Mengulas Lebih Lanjut Kerusakan Umum Pada HP

By | March 11, 2023

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tiga hal teratas kerusakan yang sering terjadi pada HP. Mari kita bahas sedikit sebelum melanjutkan pada permasalahan lainnya. Jadi yang pertama kerusakan pada HP bisa terjadi pada IC Power, dimana IC ini berperan sangat penting pada HP. IC ini menyalurkan listrik dari baterai kepada IC komponen lain sehingga HP dapat menyala dan digunakan sebagaimana mestinya, oleh karena itu jika ada keruskan pada IC ini tentu langsung pada kesimpulan kerusakan yang parah. Lalu yang kedua kerusakan pada kabel flexi yang terhubung langsung pada jalur LCD sehingga dampak yang didapatkan dari kerusakan ini biasaya langsung pada LCD Hp-nya entah itu bergaris, dead pixel, bahkan blank. Kemudian yang ketiga ialah kerusakan pada driver LCD, sebagian besar disebabkan karena HP sering jatuh, tidak sengaja terinjak atau terduduki membuatnya langsung berimbas kepada LCD-nya dan solusi yang paling final dari kerusakan ini tentu saja dengan mengganti LCD dengan yang baru.

Sebenarnya kerusakan pada HP selain dikarenakan masa pakai yang lama tidak sedikit pula disebabkan karena pengguna yang ceroboh dan menerapkan kebiasaan buruk yang dapat merusak komponen dalam HP baik lambat ataupun cepat. Maka dari itu semua kembali kepada pengguna, bagaimana mereka harus menjaga perangkatnya jika ingin tidak mengalami kerusakan yang parah. Nah, sekarang kita lanjut membahas kelanjutan dari artikel sebelumnya, apa saja yang menjadi kerusakan paling umum pada HP.

  1. Kerusakan pada Drive Lampu
    Pada HP juga ada lampu yang terletak pada LCD, jika lampu ini tidak menyala kemungkinan besar karena lembab pada komponen dalam. Bisa saja disebabkan oleh suhu sekitar yang dingin dan kita tidak menggunakan HP sehingga mesin tidak panas dan yang ada malah mengembun, kalau kasus ini terjadi jangan risau karena dengan menunggu beberapa saat pasti lampu bisa menyala kembali. Lalu bisa juga karena jarang melepas case yang kita gunakan sehingga menyebabkan kelembapan pada HP.
  2. Kerusakan pada IC Plus
    IC Plus ini bekerja pada fungsi multitasking HP, dimana pengguna diminta mengoperasikan perangkat dengan hati-hati. Memang jaman smartphone sekarang sudah sangat meningkat kemampuan multitaskingnya dan membuka berbagai aplikasi juga tidak lemot seperti dulu. Namun tetap saja kamu harus memiliki kebiasaan baik dalam penggunaan HP, misalnya saja saat kamu sedang bermain game yang grafiknya tinggi namun kamu keluar dengan cara end-call atau keluar paksa dari game tersebut membuat sistem kerja software berantakan. Maka baiknya jika ingin keluar dari suatu aplikasi maka biasakan keluar dengan prosedur yang benar.
  3. Kerusakan pada IC RAM
    Seperti namanya ini merupakan kerusakan pada kecepatan HP, dimana sekarang RAM ini sangat penting untuk smartphone demi mendukung kecepatan melakukan multitasking. Nah biasanya RAM rusak karena kita terlalu banyak menyimpan data yang tidak perlu, pasti sering kali kamu mendengar banyak himbauan tetang membersihkan cache secara rutin. Hal ini dinilai dapat melegakan RAM sehingga aplikasi memiliki ruang untuk menjalankan sistemnya.
  4. Kerusakan pada IC Power Amplifier (PA)
    IC PA ini bertanggung jawab pada penangkapan sinyal untuk HP. Jika kamu memang berada pada tempat dimana jauh dari jangkauan lokasi tower BTS tentu jangan heran namun justru sebaliknya saat kamu merasa di tempat yang seharusnya banyak mengalirkan sinyal tetapi HP kamu tidak mendapatkannya kemungkinan besar kerusakan terjadi pada IC PA. Bisa jadi jalur IC nya terputus, sehingga hal yang bisa kamu lakukan ialah membawa HP ke service center terdekat.

Ada kerusakan lain yang banyak dialami pada HP yaitu pada Audio, Touchscreen yang berujung pada penggantian LCD dan kerusakan pada kamera karena corrupt namun kasus ini tidak terjadi sebanyak empat hal diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *