Inilah yang Menjadi Kelemahan OPPO

By | January 20, 2023

Teknologi semakin berkembang, begitu pula pada segi komunikasi. Dimana saat ini ponsel bukan hanya untuk berkirim/bertukar kabar, namun sekarang memerlukan smartphone sebagai kebutuhan sekunder. Tanpa memandang usia, jabatan dan kegiatan, kini semua aspek kehidupan menggunakan smartphone.

 

Jika kita pernah membahas tentang bagaimana Perusahaan Apple menjadi monster teknologi berskala dunia, dari segala kelebihan yang membuat konsumen menjadi tertarik dan juga kekurangannya yang tidak membuat produk yang mereka buat tidak dapat bersaing dipasaran. IPhone memiliki sistem operasinya sendiri yaitu iOS yang menjamin keamanan privasi dan data penggunanya serta memiliki ciri khas dari perusahaan itu sendiri. 

Sedangkan pada tipe smartphone lain seperti Samsung yang tidak kalah bersinar dari Apple menggunakan Android sebagai sistem operasinya, tetap konsisten dan percaya diri bersaing di pasar smartphone dengan mempertahankan product value dan berusaha memasuki segmentasi pasar. 

Namun tidak pula melupakan pesaing kedua brand tersebut yang berasal dari China dengan total penjualan 9,5 juta unit dalam kurun waktu kuartal ke-2 tahun 2022 pada pangsa pasar Indonesia ialah OPPO. Hal ini menempatkan OPPO sebagai peringkat nomor satu pada Market Share Smartphone 2022 di Indonesia, sedangkan Samsung sendiri menempati posisi ke-2. Jika kemarin kita telah membahas aspek utama yang menjadi kelebihan OPPO menguasai pasar Indonesia, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja hal yang menjadi kelemahan OPPO. 

  1. Harga Jual Turun 
    Pada produk milik iPhone dan Samsung, harga jual yang masih tinggi menjadi kelebihan mereka. Sayangnya OPPO tidak bisa memiliki ini, mengapa demikian? Hal yang paling dapat ditandai adalah karena OPPO meluncurkan banyaknya smartphone baru dalam kurun waktu berdekatan, di Indonesia sendiri dalam satu tahun OPPO dapat merilis paling sedikit 5-7 smartphone baru dan tidak lagi memproduksi tipe-tipe yang sekiranya kurang menarik pasar. Dengan pembaruan dan harga yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya dan menjadikan banyaknya variabel untuk konsumen serta menjadikan target pasar yang bercabang dan tidak mengerucut.  
  2. Pemaruan Sistem Operasi  
    OPPO cendurng jarang memberikan update pada sistem operasinya, padahal seharusnya android memerlukan beberapa update agar bisa sesuai dengan aplikasi yang akan di install dari playstore. Dengan tidak dilakukannya update membuat smartphone menjadi berat dan lemot bahkan cepat panas, ini akan merugikan penggunanya. 
  3. Build Quality 
    Pada awalnya OPPO benar-benar menonjolkan fitur dan menjadi pionir dalam beberapa hal pada dunia smartphone agar memiliki pangsa pasar yang besar, namun seringkali ini tidak dibarengi dengan sistem yang kuat. Misalnya saja fitur pengisian daya yang cepat pada OPPO memiliki efek buruk berupa berkurangnya kualitas baterai itu sendiri, bahkan sudah dikonfirmasi oleh OPPO bahwa baterai dapat menurun kapasitasnya 50-70 persen setelah masa guna beberapa bulan saja. Tetapi sampai saat ini OPPO telah berjanji akan terus mengembangkan dan mencari solusi agar hal ini tidak menjadi masalah berkepanjangan yang menyebabkan konsumen menjadi kecewa dan tentu saja akan berpengaruh langsung pada penjualannya.  

Belum lagi ColorOS memang suatu fitur yang bagus apalagi membuat tampilan jadi lebih tajam, berwarna tanpa merusak mata. Sayangnya ColosOS besutan OPPO sendiri membuat jalannya aplikasi menjadi lebih lemot dan membuat smartphone cepat panas, dan banyak pula yang mengeluh bahwa siklus tenperatur OPPO tidak berjalan dengan baik. 

Selain itu OPPO juga tidak memiliki tipe atau series smartphone yang dapat memasuki entry-level ponsel gaming, dimana spesifikasi rata-rata OPPO masih kurang untuk menunjang kebutuhan bermain game yang besar.  

Jadi inilah hal yang paling umum dimana sebagian konsumen mengeluhkannya, namun perlu diingat kembali bahwasannya pada semua produk elektronik memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dan pilihan kembali pada masing-masing selera konsumen, semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mencari smartphone yang cocok untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *