Coba Cara Mengatasi Layar LCD Touchscreen Bermasalah Sebelum Diservice

By | February 23, 2023

Sebelumnya kita telah membahas tentang tanda kerusakan LDC Touchscreen dari terkena tekanan berat sebagai penyebabnya. Sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas tentang LCD Touchscreen mulai dari mengatasi masalah sepele sampai akhir solusi bahwa pengguna harus mengganti layar LCD nya. Namun kerusakan bisa terjadi tentu berhubungan langsung dengan penggunannya, karena HP merupakan alat elektronik tentu saja memiliki resiko kerusakan yang cukup besar yang bisa terjadi oleh karena itu semua kembali kepada kebiasaan penggunanya, tidak serta merta menyalahkan produk dan kualitas suatu HP. Karena artikel ini berhubungan dengan yang sebelumnya yang berjudul “Permasalahan pada LCD Touchscreen” baiknya kamu mampir terlebih dahulu barulah kembali pada artikel ini, dalam artikel tersebut dibahas tentang macam kerusakan pada LCD seperti layar bergaris, dead pixel dan sebagainya namun yang dijabarkan lebih luas dikhususkan pada permasalahan LCD karena tertekan benda berat misalnya tidak sengaja terduduki atau jatuh. Nah, dengan ini kami akan membahas tentang solusi bagaimana sih mengatasinya dan tips memiliki kebiasaan baik agar layar LCD tidak rusak dan bisa bertahan lama.

Sebelum pengguna melakukan upaya terakhir berupa menyerahkannya pada ahli reparasi/teknisi, tidak ada salahnya mencoba memberikan tindakan penyelesaian sendiri tentang seputar kerusakan umum LCD, diantaranya adalah :

  • Mengatasi Layar Flickering
    Pada dasarnya HP yang menunjukkan tanda flickering bisa diatasi dengan mendinginkannya, matikan powernya dan jangan digunakan untuk beberapa saat jadi istirahatkan sebenar saja akan sangat membantu. Karena HP yang panas lama ke lamaan akan berefek pada kerusakan yang lain. Untuk layar flickering setelah didinginkan lakukan kalibrasi layar untuk melatih sensor layar sentuhnya, pengguna bisa melakukan kalibrasi pada menu pengaturan atau dengan bantuan aplikasi yang banyak tersedia di playstore.
  • Layar HP Tidak Datar
    Hal ini dapat disebabkan karena baterai HP menggembung oleh satu dan lain hal, sebelum semakin besar penggembungan baterai tersebut sehingga menimbulkan lengkungan pada layar pula maka pengguna harus segera mengganti baterainya maka kerusakan tidak akan menjalar kemana-mana.
  • Layar LCD menunjukan warna hitam
    Selain kesalahan karena jatuh dengan keras bisa juga karena adanya virus yang menyerang dari aplikasi yang terakhir di install karena mungkin pengguna memasang aplikasi bukan dari playstore. Untuk mengatasi ini, pengguna disarankan merestart HP kemudian ketika sudah menyala segera hapus aplikasi yang menjadi masalah.
  • Mengatasi LCD Dead Pixel
    Titik yang tidak segera dibenahi ini bisa menjalar ke area sekitarnya, langkah untuk mengatasi ini adalah memasang aplikasi “Pixel Fixer” guna memancing respon warna spektrum yang gagal, usaha ini cukup membantu dengan catatan jangan menunggu dead pixelnya banyak karena jika sudah menyebar tidak ada pilihan lain selain mengganti layar LCD.
  • LCD Pecah atau Tergores
    Karena sekarang LCD menyatu dengan touchscreen, dengan adanya kerusakan pada layar entah itu pecah atau tergores tentu akan berpengaruh pada kemampuan touchscreen. Dan pada masalah ini sebenarnya jalan satu-satunya ialah dengan mengganti LCD nya, namun perlu diingat kembali touchscreen masih bisa bekerja jika tingkat kerusakan tidak terlalu parah. Kami ada satu life hack untuk pengguna yang mengalami layar tergores ialah dengan menggunakan pasta gigi, cukup kamu oleskan pasta gigi tersebut sehingga mengisi ruang kosong pada goresan dan tunggu beberapa saat kemudian setelah selesai dilap dengan tissue kering dan viola! layar akan berkilau kembali.
  • Layar Bergaris atau Berbayang
    Seringkali masalah kerusakan ini terjadi karena layar LCD tidak sengaja terduduki, akan semakin terlihat jika pengguna sedang melihat video dan foto sehingga tentu saja menganggu. Sama seperti sebelumnya, solusi yang paling benar adalah dengan mengganti LCD, namun ada satu upaya yang patut dicoba dengan memasang aplikasi bernama “Blue-Light Filter”, dimana aplikasi ini akan mengisi pixel pada garis-garis yang rusak.

Diatas sedikit cara hack untuk mengatasi permasalahan pada layar LCD touchscreen, kembali lagi bahwa solusi paling akhir adalah mengganti layar LCD namun tidak ada salahnya mencoba beberapa hal sebelum mengempati keputusan akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *