Simak Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

By | November 29, 2022

Sebagai pengguna android pasti sudah tidak asing lagi dengan Aplikasi Play Store, aplikasi ini menjadi penanda bedanya android dengan sistem operasi lama yang sedang populer saat itu yaitu BlackBerry. Play Store merupakan tempat/penyedia layanan aplikasi terbuka yang berlisensi resmi dari google. Sehingga jika kamu membeli dan menginstall aplikasi dari play store sudah bisa dipastikan aman dari segala ancaman seperti virus, hack dan sejenisnya. Syarat untuk kamu bisa mengunduh disini sangat mudah hanya dengan membuat akun google kamu sudah bisa akses play store. 

Namun yang namanya sistem pasti ada kalanya mengalami suatu masalah, tidak luput dengan android. Ada yang dapat menyebabkan kenapa play store ini tidak bisa di buka, ini terkadang berdampak pada aplikasi yang lain karena bersumber dari play store. Tapi jangan panik, kamu bisa mencoba beberapa tips yang kami berikan berikut ini untuk mengatasi masalah play store yang tidak bisa dibuka. 

  1. Menyelaraskan Waktu 

Karena sistem android didesain sinkronasi satu sama lain, maka masalah waktu dan tanggal juga bisa menjadi penyebab beberapa aplikasi berhenti atau tidak bisa dibuka salah satunya adalah play store itu sendiri. 

Kamu bisa menemukan pengaturan tanggal dan waktu di setting atau juga agar semuanya lebih sinkron bisa kamu bisa menghidupkan setting tanggal dan waktu otomatis sesuai dengan area yang kamu tinggali. 

  1. Restrart HP 

Jika cara pertama sudah dilakukan tetapi belum membuahkan hasil, maka cobalah merestart hp. Cara ini yang paling sering digunakan saat ada masalah pada perangkat android. Dengan merestart hp maka segala informasi yang diproses akan berhenti dan dinilai dapat membuat hp kembali fresh. 

  1. Bersihkan Cache 

Kerap kali disinggung, cache adalah file sisa proses informasi yang telag diakses secara tidak langsung cache disebut sebagai file sampah. Jika tidak rutin di hapus dapat memenuhi memory yang berdampak langsung pada performa HP sehingga menjadi turun. Lebih khususnya kamu bisa bersihkan cache google play store lewat pengaturan aplikasi ya. 

  1. Memastikan Ruang RAM Tidak Penuh 

RAM yang penuh dapat menyebabkan HP berkurang performanya, bahkan ada sistem yang dapat terganggu akibat RAM terlalu penuh. Karena ini sistem maka harus ada ruang dimana aplikasi-aplikasi di dalamnya dapat bergerak sesuai dengan instruksinya. Oleh karena itu penting agar RAM tidak terlalu penuh. 

  1. Mereset Google Accounts 

Disini yang dimaksud adalah dengan menghapus google account yang kamu gunakan untuk play store, mungkin ada beberapa masalah error sehingga tidak bisa membuka play store. Kamu bisa menghapusnya dari pengaturan sinkronasi pada aplikasi google play store, pilih non aktif. Atau pada pengaturan aplikasi “Google” dan scroll paling bawah maka akan muncul “Hapus Akun”. Lalu restart HP dan login kembali menggunakan email yang sama. 

  1. Mematikan VPN 

Mungkin beberapa diantara pembaca lupa jika telah menggunakan koneksi VPN sebelumnya, sehingga pada saat ingin membuka play store tidak tersinkron karena masih tersembunyi.  

  1. Recorvery Mode 

Jika sampai tahap ke enam kamu masih belum bisa membuka play store, kamu perlu memperbaiki sistem lewat recovery mode. Dengan melakukan ini android akan mendeteksi inti masalahnya lalu memperbaikinya secara mandiri dan setelah proses selesai maka HP akan berjalan normal seperti sebelumnya. 

  1. Atur Ulang Pabrik 

Cara terakhir dalam upaya memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa terbuka adalah dengan mengatur ulang pabrik. Perlu diperhatikan melakukan factory reset akan membuat semua data yang ada di HP hilang, oleh karena itu kamu harus melakukan back-up data terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *