Ketahui Lebih Dahulu Bagian-Bagian Komponen Rangkaian Solder Uap

By | September 22, 2020

Jika anda sebagai teknisi pemula, anda perlu mengetahui bagian-bagian dari rangkaian solder uap dahulu. Dari bagian-bagian ini, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Nah, bagian dari rangkaian ini ada berbagai macamĀ  yang bisa anda simak, di antaranya:

  • Rangkaian Solder Biasa

Jenis rangkaian seperti ini sering ditemukan mayoritas orang. Hal ini karena dalam membuat rangkaian ini tidak membutuhkan biaya yang mahal. Rangkaian solder jenis ini memang tidak rumit karena hanya membutuhkan rangkaian yang tidak terlalu rumit. Solder yang biasa menggunakan rangkaian ini adalah solder pemanas dengan tipe coil.

  • Rangkaian Solder Kontrol Suhu

Rangkaian ini jika difungsikan dengan durasi seberapa lama pun, fungsi solder tetap stabil. Jadi, suhu tetap terjaga dan tidak merusak bagian dari solder tersebut. Masalah tegangan pada rangkaian, anda juga tidak perlu khawatir. Besarannya tegangan yang naik dan turun tidak berpengaruh pada besarnya suhu solder.

Ciri-ciri fisik dari solder ini diantaranya adalah suhu yang bisa diatur mulai dai 200 hingga 480 derajat celcius. Selain itu, elemen pemanas yang digunakan adalah pemanas keramik. Kestabilan suhunya pun berkisar 1 derajat celcius.  Besarnya resistansi adalah di bawah 2 Ohm. Sedangkan besar tegangan pada ground kurang dari 2 mV.

  • Rangkaian Solder Uap/Hot Blower

Solder ini biasanya disebut dengan solder angin atau hot blower. Rangkaiannya juga berbeda. Proses penggunaan dalam rangkaian ini juga memakai tenaga udara. Ada dua pengaturan dalam rangkaian ini. Yang peratma adalah heating kekuatan panas dan kekuatan hembusan atau tekanan. Dua kekuatan ini bekerja satu sama lain pada solder ini.

Contoh Solder Uap Yang Dapat Anda Beli

Anda bisa melihat rangkaian solder uap dengan membeli contoh-contoh solder uap melalui https://cody.id/. Anda bisa memilih banyak jenis solder uap di website tersebut. Fasilitas solder uap yang disediakan juga bermacam-macam. Jenis alat sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.

Nah itu tadi beberapa jenis rangkaian solder yang kita ketahui. Semoga informasi ini berguna bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *