Simak Faktor Penyebab iPhone Hang

By | January 20, 2023

Mungkin kamu sudah banyak mendengar atau bahkan mengalami sendiri android tidak berjalan semestinya sehingga lemot, mudah panas hingga terjadi hang atau freeze. Sebagian orang menganggap ini adalah hal yang wajar untuk ukuran pengguna android apalagi yang entry-levelnya di mid-end harga smartphone yang berada ditengah-tengah atau dalam artian lain tidak mahal dan tidak terlalu murah juga. Namun jangan salah, karena yang namanya alat elektronik tidak ada yang sempurna mengingat bahwa elektronik terdiri dari komponen yang rumit dan juga sensitif. Risiko kerusakan itu pasti ada dalam dunia elektronik, seperti televisi, lemari pendingin dan tidak terkecuali pada sebuah smartphone. Dengan klasifikasi ini, tidak menutup kemungkinan smartphone dengan branding mahal juga bisa terjadi kerusakan. Saat ini kita akan membahas iPhone yang dapat tiba-tiba freeze atau hang, dengan terjadinya dual hal tersebut merupakan tanda bahwa ada yang tidak baik-baik saja pada iPhone milikmu. Banyak faktor yang menyebabkan hang terjadi pada sebuah iPhone, beberapa dibawah ini bisa kamu perhatikan mungkin salah satunya benar dan kamu tidak perlu panik serta gegabah membawa smartphone milikmu ke ahli servis.

  • Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga 
    iOS merupakan sistem operasi yang menjamin keamanan data dan privasi lebih dari sistem operasi manapun termasuk Android, sehingga mereka memiliki pengelolaan data dan aplikasi sendiri dan telah disortir pada kebijakan tertentu agar membuat penggunanya terjaga privasinya. Oleh karena itu aplikasi pada iPhone hanya bisa di install dari App Store dan seperti yang kamu ketahui dalam store tidak tersedia banyak aplikasi seperti Google Store, karena kembali lagi pada prinsip bahwa iPhone akan menjaga data dan privasi penggunanya. Bahkan Apple membuat sendiri aplikasi eksklusif yang tidak bisa digunakan oleh pengguna selain iOS seperti iMovie, Reeder, dan Tweetbot. 
    Namun sayangnya diluar sana banyak pengguna iPhone yang tidak puas dan mencoba melakukan Jailbreak, yaitu tindakan hack pengguna iPhone dengan menghilangkan batasan yang telah dibuat oleh Apple sehingga pengguna bisa merasa bebas mengganti dan memodifikasi tampilan, menginstall aplikasi dari ketiga. Perlu diingat bahwa melakukan jailbreak ini sangat berbahaya, seperti istilah Rooting dalam Android, secara tidak langsung akan menimbulkan tidak seimbangan sistem karena terjadinya perubahan secara eksternal sehingga menyebabkan iPhone kamu mengalami freeze dan hang. Lebih baik kamu perlu memeriksa tindakan ini segeralah menghapus aplikasi dari pihak ketiga dan batalkan jailbreaknya. 
  • Sistem iOS Error 
    Adanya masalah error pada sistem operasi ini tentu saja tidak menjadi hal asing bagi pengguna teknologi, karena ada kemungkinan bertabrakannya suatu proses informasi pada saat sistem dijalankan. Tidak terkecuali pada iOS, terlebih iOS sering melakukan update sistem yang jika sudah dirilis maka semua pengguna dapat memperbaruinya dari pengguna yang sudah lama sampai yang baru. Dalam proses pembaruan ini, mungkin ada beberapa kendala yang menyebabkan update tidak sempurna sehingga membuat sistem menjadi error, maka sebab itu saat melakukan pembaruan disarankan menjamin koneksi internet yang stabil. Tetapi jangan panik, kesalahan update ini bisa kamu perbaiki sendiri dengan melakukan Reset perangkat iPhone milikmu dengan pertimbangan yang sama, kamu harus memastikan koneksi internetnya stabil. Namun jika kamu sudah melakukan reset namun masih mengalami hang/freeze serta dirasa iOS masih Error, ada opsi terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu melakukan Restore perangkat iPhone milikmu dengan bantuan iTunes.  
  • Hardware Bermasalah 
    Dua hal diatas merupakan identifikasi masalah yang terjadi pada sistem iPhone, dimana kamu bisa mempertimbangkan melakukan upaya menghapus aplikasi dan membatalkan jailbreak kemudian kamu bisa restore iPhone. Jika masih mengalami hang/freeze selain masalah pada sistem/software, maka kesimpulan akhir berada pada hardware yang mengalami kerusakan. Tentunya hal ini tidak bisa sembarangan kamu cari solusinya, mungkin kamu membutuhkan tenaga ahli teknisi untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh. 

Semoga dengan membaca tulisan ini, kamu jadi tahu penyebab iPhone milikmu hang dan jadi mengerti tindakan yang harus kamu lakukan sebelum menjadi panik dan memperkeruh masalah pada sistemnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *