasarnya pemasaran merupakan tonggak suatu perusahaan karena murupakan sumber utama penghasilannya. OPPO dalam kurun waktu satu tahun dapat merilis kurang lebih 7 seri smartphone masing-masing satu atau dua pada setiap segmen pasarnya. Memiliki keunggulan pada price value, dimana OPPO menawarkan fitur-fitur dinamis dengan variasi harga dan variasi produk secara visual sesuai dengan anggaran konsumen, dapat disimpulkan bahwa OPPO mampu memberikan produk sesuai dengan kebutuhan permintaan. 

Pada markertingya, OPPO tidak takut untuk merekrut brand ambassador yang ternama serta tidak menutup akses pada kolaborasi bersama media-media guna memperluas pasarnya. 

  1. Desain dan Fitur Gahar 
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa OPPO memiliki kelebihan berupa desain yang cantik dan selalu inovatif tanpa meninggalkan ciri khasnya. Ini juga berhubungan dengan opsi nomor dua dimana variasi produk yang dimiliki OPPO beragam, kita ambil saja contoh pada OPPO Reno5 yang mengeluarkan seri Marvel agar menjangkau target fans marvel, seri ini didesain dengan sangar elegan tanpa ada unsur norak membuatnya cukup menarik dipasaran dan terbukti laris pula. 

Selain pada pengembangan desain dan model, OPPO juga mengedepankan kualitas baterai yang mampu bertahan lama jika dibandingkan dengan pesaingnya. Disertai pula sebagai pendahulu fitur fast charging dimana mampu melakukan pengisian daya yang cepat. 

OPPO juga berani mengambil langkah besar dengan menjadi RAM yang cukup besar sedangkan yang brand lain masih belum sanggup. 

Inilah yang dapat kamu pertimbangkan jika ingin membeli smartphone OPPO dari segi kelebihannya, tentu saja suatu alat elektronik pasti memiliki kekurangan juga, semoga artikel ini membantu pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *