HP Kemasukan Air! Jangan Panik, Ini Yang Harus Dilakukan

By | October 26, 2022

Walaupun sudah banyak HP canggih yang sudah waterproof, tidak menutup kemungkinan kan kalau masih banyak yang belum memiliki HP tersebut. Jika ada kesialan HP tidak sengaja kemasukan air karena kita kurang hati-hati, tidak perlu menyalahkan diri sendiri dan stress. Pertama kamu jangan panik dan simak cara berikut ini menangani dengan benar HP yang kemasukan air.

Sebelum itu, maka akan diulas dulu jika Incase kamu tidak tahu HP terkena air, mungkin baru saja dibuat main sama anak, atau dipinjam teman dan itu diluar pengawasan kita? Oleh karena itu ini adalah beberapa kejanggalan tanda HP kamu terkena air.

Pertama pada touchscreen yang bermasalah, sensitivitasnya dapat berkurang saat HP kena air. Terasa responnya lambat dan bahkan tidak berfungsi sama sekali. Komponen lain yang riskan adalah pada LCD, jika layar terlihat tidak normal misalnya ada garis-garis, berkedip-kedip, bahkan blank. Menandakan HP telah kemasukan air. Lalu pada speaker yang terdengar tidak normal, tidak jernih dan suara statis saat menggunakan headphone bisa jadi tanda HP kemasukan air.

Ketika HP kemasukan air, kamu jangan panik. Usahakan dirimu tenang dan berpikir jernih. Perlu diketahui jenis air juga mempengaruhi tingkat kerusakan HP pada saat kemasukan air. Misalnya jika air tawar atau air biasa tidak memiliki efek yang begitu buruk, berbeda dengan air kolam dan air laut dimana tercampur zat lain yang dapat merusak komponen dalam HP yang sangat rawan.

1. Secepat Mungkin Selamatkan HP

Hal ini agar tidak banyak air yang masuk jika HP langsung kamu ambil dari air.

2. Keringkan

Keringkan dengan lap kering, perlahan-lahan. Ini mencegah banyak air yang akan masuk ke komponen dalam HP lewat sela-sela kecilnya. Usahakan sampai kering yaa..

3. Matikan HP

Jika saat HP kemasukan air dan masih menyala usahakan langsung matikan HP, agar  HP tidak sedang memproses informasi yang akhirnya dapat menyebabkan konsleting. Bebeda lagi jika saat HP kemasukan air dan langsung mati, jangan memencet tombol apapun demi menghindari masuknya air lebih dalam ke komponen HP.

4. Keluarkan SIMCard, Memory Card

Komponen kecil seperti simcars, dan memory card sangat penting untuk kita, karena berfungsi menyimpan hal penting dalam HP. Oleh karena itu kita perlu menyelamatkannya dulu dan memastikan apakah ada air yang masuk dalam slot dan apakah terkena dengan kuningannya. Jika ada yang masih menggunakan baterai, maka lepas sekalian baterainya.

5. Mengeluarkan Air

Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner yang ukuran kecil, ukuran yang memastikan bisa digunakan untuk HP. Sedotan dari vacuum cleaner dapat menarik air keluar dari bagian dalam HP. Lalu perlu diingat kamu boleh menggoyangkan hp kamu sebagai usaha mengeluarkan air dalam HP, tapi jangan terlalu berlebihan demi menghindari kerusakan lebih parah karena terkena komponen HP lainnya. Dan satu hal lagi, jangan mengeringkan dengan hair dryer, karena panas dari hari dryer dapat  melepas komponen HP.

6. Mengeringkan HP

Cara yang dapat kamu coba untuk mengeringkan adalah masukan kanting dan rendam dalam beras dan biarkan 2-4 hari, karena beras secara alamiah memiliki panas yang dapat membantu mengurangi kelembaban dalam HP. Lalu ada silica gel yang memiliki fungsi sama dengan beras, kamu cukup memasukan HP dalam kantong beserta beberapa bungkus kecil silica gel dan biarkan selama 2-4 hari. Diatas adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan sebagai pertolongan pertama saat HP kamu kemasukan air. Dan jangan pernah mencoba untuk dijemur langsung di matahari yang akan memperparah kerusakan HP, lalu jangan coba mengisi daya HP langsung setelah kejadian kemasukan air, ini menyebabkan konsleting. Selain berefek buruk pada HP bisa berbahaya bagi sekitarnya termasuk pada manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *