Begini Proses Pembuatan Karya Seni Pirografi

By | March 16, 2023

Karya seni pada media selain kanvas kini menjadi sangat populer, kita sebut saja lukisan pada kayu, kulit, bambu dan masih banyak lagi diminati penikmat seni karena selain tetap mempertahankan estetika seninya biasanya memiliki keunggulan serta ciri khasnya. Mari buat contohnya ialah karya seni dengan media kayu unggul karena ketahanannya, walaupun tidak menggunakan perwarnaan namun jika dipandang masih sangat bagus. Berbeda dengan media kanvas yang berkemungkinan warna mengalami perubahan setelah beberapa tahun. Belum lagi mempertimbangkan jenis kayu yang beragam akan menghasilkan keunikan tersendiri pula. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan limbah kayu kemudian diolah dengan kreatifitas dan keahlian menggambar menggunakan teknik pirogfrafi mengubahnya menjadi cuan, biasanya seni pirografi ini dibuat berdasarkan pesanan pembeli ada yang ingin menggambarkan figurnya atau pun untuk souvenir pernikahan dan acara besar. Oleh karena itu tidak heran sekarang semakin banyak seniman merambah bidang ini, juga mudah dijangkau harganya ketimbang dengan karya seni lain tanpa mengurangi nilai artistiknya.

Para pengrajin ini kini sudah banyak terbantu karena ada alat khusus untuk pena pirografi yang dapat di ganti ujungnya sesuai kebutuhan serta pengaturan suhu sehingga dapat menghasilkan karya yang cantik, dulu bahkan ada yang menggunakan obat nyamuk batang untuk menciptakan hasil bakaran bekas, kemudian adapula yang menggunakan bantuan lup/kaca pembesar yang dibiaskan dari sinar matahari akan mampu membakar media yang digunakan. Walaupun sekarang masih banyak yang menggunakan solder listrik konvensional sebagai penanya namun tidak salah mempertimbangkan membeli solder pirografi demi terjaganya profesionalitas.

Dengan artikel ini kami ingin memberi tahu tahap dan setiap proses dalam pembuat karya seni ini, tidak ada salahnya kamu ingin mencoba mendalami seni ini. Mari masuk pada tahapan persiapan pembuatan karya seni.

  1. Pena Pirografi
    Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa penggunan pena ini semua tergantung dengan pengrajinnya, boleh menggunakan solder listrik kovensional namun tetap dianjurkan menggunakan solder pirografi karena akan mendapatkan banyak keuntungan.
  2. Amplas dan Gurinda
    Kedua alat tidak asing ini tidak lain digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu agar media menjadi lebih rapih dan bagus.
  3. Gergaji
    Untuk yang satu ini opisonal karena kemungkinan besar para pengrajin mudah mendapatkan kayu dengan ukuran sesuai kebutuhan tanpa harus memotong manual kayu mentah untuk dijadikan media.
  4. Media Kayu
    Kayu apa saja yang bisa kamu gunakan dalam seni ini, untuk pemula baiknya menggunakan kayu yang ringan dan tidak keras seperti kayu mahoni atau jika bisa kami sarankan untuk media belajar menggunakan talenan kayu yang banyak dijual di toko gerabah akan lebih mudah di dapatkan.
  5. Mendesain Gambar
    Jika memang kamu jago menggambar tentu boleh langsung kamu praktikkan dengan kreatifitas yang terbatas, namun boleh juga mengambil referensi pada internet kemudian dijiplak dengan bantuan kertas karbon.
  6. Vernis
    Tentunya ini untuk membuat media kayu menjadi lebih glossy dan bersih.

Kemudian sesuai dengan alat dan bahan yang telah disiapkan mari kita mulai langkag pertama pada pembuatan karya seni pirografi ini. Diawali dengan pemilihan media kayu, kemudian dipotong sesuai kebutuhan dan diamplas agar permukaannya halus. Setelah itu dengan bantuan kertas karbon kamu merekam desain gambar yang diinginkan. Tips pada tahap ini, agar lebih mudah baiknya memilih gambar dengan gradasi warna hitam dan putih mengingat kita tidak mewarnai karya seni ini. Kemudian lanjutkan dengan tahap intinya yaitu melukis media dengan pena, pada tahap ini diperlukan kewaspadaan agar bakaran yang dihasilkan sesuai dengan desain gambarnya, mengingat jika ada kesalahan tentu saja tidak bisa dihapus. Oleh karena itu sangat dianjurkan menggunakan solder pirografi karena dapat diatur suhunya agar tidak merusak media itu sendiri dan gunakan teknik arsir untuk pemenuhan bagian hitam pada kayu. Dan tahapan terakhir adalah mengolesan venis sebagai finishing selain bertujuan untuk membuat hasil karya mengkilap, vernis juga membuat kayu anti rayap sehingga bertahan dalam waktu lama.

Nah itu adalah tahap-tahap membuat karya seni pirografi dengan anjuran menggunakan solder pirografi sebagai pena yang dapat kamu beli di toko online atau offline terdekat. Semoga artikel ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *