Tips Melepas Komponen Di PCB Untuk Pemula

By | March 5, 2023

Melalukan penyolderan merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh setiap teknisi atau orang yang berada di dunia elektronik, karena pada alat elektronik terdapat komponen kelistrikan yang rumit dan terhubung satu sama lain. Tempat dimana komponen ini menempel dan menjadikan pengganti kabel sehingga memiliki tampilan yang lebih efisien tidak kusut satu sama lain dinamakan PCB. Jika sebelumnya kita telah mengulas tentang bagaimana tips dan trik menyolder dengan hasil yang bagus dan kuat. Sekarang yang menjadi PR tersendiri ialah mencairkan timah pada komponen dari PR sendiri untuk teknisi karena banyak komponen kecil yang tidak hanya memiliki 2 atau 3 kaki namun ada juga yang berjumlah banyak bahkan ada pula yang letak kakinya berada dibawah komponen. Setiap jenis dan ukuran IC sebenarnya tidak memiliki teknik khusus namun tetap saja harus disertai dengan kesabaran dan perlu hati-hati dalam melakukannya dengan tujuan agar tidak merusak komponen disekitarnya.

Pada pelelehan timah atau pelepasan komponen tentu saja dibutuhkan beberapa alat bantuan untuk mempermudah pekerjaan misalnya saja lampu dan kaca pembesar membantu penglihatan saat melakukan proses pelelehan timah, kemudian ada juga pinset sebagai media pembantu mencapit komponen tersebut dan alat penyedot timah atau yang banyak dikenal dengan Attractor Tools. Sebenarnya ada beberapa orang yang tidak perlu menggunakan alat yang disebutkan diatas karena alasan sudah ahli dan sudah biasa, mereka menggunakan tang jepit dibarengi dengan melelehkan timahnya, ada juga yang menggunakan obeng minus untuk mencongkel komponennya saat timahnya dilelehkan. Jadi lebih tepatnya mereka menggantikan fungsi pinset pada tindakan ini, boleh saja jika kamu ingin mencoba namun kami katakan bahwa hal ini tidak dianjurkan karena salah-salah malah akan merusak PCB dan jalurnya. Belum lagi pada komponen berkaki banyak yang perlu melelehkan timahnya satu persatu kaki. Oleh karena itu kami memberikan beberapa tips untuk dua cara melakukan pelelehan timah yaitu dengan dan tanpa attractor.

Pada proses pelelehan timah tanpa alat attractor dilihat dari jenis komponennya, seperti yang sudah disebutkan diatas komponen tidak memiliki kaki banyak dan tergolong simpel. Misalnya sudah terlihat kerusakannya katakan saja pada resistor yang hangus maka sudah kelas komponen itulah yang akan diangkat. Kamu hanya perlu menyolder resistor tersebut hingga bisa dipastikan timah sudah meleleh sempurna kemudian dengan bantuan tang jepit untuk mengambil resistor. Kemudian pada komponen yang seperti elco atau dengan kata lain memiliki posisi tegak kamu bisa mengambilnya manual dengan tangan kosong. Namun pada khasus ini biasanya akan meninggalkan sisa timah yang dilelehkan tadi pada PCB tempat komponen tersebut terpasang sehingga menutupi lubang arusnya, bersihkan area tersebut dengan melelehkan timahnya kembali serta langsung diseka menggunakan sikat atau bud hingga bersih.

Sedangkan melelehkan solder dengan bantuan alat penyedot timah sangat dipertimbangkan karena selain efisien memudahkan pekerjaan teknisi, hasilnya bersih dan memuaskan mata. Dan juga alat ini masih terhitung murah sehingga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam selain itu banyak dijual di toko offline maupun online. Pada proses ini juga tidak memerlukan teknik khusus karena hanya praktiknya cukup mudah, pada tangan kanan akan menggunakan solder untuk melelehkan timah dan tangan kiri memegang penyedot timah jadi hanya tersisa kesinambungan gerakan antara tangan kanan dan kiri. Setelah menemukan titik atau komponen yang hendak dilepas pertama panaskan soldernya lalu pada pompa alat penyedot timah sampai level terkunci. Nah sambil melelehkan timah dengan menekan tombol lock perlahan. Lakukan pada setiap kaki timah yang di lelehkan.

Sebagai pemberi informasi, kami lebih menyarankan penggunaan alat penyedot timah listrik sebagai tools yang terhitung penting dimiliki oleh setiap teknisi. Karena sangat membantu efisiensi pekerjaan ataupun waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *