Simak Cara Reparasi Solder Uap Tidak Panas

By | March 17, 2023

Sebagai seorang teknisi penting untuk memiliki alat servis yang menunjang pekerjaan, jadi pelanggan akan datang karena kita terpercaya dan tepat waktu. Apalagi ahli servis untuk bidang elektronik ini bisa dibilang susah-susah gampang mengingat komponen elektronika sangar rumit dan memiliki koneksi masing-masing sehingga diperlukan kehati-hatian yang lebih untuk ahli servis menemukan titik masalah dan memperbaikinya tanpa membuat komponen lain rusak. Tapi yang namanya suatu profesi pasti membutuhkan orang lain menyelesaikan masalahnya sama dengan seorang tuser dimana membutuhkan tuser lain, sebut saja seorang dokter jika sakit juga memerlukan dokter lain sama halnya dengan tuser. Objek yang perlu direparasi bukan dari pelanggan namun lebih ke tools yang digunakan, karena tidak ada kesempurnaan dalam suatu alat elektronik berlaku juga pada alat servisnya. Ada satu alat servis yang disebut merupakan alat servis utama untuk tuser, coba tebak! Ya, solder uap merupakan peralatan perang bagi seorang tuser karena fungsinya untuk melepas dan memasang komponen dari board elektronnya, sehingga yang paling bisa ditandai jika seseorang yang kamu kenal merupakan seorang ahli servis ialah dengan kepunyaan solder uap miliknya.

Kembali lagi pada topik, bagaimana seorang ahli servis membutuhkan ahli servis lainnya, ya tentu saja karena alat servisnya yang rusak. Jika menimbang dari segi efisiensi tentu saja bisa menggantikan solder uap yang rusak dengan membeli baru, namun itu bukan solusi yang bagus walau beberapa orang melakukannya. Karena ada alternatif lain yang bisa diambil yaitu menggaransikan solder uap tersebut pada tokonya atau ahli servis solder uap sendiri, jadi tidak perlu merogoh kocek lebih dalam hanya karena membeli solder uap yang baru.

Kerusakan pada solder uap dapat disebabkan oleh banyak faktor, bisa saja karena penggunaan atau konsleting dalam kelistrikan sehingga solder uap bisa mati total, tidak mau keluar panas, tidak keluar anginnya, berbunyi kasar, bahkan badan solder uap nyetrum. Semua itu berimbas pada pekerjaan yang menjadi tertunda karena tools rusak, sebelum membawa solder uap ke ahli servis ada baiknya kamu mencoba untuk memperbaiki secara mandiri di rumah, hitung-hitung menambah ilmu perbaikan jadi bisa upgrade ke tools elekroniknya. Karena disini kami akan memberikan kiat-kiat memperbaiki solder uap sesuai dengan titik kerusakannya, simak baik-baik dibawah ini.

  1. Solder Uap Mati Total
    Keadaan ini pasti sangat membingungkan apalagi pada saat banyak yang harus diperbaiki sedangkan pelanggan terus-terusan meminta agar segera selesai akan memusingkan saat solder uap mati total. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini bisa terjadi, yang pertama karena tombol on/off rusak karena sering digunakan merupakan hal yang wajar. Jadi kamu perlu membenarkan soket kabel yang terlepas dari konektor tombol on/off nya. Untuk pembelian soket bisa kamu temukan di toko kelistrikan terdekat. Kemungkinan kedua ialah adanya terputusnya sekring yang mengubungkan langsung arus listrik pada solder uap sehingga tidak bisa menerima arus sama sekali.
  2. Solder Uap Tidak Mengeluarkan Panas
    Fungsi utama solder uap tentu saja panas yang dikeluarkannya berkombinasi dengan angin untuk melepas IC, sehingga jika suatu solder uap tidak mengeluarkan panas sama saja dengan kehilangan hakikatnya. Pada tingkat kerusakan ini yang menjadi masalah utama dari elemen dalam head solder-nya, jadi kamu perlu membuka ganggang solder uap dan memeriksa keadaan elemen di dalamnya, apakah terputus dari koneksi atau perlu adanya penggantian elemen. Untuk elemen pada solder uap sendiri harganya kurang lebih Rp. 40.000 yang bisa kamu temukan di toko offline maupun online.
  3. Solder Uap Tidak Mengeluarkan Angin
    Sama seperti sebelumnya besaran angin pada solder uap sangat diperlukan sehingga jika tidak mengeluarkan angin maka kinerjannya 80% perkurang. Untuk kerusakan ini pertama periksa terlebih dahulu kabel power, pastikan terhubung dengan benar. Jika ya, maka hal lain yang perlu diperhatikan ialah komponen kompresor yang mengalami kerusakan, jika solder uap dalam keadaan menyala namun tidak dirasakannya bergetar pada bagian kompresor. Maka sumber masalahnya sudah ketemu yaitu kompresor.

Sampai disini dulu kita membahas kerusakan yang paling umum pada solder uap, mari kita bahas jenis kerusakan lain pada artikel yang akan datang. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca menyelesaikan masalahnya dengan baik dan tidak gegabah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *