Permasalahan Umum Pada HP

By | March 11, 2023

Sering kali kita mendapati kerusakan HP tidak melulu kepada jangka waktu pemakaian, padahal kebiasaan pengguna juga berpengaruh dengan kesehatan HP itu sendiri. Seperti kecerobohan meletakan HP sembarangan sehingga bisa jatuh sewaktu-waktu, atau terkena air bahkan tercebur ke dalam air adalah salah satu penyebab kerusakan yang fatal. Karena bagaimanapun HP termasuk barang elektronik dimana sangat tidak bisa terkena air sedikit pun. Walaupun sudah ada banyak tipe HP yang mendukung waterproof pasti ada ketahanan tertentu sampai batas mana perangkat tersebut tahan dengan air. Adapun kebiasaan mengisi daya yang berlebihan dalam kata lain terlalu sering padahal daya masih banyak atau bahkan menunggu baterai drop baru di isi daya, lama kelamaan tentu saja akan terjadi kerusakan yang buruk mengingat baterai terhitung salah satu komponen penting dalam HP.

Kerusakan pada HP selalu bisa dirasakan oleh penggunanya, karena akan terasa tidak normal walaupun kerusakannya tidak parah. Misalnya saja HP terasa mulai lemot dan lambat responnya bisa jadi tanda-tanda ada yang tidak beres dengan HP. Untuk mengecek kesehatan suatu HP bisa dilakukan di service center terdekat atau ahli teknisi juga. Dengan adanya artikel ini bertujuan mengulas kerusakan paling umum terjadi.

  1. Kerusakan pada IC Power
    Integrated Circuit/IC Power merupakan komponen yang menghubungkan seluruh jaringan IC lain di dalam HP. Dimana jika ada kerusakan pada IC ini sama saja dengan rusaknya inti suatu HP. Biasanya terjadi karena berhubungan dengan kelistrikan, jadi masalah utamanya bisa dari pengisian daya. Jika kamu menggunakan charger yang bukan ori bisa merusak IC karena besarnya daya yang dibutuhkan HP tidak sama dengan output yang dikeluarkan oleh charger non ori tersebut sehingga semakin lama akan merusak IC. Kasus lain terjadi pada kebiasaan yang sering dilakukan yaitu sering mengisi daya walaupun baterai masih banyak hanya karena ingin terus mendapatkan 100% full daya. Kebiasaan ini sangat buruk untuk terus dilakukan. Adapula kerusakan IC Power yang disebabkan karena adanya konsleting listrik pada catu daya yang digunakan untuk mengisi baterai HP. Dari semua itu dapat disimpulkan bahwa kamu perlu memperhatikan bagaimana dan dimana kamu melakukan pengisian daya baterai pada HP jangan sampai ada hal-hal yang disebutkan diatas menjadi penyebab IC Power mengalami kerusakan.
  2. Kerusakan pada Flexi Cable
    Pada kerusakan jenis ini sekarang jarang ditemui tetapi masih ada kasus yang terjadi. Karena biasanya kerusakan pada flexi cable biasa terjadi pada HP lipat jaman dulu, namun jangan senang terlebih dahulu karena sekarang flexi cable terjadi pada smartphone yang terkena air karena kabel flexi ini merupakan pengubung antara mesin/komponen di PCD pada LCD sebagai output. Nah, jika ini rusak maka dapat menyebabkan LCD bergaris, blank atau bahkan mati langsung.
  3. Kerusakan pada Driver LCD
    Keruskan ada LCD tidak hanya karena faktor nomor dua saja yang sudah disebutkan diatas. Pada kasus ini terjadi karena HP terlalu sering jatuh atau bahkan hanya sekali jatuh namun dalam ketinggian ekstrim atau kecepatan jatuh yang banyak tentu akan berdampak pada LCD. Adapula misalnya pengguna tidak sengaja menduduki HP tentu akan menyebabkan LCD menjadi bergarus atau dead pixel. Jika kerusakan ini terjadi tidak ada pilihan lain untuk pengguna selain harus menggani LCD.

Tiga hal ini yang menjadi fokus utama terjadinya kerusakan yang sudah dikonfirmasi oleh berbagai pihak ahli, oleh karena itu kita sebagai pengguna harus selalu berhati-hati dalam penggunaan HP agar HP bisa memiliki masa hidup yang lebih lama dan jika dipikirkan lagi saat sudah mengalami kerusakan kita tidak hanya rugi waktu namun juga rugi dalam finansial karena ongkos servis HP tidaklah murah seperti yang kita bayangkan. Tetap ikuti blog kami untuk meninjau penyebab kerusakan lain pada perangkat canggih bernama smartphone ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *