Mengulas Tentang Smartphone, Teknologi Canggih Terkini

By | March 2, 2023

Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang bagaimana perbedaan signifikan dari handphone klasik/ponsel lama dengan sekarang yang bernama smartphone. Bagi generasi yang tumbuh bersama dengan perkembangan teknologi tentu sebenarnya tidak merasa asing dengan perubahan ini. Namun terkadang kita bertanya-tanya bagaimana bisa beradaptasi dengan begitu cepatnya teknologi ini sampai terkadang lupa cara dulu hidup tanpa smartphone ini bagaimana bisa? Ya, karena manusia itu tidak pernah berhenti eksplore maka sampailah kita pada jaman yang bisa dikatakan maju ini, kita memang tidak tahu ada apa pada teknologi pada 5 sampai 10 tahun kedepan karena pada dasarnya manusia itu makhluk yang bisa bertahan hidup dengan cara apapun pasti esok kita semua juga akan mampu mengoperasikan perangkat teknologi yang ada.

Mari kembali bahas tentang smartphone, perangkat ini dijuluki ponsel pintar tentu bukan karena hal sepele. Perubahan yang paling mencolok pada smartphone dan handphone klasik berada pada kemampuan multitaskingnya. Seperti yang kita tahu kita dapat menjalankan beberapa aplikasi atau fitur dalam satu waktu dimana sebelumnya multitasking hanya mampu dilakukan pada perangkat PC/Laptop, kamu bisa melakukan panggilan video sembari membuka aplikasi lain, data di smartphone bisa terhubung pada aplikasi lain bahkan dengan pengguna lain yang memiliki aplikasi yang sama, sebut saja WhatsApp dimaka aplikasi ini bisa melakukan panggilan dengan sesama penggunanya tanpa perlu memerlukan pulsa hanya perlu jaringan internet saja jadi kini jalur informasi jadi lebih mudah daripada dulu. Kemudian perbedaan yang paling mencolok lainnya ialah kemampuan konfigurasi yang hebat dimana smartphone dapat diatur sesuai dengan keinginan penggunannya apalagi yang menggunakan sistem operasi android yang sifatnya terbuka. Bahkan dengan adanya smartphone dapat menguntungkan banyak pihak selain vendor seperti perusahaan it atau programer pembuat aplikasi karena sekarang mereka bisa menjajahkan produknya pada smartphone daripada sebelumnya hanya untuk PC/Laptop. Jadi kurang lebih kini secara fungsi smartphone sudah mampu menyamai perangkat PC dan dinilai lebih efisien karena bisa dibawa kemana-mana dan tidak repot. Masih banyak kemampuan smartphone yang perlu diulas seperti di bawah ini :

  • Smartphone mampu mengelola data berupa informasi pribadi dan dapat menjadi tempat yang aman untuk menyimpannya, juga membantu pengguna dalam keseharian seperti pencatatan atau pengingat yang bisa disetel beragam cara dan kreatifitas penggunannya bahkan dengan bantuan aplikasi kini semakin menarik untuk membuat to-do list sehingga tampilannya tidak membosankan.
  • Dapat terhubung langsung dengan PC dan Laptop.
  • Sinkronasi data atau akun dengan berbagai aplikasi yang dipasang dalam smartphone, seperti akun google pada android.
  • Smartphone dapat menjadi dompet elektronik, dan masih banyak lagi. Kemampuan dalam smartphone akan terus bertambah seiring dengan pengembangnnya.

Pada smartphone ataupun ponsel klasik masih sama-sama menggunakan prosesor, namun semakin kesini smartphone menggantinya dengan sebutan chip. Dimana setiap chip memiliki fungsi masing-masing, misalnya chip kamera untuk menangkap gambar dan video dengan resolusi yang baik, chip dengan fungsional yang beragam seperti keperluan internet dan sebagainya. Dengan adanya chip yang relatif berukuran kecil ini membantu desain body yang slim seperti yang kita jumpai sekarang.

Lalu smartphone juga menggunakan sistem operasi untuk mengendalikan hardware dan software agar saling berkesinambungan satu sama lain. Ada banyak sistem operasi untuk smartphone yang paling banyak digunakan ialah Android dan iOS. Belum lagi kini sudah ada perangkat yang mendukung nirkabel seperti berbagi data bahkan mengisi daya nirkabel. Begitu banyak kemudahan yang kita dapatkan dari smartphone oleh karena itu tidak heran jika sekarang terasa ketergantungan dengan benda teknologi ini. Namun jangan lupa untuk memberikan batasan pada penggunaan agar tidak berakibat pada kesehatan diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *