Kenali Kode-Kode Error pada PS4

By | March 14, 2023

Sudah menjadi rahasia umum bahwa yang namanya perangkat digital sebanyak satu atau dua kali mengalami kegagalan program seperti error dan sebagainya. Biasanya karena penggunaan yang lama sehingga beberapa software perlu diperbarui oleh perangkatnya, namun tidak jarang pula error ini bisa muncul saat awal penggunaan. Dimana sebagian besar disebabkan karena kesalahan pemasangan aplikasinya, mungkin pada saat itu koneksi tidak bagus sehingga beberapa program terlewati secara tidak sengaja. Pada PlayStation biasanya ketidak sesuaian ini ditandai dengan munculnya kode-kode error yang masing-masing memiliki artinya sendiri. Dengan artikel ini maka akan kami berikan informasi deskripsi error pada PS4 bersama dengan klasifikasinya.

Busy business woman in office reads emails on her smartphone device

Ada yang namanya Prefix pada PS4, yang merupakan angka atau huruf yang diletakan pada depan suatu root guna membentuk kode. Biasanya menjadi tanda bagian kerusakan, untuk kasus ini PS menggunakan huruf sebagai prexifnya.

  1. CE = Kode ini bersidar general atau umum, artinya jika kode ini muncul bukanlah suatu masalah yang besar untuk penggunannya. Kode ini muncul akibat kesalahan kecil yang masih bisa diperbaiki.
  2. E = Kode ini dimaksudkan ada kesalahan pada perangkat eksternal PS, bisa saja media seperti monitor yang kita gunakan atau konsol yang tidak berhasil tersambung.
  3. NP = Kode kerusakan yang berasal dari Network Server yang paling umum ialah kesalahan jaringan internet dan kesalahan masuk pada jaringan PlayStation. Dimana kedua hal ini disebabkan karena mendapatkan IP Address yang buruk sehingga tidak dapat diterima oleh jaringan.
  4. NW = Kode ini berhubungan dengan kesalahan pada Network Library, dimana aplikasi mengalami masalah pada library PS4. Pada kasus ini biasanya ditangani dengan cara melakukan rebuild database.
  5. SU = Kode ini berhubungan dengan pembaruan software, dimana suatu perangkat lunak terlebih yang canggih seperti software PS ini tentu saja memerlukan update untuk terus mendapatkan fitur baru dan juga menjadi ajang recovery program jika ada yang tidak beres sebelumnya.
  6. WB = Kode ini berhubungan dengan tanda kesalahan pada web browser, dimana seperti yang kita tahu bahwa ada PS4 ini menyediakan banyak fitur termasuk akses web browser dimana pemaruan firmware dapat dilakukan disini.
  7. WS = Kode yang menjadi tanda kesalahan pada web service.
  8. WV = Kode ini berhubungan langsung dengan kesalahan pada web view.

Dengan ini semoga pembaca tahu klasifikasi kesalahan pada PS4 sesuai dengan kode prefixnya, selanjutnya kita akan membahas apa saja tanda atau gejala jika ada kerusakan pada database PS4? Mari tandai dengan satu aplikasi game yang akan dimainkan, beberapa hal yang menjadi tanda adanya dengan munculnya peringatan kode error CE-34875-7 atau telah muncul tulisan “…. Data untuk aplikasi rusak.” dan dalam beberapa kasus juga bahkan tidak memberikan pemberitahuan ataupun kode error namun yang bisa ditandai adalah lama durasi membuka aplikasi tersebut berbeda dengan yang lain. Sebagian pembaca pasti bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi? Kerusakan ini bisa digolongkan kerusakan drive data, namun jangan panik seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa kemungkinan besar terjadi kesalahan ini akibat proses instalasi yang terganggu sehingga membuat beberapa hal tertinggal dan tidak terpasang dengan benar. Jika kegagalan ini terjadi pada pembaca kamu perlu melakukan penghapusan aplikasi game tersebut dan kemudian install kembali untuk tata caranya kami sudah membahasnya di artikel berjudul “Mengulas Lebih Lanjut Kerusakan Umum Pada HP”. Kamu juga bisa menghapus beberapa aplikasi yang sekiranya rusak ditandai dengan ikon/tumbnail rusak pada tampilan. Pada upaya terakhir kamu bisa melakukan rebuild data dimana tidak akan menghapus semua data namun merecovery perangkat lunak pada PS4, langkah-langkahnya bisa kamu lihat diartikel sebelum ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *