Simak, Ini Cara Mengatasi Kerusakan Data PS4

By | March 11, 2023

Bukan rahasia umum lagi kalau setiap keluaran dari PlayStation seri terbaru selalu dinanti oleh banyak orang apalagi penggemar game. Karena game konsol inilah yang menemani masa kecil kita dimana semakin tahun semakin berkembang dengan banyak kemajuan dari segi grafik dan fiturnya hingga sampai pada tahun 2022 telah rilis PS4 dengan harga yang sangat fantastis namun tidak menurunkan minat pasarnya. Kembali lagi pada topik, PlayStation sama halnya dengan smartphone dimana pasti ada error yang berhubungan dengan data. Biasanya gagal memuat software karena satu dan lain hal menjadi penyebab kerusakan data terjadi.

Namun kamu jangan panik terlebih dahulu karena error pada PlayStation tidak melulu karena kerusakan data parah sehingga harus mengembalikan setting pada default atau menghilangnya data penting di dalamnya. Ada banyak kode kesalahan pada PlayStation misalnya saja kode CE-34875-7, CE-34878-0, kode CE mengacuh kesalahan pada general atau masalah umum misalnya gagal mendownload, software tidak ditemukan dan sebagainya. Sedangkan adapula kode kesalahan dengan awalan NP yang mengacu kesalahan pada network server. Kemudian kode dengan awalan SU sebagai tanda tentang software update. Jadi kerusakan data yang ditampilkan pada monitor tidak selalu menunjukan suatu masalah yang mendalam, kode kesalahan ini bisa muncul kapan saja mungkin saat kita sedang memainkan suatu game yang sudah terpasang dan bahkan sudah kita mainkan sebelumnya. Dimana adanya layar berkedip atau tiba-tiba permainan berhenti dan menunjukan kode-kode tersebut. Kemungkinan besar adanya kesalahan pada aplikasi game yang kita pasang tersebut, entah pada saat proses ada yang belum sempurna sehingga terdeteksi data rusak. Untuk memperbaiki ini caranya tidak jauh berbeda saat kita menggunakan smartphone yaitu terletak pada aplikasi yang bermasalah tersebut. Hanya perlu menghapus kemudian instal kembali. Ikuti cara berikut ini agar lebih mudah,

Bukalah “Pemberitahuan/Notification” pada beranda > Options > pilih Download > Mark data yang rusak biasanya ditandai thumbnail rusak > Options > Hapus Data.

Lakukan tahap ini perlahan agar kamu tidak salah langkah, kemudian jika sudah pasti aplikasi tersebut sudah hilang kamu bisa memasang kembali aplikasinya. Sebagai pengingat lebih baik bersihkan terlebih dahulu disk dari noda karena dapat mempengaruhi kerusakan. Jika masih ada masalah yang terjadi saat sudah melakukan pemasangan ulang kembalikan pada proses lisensi, kemungkinan proses lisensi terlewat tidak terhubungan dengan akun pengguna. Caranya kembali pada lisensi sebagai berikut :

Setting/Pengaturan > Manajemen Akun > Kemudian pilih kembalikan lisensi > Selesai.

Jika kamu sudah melakukan dua upaya diatas namun masih terus mengalami kerusakan data, muncul kode kerusakan, kesalahan aplikasi dan sebagainya maka dapat disimpulkan ada masalah pada database di PlayStation. Biasanya ditandai dengan kelambatan loading dan membuka aplikasi dan sering macet saat bermain. Hal yang perlu dilakukan ialah membangun kembali basis data PS, jangan takut melakukan pembangunan basis data bukan seperti melakukan factory reset namun justru sebagai recovery sistem PS. dimana akan dapat mendeteksi data yang bermasalah dan rusak menjadi data baru yang kemudian akan dapat digunakan. Ikuti tahap-tahap berikut ini untuk melakukan pembangunan basis data PS4.

  1. Baiknya lakukan dalam keadaan PS4 mati atau tidak aktif.
  2. Kemudian tekan dan tahaun tombol power pada PS4 hingga terdengar bunyi “Bip” sebanyak dua kali, yang pertama saat menekan tombol power kemudian yang kedua akan terdengar dalam waktu sekitar 7 detik. Pada tahap ini bertujuan untuk mem-boot PS menjadi safe mode.
  3. Lalu hubungkan USB PS dengan pengontrol Dualshock 4, kemudian tekan pengontrol tombol PS.
  4. Pilihlah pada opsi Rebuild Database, tunggu beberapa menit untuk menyelesaikan pembangunan kembali basis pada PS4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *