Penyebab dan Cara Mengatasi Ikon Aplikasi Hilang di Android

By | November 10, 2022

Android adalah sistem operasi yang sifatnya terbuka, dalam artian kamu bisa meng-update apapun sebagai penggunanya, salah satunya adanya toko aplikasi yang disediakan langsung, yang paling umum tentu saja Google Play Store. Kamu mampu mengunduh segala macam aplikasi yang kamu butuhkan, beberapa diantaranya bahkan bisa kamu simpan datanya lalu jika kamu copot pemasangan dan suatu saat nanti ingin memasang aplikasi tersebut kembali datamu akan pada yang terakhir disimpan. Karena google juga menyediakan penyimpanan eksternal seperti penyimpanan awan untuk keperluan backup android kamu. Lebih spesialnya lagi aplikasinya gratis, kamu hanya perlu bermodal kuota internet. Betapa spesialnya ya android ini untuk kita.

Aplikasi android tersedia dalam format .APK. Sudah sebutkan diatas bisa di unduh gratis, namun ada beberapa yang berfitur premium. Aplilkasi android bermacam-macam jenisnya, semua bisa di pasang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, sebut saja game dan aplikasi edit video yang sekarang pencariannya terbanyak. Saat kamu memasang aplikasi di android, maka sistem akan membuat ikon baru sesuai dengan aplikasi yang kamu pasang dan dapat kamu lihat di layar utama atau pada menu di HP kamu, dengan ikon itu kamu bisa menggunakan aplikasinya. Nah ikon ini tiba-tiba hilang, tidak kamu temukan di homescreen atau menu di HP, kenapa bisa begitu? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, diantaranya :

  • Aplikasi Error adalah dugaan paling pertama yang jadi penyebab kenapa ikon tiba-tiba menghilang
  • Bug Sistem pada Android yang menjadi aplikasi tidak bisa jalan sebagaimana mestinya
  • Penggunaan Custom ROM dapat menyebabkan Android kehilangan file atau corrupt, ini yang menjadi sebab kenapa ikon aplikasi bisa menghilang
  • Tidak sengaja memasukan ikon aplikasi pada folder
  • Launcher Android Error, sehingga tidak bisa menampilkan ikon untuk beberapa saat
  • Menyembunyikan Aplikasi

Kamu bisa coba beberapa tips dibawah ini untuk mengatasi Ikon Aplikasi yang tiba-tiba hilang.

  1. Restart HP, cara pertama yang perlu kamu lalukan. Ini merupakan hal paling sederhana, karena mungkin HP Android kamu sedang “lelah” banget jadi beberapa sistem jadi error. Dengan me-restart HP diyakini memberi waktu jeda untuk HP sekaligus membatalkan segala informasi yang sedang diproses oleh Android, sehingga pada saat HP menyala akan kembali “fresh
  2. Periksa Aplikasi dari folder yang ada, incase kamu tidak sengaja menggeser aplikasi itu dalam bentuk folder bersama aplikasi yang lainnya, dimana sebelumnya belum pernah kamu buka sama sekali
  3. Keluarkan dari fitur Hidden Apps, beberapa tipe HP terdapat fitur menyembunyikan aplikasi. Ini juga dalam kasus kalau kemungkinan kamu lupa setelah menggunakan fitur ini.
  4. Mengatur ulang aplikasi, kamu bisa menemukan akses ini pada pengaturan aplikasi di android walaupun ikonnya hilang. Mulai dari clear data dan bersihkan file sampah pada aplikasi yang dimaksud
  5. Membersihkan data pada Launcher/Peluncur yang merupakan bawaan sistem UI yang tidak menutup kemungkinan mengalami error, jadi kamu bisa clear data launcher melalui menu pengaturan sama seperti kamu membersihkan data aplikasi yang hilang diatas.
  6. Melakukan Flash HP adalah cara terakhir dalam mengatasi ikon aplikasi yang hilang. Perlu di ingat bahwa melakukan flasing tidak hanya menghapus semua data yang ada sebelumnya dan juga tidak hanya mengembalikan pengaturan pada awal pabrik. Tetapi juga membantu memperbarui software/firmware pada HP. Hati-hati jika kamu tidak cukup berani melakukan ini, lebih baik jangan ya. Dan kemungkinan kamu akan mendapati ikon kembali muncul sebelum sampai melakukan flash HP kok.

Jadi kamu bisa mencoba tips yang kami berikan saat kamu mengalami masalah ikon aplikasi hilang di HP Android, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *