Mengatasi HP Sering Restart Sendiri

By | October 27, 2022

Kamu pasti risau karena HP sering mati ataupun restart sendiri. Tenang masalah ini bukan hanya kamu saja yang mengalami, pasalnya karena HP adalah alat elektronik. Ini menjadi riskan, apalagi kita yang orang awam tidak tahu apa-apa soal komponen dalam HP. Ini pasti menganggu kamu dalam beraktivitas terkusus jika bekerja dengan menggunakan HP.

Sebelum itu kita harus tahu apa yang dapat menyebabkan HP sering restart sendiri, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, adapun diantaranya.

1. Hp overheat, akibat pemakaian terlalu lama. Pada umumnya perangkat elektronik sebenarnya sudah otomatis akan restart sendiri jika perangkatnya mengalami overheat. Panas biasanya dari baterai HP lalu bisa merambat ke perangkat lain seperti RAM, Processor, dll.

2. Cache terlalu banyak, file sampah yang menumpuk dapat memenuhi RAM dan memperlambat kinerja HP. Dari situ maka kembali pada poin 1, HP menjadi panas lalu akan restart/mati sendiri. Maka dari itu dianjurkan rutin menghapus cache.

3. Adanya aplikasi yang rusak, jika suatu aplikasi muncul pemberitahuan error dan keluar tiba-tiba. Penyebab dari tempat download aplikasi itu yang ilegal, dapat membawa malware ke perangkat HP dan malah semakin berbahaya. Lebih baik langsung saja hapus aplikasi tersebut.

4. Sistem android error, ini bisa terjadi karena belum di update atau ada kesalahan pada file corrupt karena tidak sengaja menghapus. Secara tidak langsung akan membuat HP retart sendiri.

5. Sistem yang overload, terlalu banyak aplikasi yang dijalankan membuat sistem overload terutama pada GPU, RAM dan CPU. Karena setiap HP memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, maka gunakanlah sewajarnya saja. Agar tidak meyebabkan HP Hang dan restart tiba-tiba atau bahkan mati.

6. Adanya aplikasi Beta yang terinstall, karena aplikasi beta bisa saja ada bug dan aplikasi yang tidak kompatibel.

7. Malware, bisa saja menyerang sistem root yang menyebabkan HP restart sendiri. Jadi kamu perlu berhati-hati.

Dengan dijabarkan kemungkinan faktor yang menyebabkan terjadinya HP merestart sendiri, kamu juga bisa cek cara dibawah ini yang bisa kamu lakukan loh.

1. Bersihkan Cache

Banyak sekali masalah yang bisa terjadi karena cache yang menumpuk, oleh karena itu kamu wajib banget rutin memberiskan cache ya.. Kamu bisa menemukannya di pengaturan HP dan fitur pembersih.

2. Menghapus Aplikasi

Aplikasi yang tidak kompatibel, aplikasi beta, aplikasi game yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP. Kamu bisa hapus agar tidak menyebabkan kerusakan pada HP jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang.

3. Bersihkan Memori Internal

Apabila memori internal penuh, maka kinerja HP menjadi tidak maksimal. Karena beberapa aplikasi tentunya membutuhkan ruang yang lebih untuk proses data. Sisakan 20% memori kosong pada HP kamu, ini aman sehingga tidak membuat HP panas.

4. Factory Reset

Pada poin ini kamu perlu untuk mem-backup file sebelum melakukan factory riset. Cara ini cukup efektif karena HP akan dikembalikan dalam keadaan semula seperti dari pabrik jadi bisa di artikan sistem akan dapat menjadi normal seperti semula.

Jadi inilah infomasi yang dapat kamu simak soal faktor yang menyebabkan Hp sering restart sendiri dan cara mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *