Permasalahan pada LCD Touchscreen

By | February 23, 2023

Tidak dapat dipungkiri tentang lajunya perkembangan zaman dimana kini semua orang membutuhkan HP yang kini lebih sering dipanggil smartphone dan sudah bisa dipastikan kini semua HP merupakan LCD touchscreen bukan menggunakan keypad seperti sebelumnya. Sudah banyak jenis LCD yang digunakan vendor-venodr HP dengan ketahanan yang mantap sekali anti gores bahkan tidak mudah retak. Namun yang namanya kerusakan pasti ada saja kemungkinannya dan rata-rata jika spesifikasi HP sudah gahar tetapi masih mengalami kecacatan pada LCD dan layar sentuh sebagian besar karena cara penggunaan yang tidak benar. Oleh karena itu semua kembali lagi kepada pengguna dimana harus menjaga dan senantiasa berhati-hati dalam setiap kebiasaan memiliki HP jika tidak ingin HP menjadi cepat rusak.

Sebelum membahas bagaimana cara memperbaiki LCD HP yang rusak. mari kita bahas tentang jenis kerusakan yang mungkin pada sebuah layar LCD HP layar sentuh. Karena HP kini sangat dibutuhkan untuk menunjang semua aktivitas manusia mulai dari keperluan pekerjaan, akademis, sampai hiburan. Maka pengguna akan merasa sangat kesal jika HP tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, apalagi jika yang rusak itu adalah bagian layar sentuhnya yang merupakan tempat utama bagi kita mengakses HP tersebut. Hal ini bisa berdampak besar berupa terganggunya kegiatan pengguna apalagi jika menyangkut pekerjaan. Kerusakan pada LCD Touchscreen ini dapat disebabkan oleh banyak faktor misalnya saja HP pernah jatuh dengan keras, kemasukan air, sampai tidak sengaja tertekan oleh penggunannya. Jadi kerusakan bisa bermacam seperti layar bergaris, blank tetapi hidup dan lain-lain, seperti :

  • Mengalami Dead Pixel
    Jika kamu melihat adanya titik hitam dalam layar saat HP hidup dan menganggap bahwa itu hanya noda biasa, hati-hati dengan anggapan seperti itu. Karena titik itu adalah warna pixel yang gagal dan mati sehingga tidak dapat menghasilkan warna dan hal ini dapat merambat pada area sekitarnya sehingga titik itu akan menyebar semakin besar dan banyak. Pengguna tidak boleh menyepelekan hal ini karena tentu saja menimbulkan masalah baru pada HP.
  • Mengalami Ghost Touching
    Dimana HP berjalan sendiri tanda disentuh, masalah ghost touching ini sebenarnya karena adanya arus listrik yang berlebihan pada HP, kemungkinan besar dari saat pengisian daya. Oleh karena itu selalu dianjurkan menggunakan charger original untuk menghindari kerusakan semacam ini, penggunaan charger yang bukan original memang tidak terlihat tanda buruknya diawal namun jika digunakan dalam jangka panjang tentu saja akan menimbulkan kondisi HP yang buruk dan kamu mau tidak mau hanya memiliki solusi berupa penggantian LCD Touchscreen.
  • Flickering
    Kondisi dimana layar LCD Touchscreen terdapat garis horizontal maupun vertikal kemudian disebut dengan flickering. Kondisi ini kerap terjadi jika HP sebelumnya jatuh atau tertekan benda berat dan kelebihan banyak listrik seperti yang terjadi di ghost touching. Hal ini cukup menganggu penglihatan pengguna apalagi jika sudah sangat parah pengguna tidak bisa lagi melihat apa yang ditampilan oleh layar, tidak ada solusi lain selain mengganti LCD untuk masalah seperti ini.
  • Tidak Sensitif/Terlalu Sensitif
    Kondisi ini bisa terjadi karena akibat yang sama seperti sebelumnya yaitu jatuh atau tertekan benda berat, namun ada kemungkinan lain jika tanda ini terjadi bisa jadi ada yang rusak pada jalur LCD ke PCB dan membuat touchscreen tidak sensitif atau terlalu sensitif.

Pada empat tanda kerusakan pada LCD diatas dapat disimpulkan bahwa masalahnya kerap kali karena kelalaian dan kesalahan pengguna dan paling banyak karena tertekan berat seperti tidak sengaja diduduki atau terinjak. Untuk tips kasus seperti ini, kami memiliki beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbaikinya secara mandiri sebelum dilakukannya tindakan ke ahli servis/teknisi yang akan kami ulas pada artikel selanjutnya, jadi jangan sampai ketinggalan membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *