Tiga Kelebihan Utama iPhone

By | January 18, 2023

Apple telah menduduki most value brand selama dua tahun belakang ini sejak tahun 2021 sampai 2022. Dan peringkat ini dinilai secara global, meskipun menjadi salah satu monster dunia teknologi apalagi menguasai pasar dunia terutama pada Amerika Serikat. Namun faktanya tidak dengan di Indonesia, karena pada market share tahun 2022 dirilis Iphone mendapati peringkat ke lima. Dimana Iphone kalah saing dengan smartphone android pesaingnya seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi, jangankan Iphone, Samsung yang notabenya juga perusahaan teknologi yang besar masih belum bisa berada pasa posisi satu selama kurun waktu tiga tahun ini. Mengapa demikian? Karena Samsung sulit bersaing pada segmen pasar mid-end padahal memiliki produk dengan entry-level tersebut, tentu saja sudah diyakini akan sulit untuk masuk pada segmen low-end. Karena konsumen di Indonesia masih menilai adanya price value pada produk lain selain Samsung. Dengan fakta ini tentu saja semakin membuat Iphone kalah dalam segi segmen pasar, mengingat Iphone tidak memiliki produk segmen mid-end.

Seperti yang kita tahu mindset konsumen smartphone di Indonesia menganggap bahwa pengguna Iphone merupakan kalangan menengah keatas dan konsumen juga cenderung memperhitungkan value lain yang tidak dimiliki Iphone dibandingkan dengan produk vendor lain. Semua ini dapat disimpulkan, kenapa harus menggunakan Iphone jika smartphone tertentu sudah mencukupi kebutuhannya dalam segi komunikasi, pekerjaan dan lainnya. Karena inilah tidak banyak yang mau mencari tahu lebih lanjut apa saja kelebihan yang diterima oleh konsumen jika menggunakan Iphone, jika sebelumnya kita telah membahas kekurangan Iphone maka dikesempatan kali ini mari kita bahas apa saja kelebihan yang dimiliki Iphone. 

  1. Operasi Sistem 

Android merupakan operasi sistem smartphone yang di buat oleh Google, dimana operasi sistem ini bersifat tebuka dan dapat dikembangkan secara mandiri oleh pengguna. Android digunakan sebagai OS pada vendor brand lain, sedangkan Iphone memiliki operasi sistem buatan sendiri yaitu iOS dimana bersifat ekslusif dimana hanya digunakan pada produk Apple.  

IOS dinilai memiliki keamanan data yang pasti sehingga dipastikan aman dan selalu stabil dalam pengoperasiannya, menurut beberapa pengguna iOS sangat mudah untuk digunakan. 

Apple juga menjamin pengguna selalu mendapatkan akses upgrade iOS tanpa khawatir tentang privasi dan spesifikasi tipe Iphone-nya. Dalam artian lain kamu akan terus mendapatkan pembaruan walaupun sudah bertahun-tahun menggunakan Iphone yang lama tanpa harus membeli Iphone series terbaru. Karena pada smartphone android, kamu bisa upgrade ke tingkat lebih atas hanya jika membeli HP baru. 

  1. Kualitasnya bagus 

Kualitas dan harga Iphone berbanding lurus, dalam artian lain bahwa alasan mengapa Iphone memiliki harga jual yang tinggi karena dibarengi dengan kualitas bagus pula. Mulai dari setiap bagian komponen kecil di dalamnya dibuat dengan hati-hati dan memperhitungkan segala macam aspek. Sehingga jarang ditemukannya cacat produk dari perusahaan Apple ini. Desain yang ikonik membuat Iphone menjadi produk flagship bahkan untuk pesaingnya. Pada pengemasan produk sampai akesoris yang ekslusif membuat segala pertimbangan Iphone mampu mempertahankan kesan premium pada setiap produk yang dikeluarkannya.  

Karena dibuat dengan komponen terbaik, Iphone memiliki jangka hidup yang lebih panjang. Terutama pada baterai dan chipset yang sangat tangguh mampu menjadikan Iphone sebagai pilihan pengguna yang ogah berganti-ganti smartphone, terlebih desainnya tidak akan ketinggalan zaman karena ciri khas yang dimiliki Apple itu sendiri. 

  1. Hasil Kamera Iphone 

Kita akui saja bahwa pada Iphone memiliki kualitas kamera yang sangat bagus dibandingkan dengan lainnya. Pada smartphone android seiring penggunaannya yang lama akan menurunkan kualitas kameranya, jika menginginkan resolusi kamera yang sangat bagus dan tidak menurun kualitasnya maka produknya ada di segmen high-end android yang cukup mahal.  

Walaupun Iphone tidak memiliki resolusi besar seperti yang di Klaim Android, namun hasil kameranya jernih dan nyata. Terlebih lagi hasil video yang stabil terasa merekam menggunakan kamera profesional. Karena pada dasarnya hampir semua konsumen pasti mempertimbangkan kualitas hasil kamera dalam tipe idaman smartphone yang akan dibelinya. 

Nah jadi inilah tiga aspek utama mengapa iPhone masih bisa bertahan di Indonesia walaupun tidak dapat menyaingi produk android lain, namun sekaligus menjadi monster teknologi yang mendunia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *