Menghapus Kontak di iPhone sekaligus Menggunakan iCloud

By | January 25, 2023

Pada perangkat gadget terutama smartphone sudah menjadi hal yang tidak asing jika menghasilkan banyak cache sebagai file sampah atau berbagai file yang bersifat sementara yang dapat memakan sebagian memori, sehingga smartphone tidak bisa bergerak dengan bebas karena keterbatasan tersebut. Nah, selain karena cache, suatu smartphone bisa kehilangan banyak penyimpanan karena hal lain seperti banyaknya sampah dari chatting yang tidak dihapus, video dan foto dan juga beberapa sampah file terkirim dan file sistem dari setiap aplikasi. Bukan hanya Android namun masalah ini juga kerap kali terjadi pada pengguna iPhone, sehingga membuat pengguna merasa frustasi mengatasi hal ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk “bersih-bersih” iPhone adalah dengan menghapus kontak nomor yang sudah tidak aktif lagi. Sudah menjadi hal umum bahwa biasanya orang sering berganti-ganti nomor tanpa pemberitahuan sebelumnya sehingga kamu hanya menyimpan nomor yang kosong. Sayangnya lagi, berbeda dengan Android yang dapat menghapus kontak-kontak secara sekaligus, iPhone harus menghapus kontak tersebut satu per- satu. Tapi jangan terlalu patah semangat, karena belum berarti bahwa iPhone benar-benar tidak bisa melakukan penghapusan kontak secara banyak dan sekaligus. Dengan bantuan iCloud tentu saja dengan cara ini layak dicoba oleh penggunanya.

Sebelum memasuki cara iCloud untuk menghapus banyak kontak dan sekaligus, baiknya kita berkenalan dulu dengan iCloud. Jika kamu sebelumnya merupakan pengguna Android yang sekarang jadi asing apa itu iCloud, secara gampangnya iCloud pada iPhone berperan sama seperti Google Account pada Android. Sehingga iCloud ini sebagai pencadangan atau sinkronasi data yang dapat dihubungkan langsung pada semua produk Apple lainnya seperti iPad dan Mac. Saat pengguna kehilangan iPhone miliknya maka tidak perlu menghawatirkan data yang disimpan karena bisa di akses dan dipindahkan pada perangkat lain. Hal yang dapat dicadangkan oleh iCloud ini diantaranya ialah :

Kontak, Kalender, Catatan, Aplikasi iWork (Pages, Keynote dan Numbers), Foto, Musik (Jika mengaktifkan Apple Music Library), iCloud Drive, Riwayat Pembelian (Pada App Store, iTunes,dll), Data Aplikasi, hingga pada pengaturan perangkat ke perangkat lainnya.

Semua hal ini dapat dilakukan oleh iCloud, bahkan Google Account mungkin tidak cukup mampu melakukan pencadangan yang sedetail ini. Jadi iCloud sangat membantu pengguna iPhone.

Kembali lagi pada topik. Bagaimana cara menghapus kontak yang sudah tidak aktif secara banyak dan sekaligus dengan bantuan iCloud. Pertama, kamu perlu menggunakan komputer/pc karena harus mengakses web, boleh menggunakan Mac ataupun Windows tetap bisa terakses.

  1. Bukalah browser pada komputer/pc
  2. Masuk dan akses pada halaman web https://www.icloud.com/
  3. Kemudian silahkan login menggunakan Apple ID milikmu
  4. Lalu kemudian kamu bisa klik menu “Contacts” yang ada di halaman utama
  5. Gunakan tombol “Command” pada MacOs atau tombol CTRL pada Windows, tekan dan tahan kemudian kamu bisa memilih kontak-kontak yang akan dihapus. Jika sudah selesai kamu bisa melepakan dua tombol tersebut
  6. Klik ikon bergambar “Gerigi” yang terletak di pojok kiri bawah, hingga muncul beberapa opsi disana
  7. Pilihlah pada opsi “Delete” dan berilah persetujuan pada pesan konfirmasi.

Cara ini terhitung tidak mudah tetapi tidak sulit juga, ini bisa dilakukan dengan perhitungan jika pengguna terlalu malas memilih dan menghapus kontak satu per satu. Dan perlu diingat bahwa penyimpanan tidak hanya bisa termakan hanya karena kontak namun seperti yang sudah disebutkan diatas, ada hal lain yang juga perlu kamu bersihkan agar aplikasi dapat bergerak dengan bebas. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu mengatasi masalah yang dialami sebagai pengguna iPhone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *