Ini Yang Perlu Dilakukan Saat HP Tidak Bisa Menerima SMS

By | November 13, 2022

Pasti kamu sangar risau saat HP tidak bisa menerima SMS, memang sekarang ini SMS bukanlah cara prioritas dalam komunikasi. Karena sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan chatting yang tidak terbatas, apalagi tidak menggunakan pulsa hanya memerlukan akses internet. Namun ada beberapa keperluan yang mengharuskan untuk dikirim via SMS, seperti transaksi perbankan, pemberitahuan penting, kode verifikasi dan sebagainya. Jika tidak bisa menerima SMS, akan cukup dibuat kerepotan sehingga kebutuhan dari keperluan tersebut terhambat dan mungkin kita tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikannya. Ini membuat kamu bertanya-tanya, apa yang salah dengan HP ini? Apakah sistemnya atau faktor lain yang membuat SMS tidak dapat masuk?

Terdapat beberapa hal yang menjadi sebab kenapa HP tidak bisa menerima SMS, simak di bawah ini:

  • Kotak masuk SMS penuh membuat kamu tidak bisa menerima pesan baru, karena banyak SMS Spam dari operator ataupun dari nomor-nomor tidak jelas membuat kita malas membukanya. Sebagian orang tidak menghiraukan SMS itu hingga menumpuk ada 100 lebih pesan di kotak masuk, ini yang membuat kemungkinan pesan yang kita tunggu tidak bisa masuk. Kamu harus rutin menghapus pesan masuk di HP ya agar tidak memberatkan penyimpanan dan sistem juga
  • Masalah pada operator terlebih jaringan dari pusat juga berpengaruh membuat sms tidak bisa masuk
  • Aplikasi SMS yang bermasalah, mungkin sistem membuat aplikasinya error kamu harus segera cek di pengaturan HP
  • Lokasi penerimaan SMS yang tidak didukung provider, banyak orang mengalami ini karena beberapa provider SIM terbatas wilayah jangkauannya

Dari berbagai masalah yang sudah di jabarkan diatas, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi SMS yang tidak bisa masuk.

  1. Periksa Operator SIM

Kondisi sinyal yang terbatas walau sepele tapi sangat memungkinkan HP tidak bisa menerima SMS, karena SMS memerlukan sinyal dari operator SIM bukan dengan akses internet seperti aplikasi chatting, mungkin cuaca sedang buruk atau operator sedang memperbaiki jaringan, jika hal ini terjadi yang bisa kamu lakukan hanya menunggu sampai SIM bekerja dengan normal kembali. Lalu juga kemungkinan SIM rusak juga perlu kamu periksa, namun hal ini biasanya ditandai dengan adanya notifikasi bahwa SIM tidak terbaca, atau tidak tepat penempatannya. Dan yang paling penting, cek masa aktif SIM yang kamu gunakan. Biasanya orang menggunakan lebih dari satu SIM, sehingga membuat salah satunya kelupaan untuk diisi pulsa karena lebih sering menggunakan SIM yang lainnya.

  • Perbarui Versi Aplikasi Pesan / Massage

Ini juga hal sepele tapi perlu kamu perhatikan, cara memperbarui aplikasi pesan adalah dengan memperbaui sistem operasi android. Jadi tidak hanya aplikasi pesan yang diperbarui, beberapa aplikasi dan sistem yang sudah usang akan beregenerasi menjadi baru dan membuat HP lebih “ringan”.

  • Menghapus Pesan dari Kontak Masuk

Sebenarnya kontak masuk SMS tidak ada batasan untuk penuh, namun kembali lagi pada fakta soal kapasitas memori HP. Jika terlalu banya file sampah yang disimpan selama sekian lama menggunakan HP maka akan memakan banyak penyimpanan yang tidak berarti. Ini menyebabkan HP tidak bisa berjalan dengan maksimal, sehingga penerimaan pesan juga bisa terganggu. Oleh karena itu menghapus pesan yang sudah dibaca dan menghapus file sampah pada HP android itu sesering mungkin dilakukan.

  • Restart HP

Setelah melakukan beberapa upaya penanganan dalam masalah SMS yang tidak bisa masuk, kamu perli merestart HP sehingga semua dapat berjalan dengan baik

Dari empat cara yang dapat kamu coba saat mengalami masalah tentang Pesan Masuk, kamu pasti menemukan yang mana yang ampuh. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *