Simak Tips Memperbaiki Port Charger Longgar

By | March 2, 2023

Karena smartphone sudah menjadi pendamping keseharian setiap manusia tidak peduli umur bahkan lapisan pasar membuat fakta baru bahwa banyak data dan informasi yang tersimpan didalam smartphone, bukan seperti dahulu kala dimana hanphone hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Kita menyimpan file pekerjaan, tugas dan mengatur pengingat menggunakan smartphone bahkan hal remeh seperti hiburan juga kita bisa mendapatkannya dari benda pintar ini lantas secara tidak langsung membuat daya baterainya sering berkurang seiring dengan penggunaan yang berlebihan.

Ada beberapa orang yang dengan tidak bijak dalam penggunaan smartphone ingin selalu daya baterainya penuh sehingga ia akan terus melepas dan pasang pengisian daya agar tidak kehabisan baterai, bahkan banyak diantaranya yang menggunakan smartphone saat sedang diisi daya. Padahal melakukan kebiasaan ini dapat berakibat buruk untuk smartphone itu sendiri, misalnya saja perangkat menjadi cepat panas atau overheating yang berujung dapat membuat smartphone mati dan tentunya dapat berpengaruh pada komponen dalam terutama baterai itu sendiri,terlalu menginstal banyak aplikasi juga berpengaruh pada kinerja smartphone yang semakin berat sehingga juga dapat menyebabkan overheat terutama bermain game grafis tinggi memang efek ini akan terasa jika kamu melakukannya dengan waktu yang lama dan jika sekali rusak maka akan fatal kerusakannya. Makanya sebagai pengguna yang baik kamu juga harus memiliki kebiasaan baik agar semua perangkat elektronik yang dipunya dapat awet dan tidak rusak dalam jangka lama.

Kembali lagi pada topik baterai smartphone, mengingat kita sepenuhnya menggunakan smartphone dalam keseharian tentu saja kita juga sering menggunakan charger. Walaupun tidak berlebihan seperti yang disebutkan sebelumnya, namun tentu saja penggunaan charger kita butuhkan. Sehingga sekian lama dipakai dan digunakan untuk mengisi daya tentu port charger akan mengalami kelonggaran yang sangat terasa jika dibandingkan dengan waktu saat baru beli. Masalah ini sudah sering dialami pengguna smartphone terlebih yang masa penggunaannya lebih dari 2 tahun. Sebenarnya bukan masalah besar jika kualitas pengisian daya tidak berubah, namun tetap saja ini membuat tidak nyaman. Oleh karena itu tujuan artikel ini dibuat agar dapat menyelesaikan masalah seperti ini, tips dan cara untuk mengatasi port charger longgar.

  1. Membersihkan Port Charger
    Lubang port charger yang kotor dapat menyebabkan kelonggaran, mengingat tempat pemakaian smartphone dan tempat penyimpanan tentu saja debu selalu ada kemudian dengan mudah masuk ke dalam lubang terbuka seperti port ini. Kamu bisa membersihkan port charger dengan bantuan cotton bud, jarum atau peniti untuk menjangkau bagian dalamnya. Kamu pasti tidak akan menyangka bahwa didalam lubang tersebut banyak sekali kotoran yang menumpuk. Dan jika diperlukan pula menggunakan pump cleaner yang biasa digunakan untuk membersihkan sela-sela keyboard, mungkin dengan bantuan pump ini dinilai lebih mudah untuk dilakukan daripada beresiko menggunakan jarum.
  2. Mengatur Arah Konektor
    Dibagian dalam port charger terdapat konektor terdapat komponen lurus yang terhubung langsung pada charger. Konektor ini jika tidak dalam posisi tegak maka membuat portnya longgar, kamu bisa memperbaiki ini dengan bantuan pinset tipis dan meluruskannya seperti sedia kala. Ingat dalam melakukan tahap ini kamu harus berhat-hati dan lakukan perlahan jangan sampai patah.
  3. Mengganti IC Charger
    Tahap ini dilakukan saat kedua cara diatas tidak berhasil dan masih menyisakan kelonggaran pada port charger, atau bahkan jika ada kasus saat melakukan pengaturan konektor kamu tidak sengaja mematahkannya. Maka hal yang tersisa hanyalah dengan mengganti IC Charger, jika kamu paham tentang dunia reparasi terutama smartphone kamu secara mandiri bisa mengganti IC Charger baru yang dapat dibeli di toko offline maupun online karena ada proses membuka skrup dalam smartphone yang perlu kehati-hatian. Namun jika tidak bisa tentu kamu bisa menyerahkan smartphone pada service center atau teknisi terdekat dengan keluhan ingin mengganti IC Charger, biaya yang dikeluarkan tidaklah mahal mungkin sekitar 50-100 ribu rupiah.

Tidak lupa kami memberikan beberapa hal yang dapat menyebabkan kelonggaran pada port charger yang biasanya tidak jauh karena kebiasaan buruk penggunannya salah satunya dengan tidak menggunakan charger original, tidak sengaja kemasukan air dan sebagainya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu menyelesaikan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *